fbpx

Banyak sekali cara untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial. Dalam hal ini, Anda tentu berkompetisi dengan para pesaing Anda. Pernahkah Anda memiliki ide kompetisi media sosial sebagai bahan Anda memasarkan produk Anda?

Kompetisi selalu terjadi di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Banyak sekali orang gemar berkompetisi untuk mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma. Peluang inilah yang perlu Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Di era digital ini, media sosial memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat suatu kompetisi. Anda perlu memadukan kreatifitas Anda dengan fitur-fitur di media sosial untuk menghasilkan sesuatu yang menarik perhatian audiens.

Dengan mengadakan kompetisi, Anda akan mendapatkan cukup banyak keuntungan. Produk Anda akan semakin dikenal, engagement di akun media sosial Anda tinggi, bahkan penjualan Anda dapat meningkat. Hal ini dikarenakan membuat kompetisi bukan hanya sekadar seru-seruan tetapi juga memasarkan produk Anda secara halus (soft selling). Kali ini, katarsa.id akan memberikan referensi-referensi ide seru untuk membuat kompetisi di media sosial.

1. Mendapatkan hadiah hanya dengan menyukai dan mengkomentari foto

Like dan comment merupakan fitur yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hampir seluruh media sosial memiliki fitur tersebut. Tentunya, hal itu menjadi sebuah kelebihan yang artinya Anda dapat mengadakan kompetisi di berbagai media sosial. Cara nya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat postingan yang berisi peraturan dan persyaratan untuk mengikuti kompetisi. Jangan lupa untuk mencantumkan persyaratan bahwa peserta lomba harus menyukai dan mengomentari postingan Anda. Untuk pemilihan pemenang, Anda bisa tentukan sendiri. Apakah Anda ingin memilih komentar paling kreatif? atau Anda hanya akan pilih secara acak?

Seperti yang dilakukan oleh penyanyi Sivia Azizah yang bekerjasama dengan Kick Avenue untuk mengadakan sebuah kompetisi. Audiens dapat memenangkan sepasang sepatu hanya dengan menyukai dan mengomentari foto yang Ia posting.

2. Tag dan ajak teman Anda

Anda ingin informasi mengenai kompetisi yang Anda buat semakin meluas? Anda bisa menggunakan cara berikut ini! Pada ide kompetisi media sosial ini Anda dapat memanfaatkan fitur tag (tandai teman) untuk menyebarluaskan informasi mengenai kompetisi Anda. Jika beberapa dari orang yang ditandai tertarik dengan kompetisi yang Anda buat, mereka akan terus menandai teman-teman mereka yang lainnya. Hal ini akan terus berlanjut dan menciptakan efek domino.

Seperti kompetisi yang diadakan Misbar Cinema dengan hadiah tiket WeTheFest 2019. Siapa yang tidak mau mendapatkan tiket WeTheFest 2019 hanya dengan menandai teman?

View this post on Instagram

Ada yang gratis lagi nih! Misbar bagi-bagi rejeki kembali, kali ini kamu berkesempatan untuk menangin 3 day pass @we.the.fest sebanyak 2 tiket untuk 2 orang yang beruntung! Gimana caranya tuh?? . . . 1. follow akun @misbar.cinema 2. repost post ini di igstory kamu dan tag 5 temen kamu 3. komen dibawah dan juga tag 5 temen kamu (psst semuanya harus follow akun ini ya dan wajib real account! ) 4. isi survey kami di link pada bio 5. periode: 13-17juli 2019 pukul 23.59 6. winner announcement pada 18juli 2019 di igstory @misbar.cinema . . . #misbarcinema #misbarberkaraoke #pasukanantibubar #tancapyanglegal #streamingyanglegal #rooftopcinemajaka #giveaway #giveawaywethefest #giveawaywtf19 #wtf19 #wtf19giveaway

A post shared by Misbar Cinema (@misbar.cinema) on

3. Caption dan komentar terbaik

Bila dengan menyukai, mengomentari, dan menandai teman merupakan hal yang biasa, ide kompetisi media sosial dengan yang mengharuskan peserta menulis caption dan komentar terbaik dapat menarik perhatian!

Caption merupakan salah satu bagian yang dapat menarik dan memengaruhi orang banyak. Anda perlu memanfaatkan hal ini untuk memasarkan produk Anda. Caranya, cukup membuat postingan yang harus di-posting ulang oleh para peserta dengan caption yang kreatif.

Anda juga dapat menerapkan hal ini pada kolom komentar. Peserta kompetisi dengan komentar terbaik, unik, dan kreatif bisa jadi pemenangnya. Seperti yang dilakukan oleh Laudya Cinthya Bella di akun youtube-nya. Laudya Cinthya Bella mengadakan giveaway dengan syarat para peserta harus menjawab pertanyaan dan memberikan ide terbaiknya untuk konten yang akan ditampilkan selanjutnya.

4. Capture it!

Ide kompetisi media sosial yang satu ini bisa Anda contoh untuk membuat para peserta semakin ambisius dan terpacu untuk menjadi pemenang, apalagi bila hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Anda cukup membuat video yang tiap-tiap gambarnya berganti dengan cepat dan para peserta diharuskan menggunakan fitur capture/screenshot yang ada di ponsel mereka untuk menangkap bagian video sesuai yang Anda buat.

Kompetisi ini pernah dilakukan oleh Bekalokal untuk menambah kesadaran orang-orang akan kehadiran mereka karena mereka merupakan pendatang baru di bidang bisnis pakaian dan juga untuk menambah engagement akun media sosial mereka.

View this post on Instagram

GIVEAWAY ALERT, GIVEAWAY ALERT! . Yuk teman-teman ikuti Permainan Bekalokal V.1: Tangkap tulisan “Cemilan Fiksi". Akan ada 2 teman Bekalokal yang beruntung untuk mendapatkan hadiah dari Bekalokal . Yuk ikutan Permainan Bekalokal V.1 dengan cara: 1. Follow @bekalokal dan @tasyakissty 2. Tangkap tulisan "Cemilan Fiksi" dengan cara screenshoot video diatas 3. Setelah tulisan "Cemilan Fiksi" tertangkap, post di instastory kalian 4. Sebarkan kebahagiaan ini dengan tag 3 teman kalian di kolom comment, ingat bulan puasa kebaikan dan kebahagiaan, siapatau iseng-iseng berbuah pahala😊 . Permainan Bekalokal V.1 akan ditutup dan berakhir pada 25 Mei 2019 pukul 12.00 siang . 2 pemenang yang beruntung akan berkesempatan mendapat hadiah dari Bekalokal. Pemenang 1: Buka Puasa bareng Tasya Kissty @tasyakissty (Minggu, 26 Mei 2019) & 1 produk dari Bekalokal . Pemenang 2 : 1 produk dari Bekalokal . Yuk tangkap tulisan "Cemilan Fiksi" dan tangkap hadiah dan kesempatan buka puasa bareng Bekalokal dan Tasya Kissty @tasyakissty. Sampai ketemu pada Hari Minggu, 26 Mei 2019 ya teman Bekalokal😊 #bekalokal #cemilanfiksi

A post shared by BEKALOKAL (@bekalokal) on

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melakukan strategi pemasaran melalui kompetisi? Yuk, manfaatkan era digital dan media sosial dengan optimal untuk makin meningkatkan potensi bisnis Anda!

Artikel ini bagian dari serial #EnakJualanOnline untuk kalangan UMKM.