fbpx

Digital Marketing merupakan jenis pemasaran yang mengalami perubahan secara konstan. Untuk dapat bersaing dalam era kompetisi digital, Anda harus terbuka dan senantiasa mengikuti tren digital marketing. Pada artikel ini, katarsa.id merangkum 5 tren digital marketing 2020 yang dapat membantu Anda memenangkan persaingan bisnis yang semakin dinamis.

1. Micro-influencer

Influencer marketing telah menjadi tren pemasaran digital selama beberapa tahun ke belakang. Namun, besarnya biaya yang dibutuhkan untuk bekerja sama dengan macro-influencer atau influencer kelas kakap membuat bisnis skala kecil dan menengah beralih ke influencer skala kecil dan menengah. Micro-influencer adalah istilah yang semakin populer dan mengacu pada influencer berukuran sedang. Selain lebih terjangkau, micro-influencer juga terkadang memiliki engagement yang lebih tinggi dan tertarget daripada influencer dengan jumlah pengikut yang lebih banyak. Hal ini terjadi  karena mereka memiliki jumlah followers yang lebih sedikit dan spesifik, sehingga dapat mendedikasikan lebih banyak waktu untuk aktif berinteraksi dengan para followers. Sebuah studi dari Adweek mengungkapkan bahwa micro-influencer memiliki engagement 60% lebih tinggi dan 6,7 kali lebih efektif dalam aspek biaya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menentukan influencer yang tepat bagi bisnis Anda.

2. Shoppable Post 

Istilah shoppable post mengacu pada pembelian produk secara langsung melalui postingan atau iklan di media sosial tanpa meninggalkan situs atau aplikasi. Sejak Instagram Checkout diluncurkan pada 2019, shoppable post berhasil menarik perhatian dari berbagai pihak, khususnya di kalangan pebisnis. Shoppable post ini bertujuan untuk memudahkan pembeli untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Selain itu, shoppable post memberikan kesempatan bagi para pebisnis untuk mengubah akun media sosial mereka menjadi toko visual yang efektif dengan menambahkan harga serta informasi produk.

3. Direct Message (DM)

Untuk meningkatkan kedekatan dengan pelanggan, sejumlah brand mulai menciptakan obrolan melalui Direct Message (DM). Sebagai sarana untuk meminimalisiasi biaya customer service dan membantu dalam penjualan, DM digadang akan menjadi salah satu tren digital marketing tahun 2020. Melalui aplikasi seperti WhatsApp, Viber dan Facebook Messenger, atau pesan pribadi di media sosial seperti Twitter atau Instagram, Anda dapat membangun koneksi yang lebih kuat dengan pelanggan. Forum-forum ini menawarkan kenyamanan teks dan telepon. Direct message juga merupakan cara yang efektif untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, baik menangani keluhan sampai menerima pesanan penjualan.

4. Email Menarik & Interaktif

Email marketing kini semakin berkembang karena perubahan tampilannya yang kini menyerupai halaman web dan dilengkapi dengan tombol-tombol yang dapat diklik. Perubahan ini tidak hanya membawa kesan yang lebih baik, tapi juga meningkatkan konversi dimana pembaca cenderung mengklik tombol-tombol dengan gambar daripada tautan teks biasa. Untuk dapat memaksimalkan email marketing, Anda harus bekerja ekstra untuk menciptakan visual yang menakjubkan dengan desain UX-sentris.

5. Analisis Sentimen

Analisis sentimen atau social listening adalah praktik analisa reaksi pengguna dan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan di media sosial atau kanal lain secara online. Ulasan dan kiriman online tidak selalu bersifat hitam putih, seperti “Saya suka / tidak suka ini.” Terdapat area abu-abu besar dengan berbagai aspek di dalamnya. Misalnya, seorang pelanggan mungkin menyukai produk Anda secara keseluruhan tetapi merasa kecewa dengan satu fitur tertentu. Atau mungkin produknya baik-baik saja, tapi tidak seperti yang mereka harapkan. Analisis sentimen melibatkan alat pengumpul data dan algoritma tertentu untuk menjelajahi tanggapan online terhadap brand dan mengevaluasinya.

Dari kelima tren digital marketing 2020 yang disebutkan di atas, tren apa yang akan Anda terapkan sebagai strategi marketing Anda? Apa pun pilihannya, Anda bisa mempercayakan strategi digital Anda kepada katarsa.id.