fbpx

Kehadiran brand atau bisnis di mesin pencarian bukanlah hal yang baru. Brand dari berbagai latar belakang kini berlomba-lomba membuat website, baik untuk membangun kredibilitas sampai meningkatkan penjualan.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan brand dalam persaingan di mesin pencarian adalah tingkat trafik website. Oleh karena itu, website tidak hanya diisi dengan berbagai informasi produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga artikel yang memuat informasi bermanfaat untuk menarik perhatian target audiens.

Sayangnya, tidak semua orang dapat menulis artikel blog yang efektif. Hal itu bisa terjadi karena mereka mengabaikan aspek penting dalam menulis artikel blog. Kira-kira apa saja kesalahan fatal yang harus dihindari? Pada artikel ini, Katarsa akan merangkum jawabannya untuk kamu.

1. Tidak mengenal audiens

Kesalahan fatal yang harus dihindari dalam menulis artikel blog adalah tidak benar-benar memahami target audiens. Bahkan beberapa di antaranya belum menentukan secara spesifik siapa target audiensnya! Perlu diketahui bahwa artikel yang efektif adalah konten yang menyediakan informasi sesuai kebutuhan dan kepribadian audiens. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel, kamu perlu menentukan secara spesifik siapa yang menjadi target audiens. Setelah itu, lakukan riset mengenai informasi yang mereka butuhkan, masalah yang mereka hadapi, apa yang sudah mereka ketahui dan apa yang belum. Hanya dengan begitu, kamu akan dapat menghasilkan artikel yang bermafaat dan dicari-cari oleh audiens. Trik lain yang dapat kamu terapkan adalah riset kompetitor yang mempunyai target audiens yang mirip dengan kamu. Kunjugi website mereka dan baca komentar yang ada di sana. Dengan begitu, kamu akan menemukan ide konten yang paling relevan dengan audiensmu.

2. Tidak konsisten

Menulis artikel blog bukanlah pekerjaan satu hari. Kamu harus selalu konsisten dari waktu ke waktu dan komitmen dengan proses yang ada. Para pebisnis, khususnya mereka yang baru menulis blog, seringkali hanya menulis sesuai dengan suasana hati atau inspirasi yang mereka punya. Ini adalah kesalahan fatal yang harus kamu hindari! Blog yang sukses dalam jangka panjang adalah blog yang mengunggah konten secara rutin. Konsistensi berdampak pada tingkat kredibilitas dan keterpercayaan audiens terhadap website. Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus mengunggah 6 artikel dalam satu minggu. Frekuensi yang rutin memang penting, namun kamu juga harus konsisten dalam menjaga kualitas artikelmu.

3. Judul tidak menarik

Judul merupakan aspek krusial yang menentukan apakah audiens akan mengklik dan membaca artikelmu. Judul dapat diibaratkan sebagai first impression ketika kita pertama kali bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar bekerja keras untuk menghasilkan judul yang mampu mendorong keingintahuan pembaca. Selain itu, kamu juga harus memastikan relevansi antara judul dan isi artikel, sehingga tidak mengecewakan audiens. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana membuat judul yang menarik, silahkan simak informasinya di artikel yang satu ini.

4. Tidak mempunyai fokus

Para pebisnis selalu ingin menarik sebanyak mungkin pembaca, sehingga mereka menulis tentang berbagai topik. Namun ini merupakan salah satu kesalahan yang harus kamu hindari! Menulis terlalu banyak topik akan membuat blog kehilangan fokus dan keluar dari ruang lingkupnya. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya audiens. Oleh karena itu, sejak awal kamu harus menentukan beberapa area yang akan dibahas, fokuskan pembahasan pada area tersebut. Menetapkan fokus dapat membantu kamu dalam menarik target audiens, menciptakan komunitas, membuat blog lebih menonjol, dan membantu merumuskan strategi konten.

Nah, belajar dari keempat kesalahan di atas, sekarang kita tahu apa saja yang harus dihindari dalam menuliskan artikel blog. Tidak sulit, bukan? Jika kamu butuh bantuan untuk mengembangkan artikel blog untuk bisnismu, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini!