fbpx

Apakah Anda penasaran seberapa pentingnya content marketing dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan kekuatannya untuk membangun identitas brand Anda? Katarsa.id akan membahasnya di postingan ini!

Kepercayaan menjadi peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam beberapa kasus, perusahaan atau brand yang memiliki identitas yang jelas dan sudah dikenal banyak orang akan lebih dipercaya oleh konsumen. Jadi, bagaimanakah caranya membangun identitas brand Anda agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen serta menaikkan penjualan? Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menyusun strategi content marketing atau konten pemasaran.

Apa sih content marketing itu?

Content marketing merupakan sebuah pendekatan pemasaran strategis yang mencakup pembuatan juga pembagian konten-konten dengan tujuan untuk mengubah calon konsumen menjadi konsumen, hingga konsumen menjadi konsumen loyal. Maka dari itu, content marketing dapat diterapkan di semua tahap proses marketing, mulai dari tahap brand awareness, pertimbangan pembelian hingga tahap retensi pelanggan.

Dengan content marketing Anda bisa membuat ciri khas serta membangun identitas  brand Anda. Brand Anda pun akan lebih mudah dikenal oleh para konsumen dan calon konsumen. Dari hal tersebut pula, kepercayaan akan muncul. Nah, di bawah ini adalah tips bagi Anda untuk membangun identitas brand dengan content marketing!

1. Membangun kepercayaan dengan konsumen

Di era yang sangat kompetitif ini, membangun kepercayaan konsumen sangatlah penting. Dengan memenangkan kepercayaan konsumen, bisnis Anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ketika sudah banyak konsumen yang percaya pada kualitas brand Anda, reputasi yang positif pun akan terbangun, dan dari sinilah content marketing dapat bergerak lebih agresif.

Anda dapat membagikan konten-konten yang bermanfaat dan sesuai dengan tujuan brand Anda. Tentunya, Anda perlu konsisten dalam hal ini sehingga Anda dapat menarik perhatian dan mendapat kepercayaan dari para konsumen. Ketika, konten-konten yang Anda bagikan memiliki makna yang sama dengan apa yang dirasakan oleh konsumen, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Konsumen pun akan merasa lebih dekat dengan Anda.

Ketika para konsumen sudah mulai mempercayai brand Anda, mereka akan terus menerus membeli dan menggunakan produk / layanan Anda. Dengan adanya hal tersebut, penjualan produk Anda akan meningkat dan Anda dapat memperluas bisnis atau bahkan membangun bisnis yang baru.

Seperti hal yang dilakukan oleh Pizza Place . Di tengah banyaknya kedai Pizza yang bermunculan, Pizza Place dapat menarik perhatian para konsumen dengan membuat suatu ciri khas yaitu kedai pizza bergaya Amerika. Kedai pizza seperti itu sangat jarang bahkan sepertinya hanya satu-satunya yang ada di Jakarta. Konten-konten yang dibagikan oleh Pizza Place dalam laman Instagram dan website mereka pun sesuai dengan identitas produk dan brand mereka, sehingga para konsumen benar-benar mengenal citra dan persona dari Pizza Place.

Foto: pizzaplace.id

2. Memanfaatkan mesin pencari untuk meningkatkan eksistensi

Ketika Anda membutuhkan suatu informasi pasti anda akan berlari ke mesin pencarian. Anda perlu mengembangkan eksistensi Anda di dunia digital agar nama brand atau produk Anda selalu muncul ketika orang-orang mencari sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda.

Anda perlu selalu memperbarui content marketing Anda dengan optimal karena, Google akan menyeleksi konten-konten yang sudah lama dan tidak memiliki relevansi dengan kondisi saat ini. Semakin sering Anda menggunggah konten dengan kata kunci yang relevan, semakin sering pula Anda muncul pada hasil mesin pencarian.

3. Tunjukkan Kelebihan Anda

Saat memilih produk atau brand tentunya Anda akan memilih yang terbaik. Lakukanlah hal tersebut pada produk dan brand Anda, jadikan produk Anda sebagai pemimpin di sektor Anda, dan ini bisa dilakukan melalui content marketing.

Namun bagaimana caranya agar Anda terlihat lebih bernilai daripada kompetitor Anda? Anda perlu menunjukkan kelebihan Anda melalui content marketing yang baik dan relevan dengan bisnis Anda. Berikanlah informasi yang bermanfaat kepada konsumen Anda melalui artikel, infografis, gambar, atau konten lainnya. Sehingga, produk dan brand Anda dikenal sebagai yang ahli di bidangnya.

Hal ini dapat berpengaruh pada proses keputusan pembelian konsumen. Karena, konsumen yang telah mendapat banyak informasi mengenai produk menjadi lebih percaya, dan bahkan dapat merekomendasikan produk tersebut kepada orang di sekitarnya.

4. Membangun customer loyalty

Mencari dan menarik perhatian konsumen baru akan selalu dilakukan oleh banyak pemasar produk, mungkin Anda pun salah satunya. Tapi sebetulnya ada yang lebih menguntungkan yaitu dengan menjaga loyalitas konsumen lama Anda dengan cara terus merekatkan hubungan antar produk dan konsumen. Bagaimana caranya? Content marketing bisa menjadi solusinya!

Buatlah suatu konten yang dapat menarik kembali para konsumen. Selalu selipkan hal-hal baru yang relevan dengan peristiwa yang sedang terjadi. Anda juga bisa membuat tutorial atau apapun yang informatif dan bermanfaat untuk konsumen Anda. Semakin bermanfaat hal yang Anda berikan, semakin besar pula kemungkinan para konsumen untuk kembali.

Hal ini dilakukan oleh salah satu kedai kopi di Jakarta yaitu Cyclo Coffee. Cyclo Coffee selalu memanjakan konsumen lama mereka dengan menyajikan konten-konten yang sedang terjadi di antara para konsumen mereka. Karena Cyclo Coffee merupakan kedai kopi yang mengusung tema sepeda, maka kebanyakan konsumen Cyclo Coffee adalah mereka yang hobi bersepeda atau komunitas-komunitas pesepeda. Sehingga, konten yang disajikan oleh Cyclo Coffee selalu berhubungan erat dengan dunia sepeda.

Berikut ini adalah salah satu unggahan Cyclo Coffee pada laman Instagram Bisnis nya yang memajang aktivitas konsumen setia mereka saat membuat kegiatan di kedai kopi tersebut.

Foto: instagram.com/cyclocoffeejkt

Jangan lupakan hal-hal di bawah ini untuk membangun identitas merk Anda

Know your brand is a must thing to do! Anda harus mendalami brand dan produk Anda sendiri. Anda harus lebih paham dengan brand Anda sendiri sehingga Anda dapat merepresentasikannya dengan baik dan membangun identitas brand yang jelas. Anda harus mengetahui apa visi misi, tujuan, nilai, serta keseluruhan cerita dari brand Anda.

Identify your audience! Selain itu, Anda pun harus tahu siapakah target audiens Anda? Anda perlu menyamakan konten Anda sesuai dengan usia, profesi, gender, lokasi, hingga psikografis target audiens Anda. Anda pun perlu mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh target audiens Anda, agar pesan yang Anda sampaikan melalui content marketing dapat diterima dengan baik.

Study your competitors! Anda perlu mempelajari kompetitor Anda. Pelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan konsumennya. Anda perlu menempatkan diri Anda sebagai konsumen para kompetitor Anda sehingga, Anda mengetahui apakah cara yang kompetitor Anda lakukan efektif?

Identitas brand Anda adalah bagian terpenting dalam bisnis yang Anda jalankan. Meskipun banyak sekali komponen penting dibalik menjalankan bisnis, identitas brand menjadi hal yang dapat menarik konsumen. Dari membangun identitas brand dengan content marketing, Anda tidak hanya akan mendapatkan sebuah eksistensi, namun Anda juga akan terhubung lebih dekat dengan konsumen, dan tentunya akan meningkatkan penjualan Anda.

Artikel ini bagian dari serial #KatarsaBLINK (Katarsa Brand Link) untuk serial Katarsa for Brand.