fbpx

Dalam copywriting dan artikel, judul merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Judul menentukan keberhasilan dan daya tarik pembaca. Oleh karena itu, membuat judul yang artikel blog menarik menjadi prioritas bagi para penulis konten.

Pada artikel ini, Katarsa akan membahas cara mudah membuat judul artikel blog bagi kamu yang ingin menarik perhatian pembaca.

  1. Pilih topik yang sangat dibutuhkan oleh pembaca

Judul artikel harus dapat menggambarkan jawaban atau solusi yang paling dicari oleh pembaca. Pastikan secara spesifik manfaat yang akan diperoleh saat orang membaca artikel kamu. Hal ini akan mendorong pembaca untuk mengklik dan mendapatkan solusi atas hal-hal yang mereka butuhkan.

Lalu, bagaimana kamu dapat mengetahui hal yang dicari oleh pembaca? Atau ide blog seperti apa yang harus Anda terapkan? Lakukan riset berikut:

  • Review komentar pada postingan kamu dan postingan situs lain yang masih relevan denganmu
  • Sebarkan survei pelanggan dan tanyakan apa pergumulan terbesar mereka
  • Gunakan tool seperti BuzzSumo untuk mencari tahu postingan yang paling populer sesuai relevansimu. Hal ini akan memberikan wawasan tentang kebutuhan target audiensmu
  • Baca ulasan buku terkait niche market-mu
  1. Tiru dan Duplikasi

Setelah melakukan riset dan mengetahui kebutuhan pembaca, kamu harus mengubah topik menjadi judul yang hebat. Cara yang paling mudah untuk menguasai seni menulis judul adalah dengan meniru. Terdapat beberapa tipe judul yang terbukti sukses meraih perhatian pembaca dalam copywriting and periklanan. Jika kamu ingin menciptakan judul yang dapat menggaet pembaca, kamu dapat menerapkan trend tersebut. Namun, judul yang kamu buat tidak harus sama persis. Kamu dapat menciptakan perbedaan melalui voice dan style kamu sendiri. Template yang paling mudah untuk diikuti adalah judul “How to”. dan “list”. Misalnya, Bagaimana Menulis Blog di 2020 atau 10 Kesalahan Umum yang Harus dihindari Saat Menulis E-book.

  1. Libatkan rasa

Judul yang jelas dapat membuat pembaca merasa dimengerti. Untuk dapat membuat judul yang jelas, posisikan diri sebagai pembaca. Bagaimana perasaan mereka? Apa yang mereka lihat? Apa yang mereka dengar? Jika judul kamu dapat menyuarakan pengalaman yang dialami pembaca, mereka akan benar-benar merasa bahwa artikel tersebut ditulis untuk mereka.

  1. Jangan berikan informasi kunci

Kesalahan yang umum dilakukan saat membuat judul adalah terlalu banyak memberikan informasi. Judul memang harus memikat perhatian pembaca dan memunculkan keingintahuan, tapi sebaiknya kamu tidak menuliskan informasi inti pada bagian judul. Jika informasi kunci sudah dipaparkan melalui judul, pembaca akan merasa puas dan tidak terdorong untuk mengklik dan membaca lebih jauh.

  1. Relevansi headline dan isi

Kamu harus memeriksa relevansi antara judul dan isi artikel, serta memastikan apakah isi artikel sudah mencakup keseluruhan informasi yang dijanjikan di judul. Jika isi artikel hanya menyampaikan sepenggal informasi, pembaca akan merasa terjebak dan kehilangan kepercayaan pada situsmu.

Membuat judul yang menarik kini bukan hal yang sulit bukan? Jika kamu tertarik untuk mengembangkan artikel blog untuk bisnismu, katarsa.id siap membantumu. Silahkan menghubungi kami di sini!