fbpx

Social Media Marketing atau pemasaran melalui media sosial merupakan teknik jitu pada era digital seperti saat ini. Tentu, dengan penggunaan media sosial yang semakin besar pada zaman sekarang, Taktik Social Media Marketing bisa memberikan jangkauan yang besar terhadap pelanggan Anda.

Bagi Anda yang baru mulai berbisnis ataupun memiliki bujet terbatas, pastinya Anda belum mampu untuk menggunakan taktik pemasaran yang membutuhkan dana besar. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan taktik-taktik Social Media Marketing di bawah ini.

  1. Buat Konten Berkualitas

Tentu, taktik ini pasti akan sangat bermanfaat dan akan menentukan seberapa baiknya brand Anda. Untuk membuat konten berkualitas, Anda bisa mempelajarinya dari konten-konten yang dimiliki oleh bisnis serupa yang telah meraih kesuksesan. Anda bisa menggunakan kutipan-kutipan menarik dari orang terkenal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Konten yang bermuatan dengan daftar-daftar terbaik biasanya efektif dan disukai oleh pembaca.

  1. Buat Infografis

Berkaitan dengan konten berkualitas, infografis bisa menjadi salah satunya. Memberikan fakta-fakta menarik atau menunjukkan statistik mungkin kurang menarik. Oleh karena itu, Anda butuh desainer grafis yang bisa membuat konten infografis Anda memikat. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan brand anda melalui cara Anda untuk memberi edukasi kepada pelanggan, serta menarik pelanggan dengan desain yang memikat. Salah satu tools gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat infografis yang apik adalah Canva.com.

  1. Gunakan Video

Menggunakan video bisa menjadi varian konten yang menarik dan hal ini telah terbukti efektif. Banyak bisnis yang telah membuktikan bahwa konten video dapat meningkatkan penjualan mereka. Anda bisa membuat video menarik tentang produk yang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa membuat video cara menggunakan produk Anda sehingga pelanggan dapat tertarik membeli produk Anda. Baca lebih banyak strategi video marketing di sini.

  1. Minta Bantuan Influencer

Minta bantuan influencer untuk memasarkan produk Anda merupakan cara yang sangat efektif. Anda pasti tahu, sekarang banyak influencer yang buka endorse. Anda pun bisa memanfaatkan para influencer ini agar produk anda mendapat perhatian yang lebih. Jika Anda ingin menggunakan selebriti, pasti harganya tidak murah, tetapi pengaruhnya bisa sangat besar. Anda pun bisa menyortir para influencer yang sesuai dengan produk yang anda jual. Taktik social media marketing yang lebih murah, yaitu manfaatkan koneksi Anda kepada teman-teman yang memiliki followers banyak.

  1. Manfaatkan Review Pelanggan

Lewat review dari pelanggan, Anda bisa meningkatkan nilai jual brand Anda. Tentu, pelanggan Anda pasti tidak bisa langsung memercayai produk Anda begitu saja, oleh karena itu review pelanggan bisa menjadi testimoni yang menarik. Untuk mendapatkan review yang bagus, Anda bisa minta pelanggan setia Anda.

  1. Fokus pada Facebook

Facebook merupakan media sosial terbesar yang ada di dunia saat ini. Hampir 60% pelanggan dipengaruhi oleh media sosial dan 44% di antaranya berasal dari Facebook. Dalam Facebook, salah satu taktik social media marketing yang bisa Anda gunakan adalah membuat konten yang berkualitas, tetapi tentu jangkauannya terbatas. Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk mendapatkan jangakauan pelanggan yang lebih luas.Namun, jika bisnis Anda lebih fokus pada Instagram marketing, Anda bisa menyimak strategi khususnya di artikel ini.

  1. Gunakan Konten-Konten Lama

Anda bisa gunakan konten-konten Anda yang lama di kanal-kanal media sosial Anda. Perlu diingat bahwa tidak semua orang telah melihat konten-konten lama Anda. Oleh karena itu, menggunakan kembali konten lama bisa menjadi ide jitu sehingga Anda tidak perlu menguras tenaga untuk memikirkan konten baru, asal jangan terlalu sering mengulang konten yang sama. Jika menggunakan konten lama, anda mungkin bisa membuatnya lebih menarik dan relevan dengan kondisi saat ini.

Jika Anda tertarik untuk membawa bisnis anda ke tingkat berikutnya dalam Social Media Marketing katarsa.id siap membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami di sini!