fbpx

Sejak Instagram meluncurkan fitur Instagram Business Profile pada tahun 2016, banyak para pemilik bisnis besar maupun kecil bertanya-tanya, “Haruskah kami beralih ke Instagram Bisnis atau tetap dengan akun personal?”

Untuk beberapa orang dan kelompok organisasi, mengubah akun Instagram mereka menjadi Instagram Bisnis merupakan keputusan yang mudah. Sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di Indonesia, tidak heran bila, akun Instagram Bisnis sudah digunakan oleh lebih dari 25 juta orang di Indonesia. Namun, beberapa online business masih dilanda dilema akan hal itu. Apakah penggunaan Instagram Bisnis akan efektif dan berperngaruh terhadap profil mereka?

Hal tersebut sangat wajar terjadi karena dengan adanya berita bahwa algoritma Facebook lebih memprioritaskan unggahan dari teman terdekat daripada unggahan yang bersifat promosi atau jual beli. Lantaran Facebook merupakan perusahaan induk dari Instagram, banyak pemilik bisnis bertanya-tanya apakah Instagram juga akan melakukan hal yang sama?

Faktanya, sudah banyak pemilik bisnis yang membuktikan bahwa dengan beralih ke Instagram Bisnis, ada banyak keuntungan serta kelebihan yang didapatkan dibandingkan tetap menggunakan akun personal. Salah satunya adalah dengan mengakses fitur analitik yang tidak bisa didapatkan bila Anda masih menggunakan akun personal. Maka dari itu, Instagram mendorong pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM), brand, organisasi, dan orang-orang yang memiliki kepentingan bisnis lainnya untuk beralih ke Instagram Bisnis.

Bila Anda masih bimbang dalam menentukan apakah harus beralih ke Instagram bisnis atau tidak, Katarsa.id akan membantu Anda untuk mengetahui apa saja manfaat-manfaat yang didapatkan bila menggunakan akun Instagram bisnis.

1. Akses Instagram insight

Hal ini yang menjadi alasan terbesar mengapa banyak pemilik usaha, brand, organisasi, dan yang lainnya beralih ke Instagram Bisnis. Dengan adanya fitur Instagram insight, Anda dapat mengetahui seberapa bagus kinerja konten yang Anda unggah. Anda dapat melihat seberapa banyak orang yang melihat konten Anda, mengunjungi profil Anda, hingga waktu yang baik untuk mengunggah konten, dan masih banyak lagi.

Sedangkan bila Anda masih menggunakan akun personal, Anda hanya bisa melihat kinerja konten tersebut dari seberapa banyak orang yang menyukai unggahan Anda dan seberapa banyak orang yang berkomentar pada konten tersebut.

Inilah contoh analitik instagram jika Anda menggunakan akun Instagram Bisnis

Beralih ke Instagram Bisnis

Beralih ke Instagram Bisnis Beralih ke Instagram Bisnis Beralih ke Instagram Bisnis

2. Menggunakan layanan iklan Instagram 

Promosi dalam bentuk iklan memerlukan pesan yang dapat menarik perhatian audiens. Instagram memiliki fitur yang dapat mendukung aktivitas beriklan Anda, salah satunya adalah layanan iklan Instagram atau Instagram Ads yang dapat Anda gunakan bila beralih ke Instagram Bisnis.

Anda dapat memilih tujuan dalam memasarkan produk atau layanan Anda. Tujuan atau objective pada fitur iklan instagram terdiri dari 3 kelompok yaitu brand awareness, consideration, dan conversion.

Foto: Sproutsocial

Biaya yang Anda bayarkan untuk iklan Instagram tergantung dengan berapa banyak hari yang Anda pilih dalam seminggu, seberapa banyak jangkauannya, siapa saja target audiens sesuai dengan minat yang produk / layanan Anda tawarkan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangatlah penting mempelajari siapa yang akan menjadi target audiens Anda, atau disebut juga dengan demografi.

3. Merperkuat profil Instagram

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh bisnis Anda saat Anda lebih aktif mengembangkannya ke dunia digital & content marketing. Profil Instagram yang kuat juga dapat menjadi langkah selanjutnya setelah beralih ke Instagram Bisnis.

Misalnya melalui tombol kontak, para pengunjung profil Anda akan lebih mudah untuk menghubungi Anda karena terdapat tombol kontak yang bila ditekan akan langsung terhubung dengan nomor kontak Anda. Hal tersebut memudahkan para pengunjung profil Anda untuk menghubungi Anda tanpa harus mencari-cari kontak Anda.

Beralih ke Instagram Bisnis

Foto: Instagram/dapurgladies

Selain itu, menurut Sproutsocial, konsumen saat ini lebih banyak memilih media sosial dalam hal pelayanan pelanggan. Bila pelanggan memiliki masalah dengan perusahaan atau layanan Anda, maka tempat pertama yang dituju oleh mereka untuk mengajukan komplain adalah media sosial. Untuk itulah kontak yang tercantum dengan jelas pada profil akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda.

4. Dapat mencoba fitur terbaru Instagram lebih awal 

Salah satu kelebihan ketika beralih ke Instagram Bisnis yang tidak disadari oleh banyak orang adalah kesempatan untuk mencoba fitur terbaru Instagram lebih awal daripada akun Instagram personal. Instagram terus menerus menguji fitur terbaru dan sebelum meluncurkannya kepada massa, Instagram biasanya akan mengujinya dengan sekelompok kecil pengguna terlebih dahulu.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk beralih ke Instagram Bisnis? Jangan lupa untuk tetap memperbaharui strategi-strategi Instagram marketing untuk akun Instagram Bisnis Anda agar semakin potensial dalam menjaring konsumen.

Artikel ini adalah bagian dari serial #EnakJualanOnline untuk kalangan UMKM.