fbpx

Influencer Marketing memang menjadi salah satu pilihan yang ampuh untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran. Tapi Influencer Marketing seperti apa yang cocok dengan Brand Positioning Anda?

Positioning merupakan sebuah usaha untuk menempatkan produk yang akan Anda jual di benak khalayak atau audience yang disasar melalui komunikasi. Perkembangan teknologi saat ini, membuat profesi Influencer sangat diincar oleh perusahaan-perusahaan dalam memasarkan produknya agar memperoleh posisi yang unik, berbeda, dan unggul di benak audience-nya. Berikut ini, Katarsa.id akan memberikan informasi mengenai tips menentukan influencer marketing yang cocok dengan Brand Positioning Anda.

  1. Mencari Keunikan Produk Anda

Sebelum Anda mempublikasikan produk, Anda perlu identifikasi terlebih dahulu manfaat dan perbedaan dari produk barang atau layanan yang ditawarkan atau yang biasa kita sebut dengan unique selling point dan Anda perlu mengetahui siapa kompetitor produk Anda. Setelah menemukan keunikan dari produknya, Anda perlu memvalidasi nilai jual untuk produk tersebut seperti melakukan pengecekan dari preferensi konsumen, kemudian melihat dari tren yang berhubungan dengan produk hingga melihat dari kondisi pasar saat ini.

  1. Menentukan Konsumen Produk Anda

Menentukan konsumen memudahkan Anda dalam menyampaikan sebuah konten. Anda perlu mengenal konsep produk Anda yang dapat ditentukan melalui STP (Segmen, Target, dan Positioning) sehingga membantu Anda menentukan audience secara spesifik seperti melihat dari aspek demografis dan psikologis, rentang usia, lokasi peminat produk, status sosial, serta tingkat pengeluaran dari audience yang Anda sasar.

  1. Mengidentifikasi Influencer Marketing

Dalam menentukan figur Influencer, Anda perlu mengidentifikasinya melalui gaya bahasa dari tulisan pada konten-konten yang dipublikasikannya baik untuk sebuah blog atau caption, kemudian karakter foto atau video marketing yang dipublikasikan. Anda juga dapat mengidentifikasi influencer secara cepat seperti mencari dari tagar atau username akun sehingga Anda dapat menemukan insight dari pencarian tersebut secara cepat.

Berdasarkan data yang dilansir dari Navi.id, sebanyak 93% Professional menyebutkan bahwa Influencer Marketing efektif untuk meningkatkan Brand Awareness. Tidak sulit bukan untuk mengembangkan brand positioning Anda melalui Influencer? Ayo manfaatkan layanan ini dari Katarsa untuk kembangkan bisnis Anda.