fbpx

Social media campaign adalah sebuah upaya pemasaran yang terkoordinasi untuk memperkuat informasi tentang produk melalui setidaknya satu media sosial. Hal ini berbeda dari pemasaran yang Anda lakukan sehari-hari di media sosial. Social media campaign membutuhkan peningkatan fokus, target, dan pengukuran yang tepat. 

Social media campaign telah dilakukan oleh banyak brand dengan berbagai tujuan dan konsep. Namun, tujuan besar mereka tetap sama yaitu memasarkan produk mereka. Beberapa brand membawa isu-isu sosial dalam campaign mereka atau membahas sesuatu yang sedang popular. Tentunya, semua hal itu berasal dari sebuah riset, bukan hanya sebuah perkiraan. Riset yang akurat akan menghasilkan eksekusi yang bagus, juga tujuan yang tercapai. Hal tersebut merupakan bentuk-bentuk kesuksesan dari sebuah campaign. Selain itu, pemilihan media sosial yang tepat juga menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai kesuksesan.

Bila Anda tertarik untuk memasarkan brand Anda melalui social media campaign, tetapi belum menemukan ide-ide yang cemerlang, berikut ini Katarsa.id telah merangkum beberapa inspirasi yang bisa Anda terapkan.

1. #StrangeSale ala Tenue de Attire

Memanfaatkan situasi dan mencari peluang di dalamnya merupakan trik yang digunakan oleh clothing line lokal Indonesia, Tenue de Attire dalam melakukan social media campaign. Tenue de Attire memanfaatkan momen maraknya salah satu serial tv asli Netflix yaitu Stranger Things.

Tenue de Attire menyesuaikan koleksi-koleksi pakaian yang mereka punya dengan pakaian yang dikenakan oleh pemain Stranger Things dan mengadakan potongan harga dengan nama #StrangeSale. Social media campaign #StrangeSale dilakukan melalui Instagram. Campaign ini didukung dengan visual yang serupa dengan poster serial Stranger Things. Font, warna, bahkan pose yang ditampilkan pun dibuat ala Stranger Things.

Dari campaign ini, Anda dapat mempelajari satu hal yaitu mengetahui apa saja yang disukai oleh target market Anda dengan selalu peka akan apa yang sedang marak di sekitar Anda. Ketika target market Anda memang menyukai produk Anda dan ternyata dipadukan dengan hal lain yang disukai oleh target market Anda, maka akan semakin banyak yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

foto: instagram.com/tenuedeattire

2. #DietPakePizza Yellow Fit Kitchen

Pizza dan diet sepertinya mustahil bila disatukan. Ketika mendengar kata pizza pasti yang ada dipikiran Anda adalah makanan yang enak namun mengandung banyak sekali kalori. Lalu, ketika mendengar kata diet yang ada pada pikiran Anda adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Apakah bisa pizza dan diet disatukan? Ternyata bisa, dan Yellow Fit Kitchen dapat membuktikannya!

Yellow Fit Kitchen sebuah perusahaan catering makanan yang terkenal karena menu makanan dietnya yang enak. Banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh Yellow Fit Kitchen untuk para pelanggannya agar bisa menjalani diet dengan senang hati karena dapat mengonsumsi makanan yang enak dan sehat. Di bulan Juli 2019, Yellow Fit Kitchen mengeluarkan pizza sebagai salah satu menu diet. Bekerjasama dengan beberapa influencer Instagram, Yellow Fit Kitchen memasarkan menu tersebut dengan tagar #DietPakePizza dan berhasil menjual lebih dari 2.700 box makanan dalam sehari!

Social media campaign yang dilakukan oleh Yellow Fit Kitchen ini dapat menjadi inspirasi. Membuat suatu inovasi yang out of the box dan bekerjasama dengan beberapa orang yang berpengaruh sehingga dapat memunculkan kesadaran akan produk Anda. Hal ini tentu saja memunculkan rasa penasaran pada diri audiens yang berujung pada peningkatan penjualan.

Inspirasi social media campaign

instagram.com/yellowfitkitchen

3. #TellYourDifference Matoa

#TellYourDifference adalah sebuah social media campaign yang dilakukan oleh produk jam tangan asli Indonesia, Matoa. Campaign ini memiliki pesan untuk berani menunjukkan ciri khas diri sendiri walaupun berbeda dengan yang lain. Pesan yang sesuai dengan Matoa karena ditengah banyaknya jam tangan yang terbuat dari stainless steel, Matoa menggunakan kayu sebagai bahan baku utamanya, dan menjadikan Matoa berbeda dari yang jam tangan lain.

Social media campaign ini dilakukan di Instagram dan YouTube dengan menyajikan dua video yang salah satunya dibintangi oleh penyanyi Eva Celia. Pada campaign #TellYourDifference, Matoa juga bekerjasama dengan beberapa influencer Instagram seperti Benakribo, Jovi Adhiguna, dan Bahjatina untuk mem-posting foto menggunakan jam tangan matoa.

foto: instagram.com/matoa_id

4. #HypeAbis Indomie dan The Goods Dept

Siapa yang tidak menyukai Indomie? Hampir semua orang sangat menyukai produk makanan instan ini. Bahkan, beberapa orang mengolahnya menjadi sesuatu yang berbeda seperti instalasi seni, kue, dan cemilan seperti donat. Melihat situasi tersebut, Indomie pun menyadari bahwa orang-orang, khususnya anak muda, menyukai sesuatu yang “hype” dan sesuatu yang memang berbeda dari biasanya.

Membidik pasar anak muda, Indomie berkolaborasi dengan The Goods Dept membentuk sebuah campaign bernama #HypeAbis. Campaign ini juga dilakukan di media sosial Instagram dan Twitter.Untuk mendukung campaign #HypeAbis, Indomie mengeluarkan varian rasa yang unik yaitu ayam geprek. Selain itu, Indomie dan The Goods Dept mengeluarkan merchandise yang bertema Indomie seperti kemeja, kaos, dan tas.

Campaign dan kolaborasi tersebut berhasil menarik hati banyak orang. Banyak orang yang mengincar merchandise Indomie dan banyak pula yang penasaran dengan Indomie rasa ayam geprek. Ketertarikan tersebut diperkuat dengan banyaknya influencer media sosial yang mempromosikan campaign ini, salah satunya adalah YouTuber Fathia Izzati. Campaign #HypeAbis juga didukung oleh orang-orang yang mem-posting foto mereka dengan tagar #HypeAbis, lalu mereka mengolah Indomie menjadi bentuk lain seperti burger, sushi roll, bahkan bakcang.

foto: tokopedia.com/thegoodsdept

 

Itulah inspirasi social media campaign kreatif dan unik dari produk-produk lokal asli Indonesia. Yang manakah campaign favorit Anda? Selain menggodok konsep campaign, Anda juga bisa melengkapi social media campaign dengan melakukan kompetisi media sosial. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur polling instagram atau fitur-fitur media sosial lainnya.

Artikel ini bagian dari serial #mantapberstartup untuk serial Katarsa for Startup.