fbpx

Aplikasi seluler merupakan alat terbaik untuk social media management karena memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Jika dibandingkan dengan perangkat desktop, aplikasi seluler menawarkan kecepatan dalam memonitor halaman media sosial Anda saat berpergian. Target audiens yang kini lebih aktif di media sosial membuat banyak pihak memanfaatkan aplikasi seluler untuk melakukan social media management. Kini telah hadir berbagai alat mobile-friendly yang membantu meningkatkan efisiensi kerja Anda. Aplikasi ini mengizinkan Anda untuk tetap terkoneksi dan up-to-date dengan social media management. Pada artikel ini, katarsa.id merangkum 6 aplikasi social media management yang wajib Anda gunakan sebagai strategi marketing.

1. Facebook Pages Manager

Facebook Pages Manager memudahkan Anda untuk mengirim konten ke halaman mereka. Fokus utama Pages Manager adalah memungkinkan pengguna untuk memperbarui dan mengelola halaman dengan lebih mudah. Pada halaman utama, Anda dapat melihat insight dan daftar halaman yang Anda kelola beserta privasi dan pengaturan akun.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengomentari, menyukai, dan membagikan konten apa pun yang telah Anda posting di halaman Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat jumlah orang yang telah melihat konten Anda dan jumlah orang yang berbicara tentang konten Anda. Tampilan metrik ini sangat bermanfaat karena memberi Anda kesempatan untuk melacak kinerja konten Anda bahkan ketika Anda jauh dari desktop. Dari halaman utama, Anda juga dapat melihat daftar admin untuk mengetahui halaman yang memiliki dan tidak memiliki akses admin. Anda dapat mengunduh aplikasi Facebook Pages Manager secara gratis untuk perangkat iOS dan Android.

2. DrumUp

DrumUp adalah aplikasi baru yang membantu Anda untuk menjadwalkan konten Facebook dan Twitter. Anda hanya perlu memasukkan tema yang ingin Anda lacak dan aplikasi akan menemukan konten paling bagus dan paling relevan dari seluruh internet untuk Anda tonton dan bagikan ke orang lain. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk menjadwalkan kiriman pada waktu dan hari tertentu serta memudahkan proses mengedit postingan.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah rekomendasi konten dengan kualitas yang sangat baik. Rekomendasi konten adalah karya-karya yang baru diterbitkan dengan kualitas bagus. Dengan fitur-fitur ini, DrumUp adalah solusi untuk social media management – terutama bagi mereka yang kesulitan untuk menemukan dan memposting konten ke halaman media sosial secara teratur. Saat ini DrumUp ditawarkan secara gratis dan dapat diunduh di perangkat iOS dan Android.

3. Everypost

Everypost adalah alat social media management yang memungkinkan Anda untuk memposting di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Jika Anda ingin memposting konten pada platform tertentu, Everypost akan memberikan opsi untu memilih platform yang akan digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempersingkat postingan Twitter secara otomatis dengan hasil yang baik. Anda juga dapat menyesuaikan waktu posting yang berbeda-beda untuk masing-masing platform. Namun, alat ini tidak menawarkan fitur analitik, sehingga Anda tidak akan dapat melacak kinerja posting Anda.

Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan dan tersedia dengan layanan gratis yang memiliki keterbatasan fitur. Namun, jika Anda memilih layanan berbayar, Everypost akan membiarkan Anda memposting konten di seluruh akun media sosial secara bersamaan. Anda dapat mendaftar untuk uji coba 14 hari gratis dan aplikasi dapat diunduh untuk perangkat Android dan iOS.

4. Plume

Plume adalah aplikasi untuk pengguna Twitter dan cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan  aplikasi Twitter sendiri. Plume menjadi special dan berbeda karena mengizinkan pengguna untuk mengatur tampilan Twitter sesuai preferensi masing-masing pengguna. Anda dapat mengakses tab Home, Timeline, Direct and Mention langsung dari layar utama. Di halaman Beranda, Anda dapat mencari tweet, dan melihat apa yang sedang tren. Pada tampilan Timeline, terdapat opsi tambahan seperti menyalin tweet ke clipboard, menandai spam, dan membisukan tweet.

Plume juga memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa akun Twitter, sehingga dapat lebih mudah diakses. Namun, aplikasi ini tidak dapat menunjukkan dengan jelas akun mana yang Anda tweet. Oleh karean itu, Anda harus beralih akun untuk mengetahui dengan tepat akun mana yang sedang Anda gunakan. Plume saat ini tersedia secara gratis di perangkat Android.

5. Over

Kunci dalam menciptakan konten bagus di media sosial adalah dengan menciptakan variasi konten dari waktu ke waktu. Selain teks, Anda dapat memposting video, infografis, dan gambar. Over adalah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengubah teks yang membosankan menjadi gambar yang dapat berbicara kepada audiens. Over mengizinkan Anda untuk menambahkan teks dan desain khusus ke gambar Anda. Dengan alat editing yang banyak, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan gambar Anda.

Aplikasi Over sangat responsif sehingga dapat digunakan dengan mudah. Anda dapat mengedit gambar dalam hitungan menit. Setelah puas dengan gambar yang dibuat, Anda dapat membagikannya melalui pesan teks, email, atau melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi sisi kreatif Anda, dan membuat gambar-gambar indah yang dapat menarik perhatian audiens. Ini adalah aplikasi berbayar yang dapat diunduh untuk perangkat iOS dan Android.

Social media management kini bukan hal yang sulit bukan? Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan mengoptimalkannya demi perkembangan bisnis Anda. Butuh bantuan untuk mengelola media sosial bisnis Anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami di sini!