fbpx

Menghadapi kerasnya persaingan digital marketing, tentu kita harus terus mencari-cari cara terbaik atau taktik jitu agar produk kita menarik pelanggan. Mulai dari persaingan dalam SEO, berlomba berikan konten terbaik di media sosial dan masih banyak lagi. Taktik tingkatkan interaksi Instagram, media sosial yang saat ini paling banyak digunakan, pun penting.

Mengapa harus Instagram? Sebab Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling masif digunakan pada masa kini. Popularitas Instagram bahkan hanya kalah dari Facebook, perusahaan induknya. Dengan banyaknya pengguna, persaingan di Instagram pun sangat terbuka dan semakin ketat. Kita pun harus terus berkembang dengan mempelajari hal-hal yang menarik pelanggan di platform ini.

Instagram memiliki tolok ukurnya tersendiri untuk menilai seberapa menariknya konten kita. Bukan hanya dari kualitas konten yang dibuat, tetapi bagaimana kita menarik pengguna lain dan menjangkau lebih banyak orang. Berikut 10 taktik jitu yang bisa membantu untuk tingkatkan interaksi di Instagram.

  1. Gunakan Hashtag

Bagi yang masih memiliki pengikut sedikit, menggunakan hashtag sangatlah krusial. Kita dapat menjangkau pengguna-pengguna yang belum mengikuti akun kita. Anda pun bisa menganalisis intensitas penggunaan hashtag di Instagram. Gunakanlah hashtag yang agak spesifik untuk menjangkau pengguna-pengguna yang sesuai dengan target.

  1. Promosikan Postingan Baru dengan “Instagram Stories”

400 juta pengguna setiap harinya melihat Cerita Instagram atau Instagram Stories. Dengan semakin seringnya pengguna menyaksikan Story, sudah saatnya kita maksimalkan fitur ini untuk mendapatkan interaksi di postingan terbaru. Coba gunakan GIF image atau stiker untuk menarik minat pengguna lainnya.

Manfaatkan instastory untuk dapatkan interaksi lebih banyak di instagram

  1. Periksa Sebelum Posting

Coba periksa kembali konten yang ingin kita sebar, baik itu di postingan maupun di cerita. Dengan menerapkan hal ini, kita bisa meminimalisasi kesalahan-kesalahan jika sudah disebar. Pada akhirnya kita tidak perlu lagi menyebar berulang kali karena terjadinya kesalahan.

  1. Tandai Akun Lainnya

Untuk menjangkau pengguna-pengguna yang belum mengikuti kita, tidak hanya dari hashtag. Coba menandai atau tag akun-akun lainnya yang penggunanya lebih banyak dari kita. Jangan asal juga menandai orang. Kita bisa menyortir akun-akun yang relevan dengan apa yang ingin dipos. Selain itu, hindari menandai akun yang sama berulang kali agar tidak dilihat sebagai spam.

  1. Kerja Sama dengan Akun Lainnya

Kerja sama dengan akun lain dapat menjangkau pengguna-pengguna baru yang mengikuti akun yang kita ajak. Untuk akun-akun yang sudah terkenal, kita bisa lakukan promosi berbayar kepada mereka. Kita pun bisa berkolaborasi dengan pengguna lain agar kontennya sama-sama bisa dipos di akun masing-masing. Dengan begitu, kita bisa meminta akun tersebut menandai kita di postingannya.

  1. Komentari Akun-Akun Populer

Salah satu teknik jitu untuk mendapatkan pengikut baru, yaitu memberikan komentar ke akun-akun yang memiliki banyak pengikut. Coba jadi yang paling pertama memberikan komentar di akun-akun tersebut agar komentar kita tampil paling atas. Selain itu, kita juga harus rajin berinteraksi jika ada balasan dari komentar kita agar statistik interaksinya besar.

  1. Buat Konten Interaktif

Cara ini penting sekali agar akun kita terlihat hidup dan peduli terhadap pengikut. Mulai interaksi dengan pengikut dengan konten-konten yang dibuat. Kita bisa memulainya dari cara bertanya kepada pengikut dalam konten tersebut. Misalnya, minta pengikut menjawab pertanyaan kita di komentar dan jaga interaksinya. Instagram bahkan menyediakan berbagai macam fitur di cerita. Mulai dari kolom pertanyaan yang bisa langsung dijawab, atau bisa menggunakan fitur yang tersedia jawaban opsional untuk pengikut kita memilih.Pantau insight Instagram untuk mengetahui aktivitas pengikut

  1. Tambahkan Cerita yang Ditandai ke Kita

Saat seseorang menyebut atau menandai kita dalam ceritanya, kita bisa mengepos ulang cerita tersebut. Coba tandai kembali orang yang menandai kita untuk menunjukkan apresiasi kepada pengikut kita. Jika ada yang menandai kita akan muncul di notifikasi. Ketika dilihat, kita bisa langsung mengepos ulang dengan tombol “Tambahkan Ini ke Cerita Anda”.

  1. Tambahkan Lokasi

Postingan yang menggunakan lokasi mendapatkan interaksi 79% lebih banyak ketimbang yang tidak menggunakannya. Selain menambahkan lokasi, kita juga bisa menambahkan hashtag lokal. Untuk mencari hashtag lokal yang populer, kunjungi akun kota/daerah yang dikunjungi. Lokasi pun penting jika kita memiliki toko sehingga pengguna bisa melihatnya di peta lebih mudah.

  1. Perhatikan Waktu Tayang

Sebelum menemukan waktu tayang yang pasti, coba sebar pos di waktu yang berbeda-beda. Lalu, setelah itu, pantau jangkauan dan interaksi dari masing-masing postingan kita. Melalui statistik tersebut, lama-kelamaan akan terlihat waktu terbaik untuk postingan kita. Selain itu, kita juga bisa memantau Insight intensitas aktivitas pemirsa jika menggunakan akun bisnis.

Bagaimana, bermanfaat bukan? Adakah taktik-taktik yang belum diketahui? Katarsa pun bisa membantu Anda memaksimalkan media sosial Anda, termasuk Instagram. Cek di sini, ya!

 

 

Sumber: Hubspot 20 Instagram Hacks e-books