fbpx

Apakah kamu baru mengenal SEO dan bingung mau mulai dari mana? Jangan khawtir! Pada artikel ini, Katarsa akan membagikan teknik dasar SEO yang dapat membantu meningkatkan visibilitas blogmu!

Riset keyword

Keyword adalah fondasi dari kesuksesan SEO. Riset keyword adalah hal yang penting dalam menemukan kata kunci yang relevan bagi pembaca. Namun, kamu juga perlu memastikan bahwa keyword yang digunakan masih relevan dengan topik konten, sehingga mesin pencari bisa mengindeks website dengan benar.

Terdapat beberapa tools yang dapat memudahkan riset keyword, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, Ubersuggest, dan lainnya. Hal yang perlu kamu cari adalah indikator kunci, seperti search volume (rata-rata pencarian bulanan) dan keyword competition score yang menunjukkan tingkat kesulitan untuk berada pada halaman pertama Google.

Gunakan keyword yang tepat di blog

Setelah memetakan keyword yang tepat dan relevan, kamu perlu menggunakannya di beberapa bagian karena akan sangat berpengaruh kepada mesin pencari. Beberapa di antaranya adalah:

  • Judul
  • Heading dan subheading
  • Kalimat pengantar
  • Paragraf penutup
  • Title tag dan meta description

Namun, kamun juga perlu memastikan frekuensi penggunaan keyword. Jangan sampai terlalu banyak, karena akan sulit untuk dipahami oleh pembaca. Selain itu, Google juga dapat mendeteksinya sebagai sesuatu yang tidak efektif. Jadi, tempatkan keyword secara strategis!

Optimasi gambar

Menambahkan gambar ke konten blog adalah langkah yang bagus, sehingga pembaca tidak bosan dengan teks dan membantu mereka untuk memahami konteks yang dibicarakan. Setiap kali mengunggah gambar ke blog, kamu perlu menulis keyword pada nama file dan pastikan telah mengisi alternate text dengan deskripsi yang singkat.

Sertakan referensi

Ketika kamu menyebutkan blogger atau artikel lain di postingan blogmu, masukkan link yang mengarah ke informasi tersebut. Hal ini merupakan etika blogging yang baik dan kamu juga berkesempatan untuk menerima link kembali. Dengan link yang berkualitas, websitemu mempunyai kesempatan untuk meraih peringkat yang lebih tinggi di halaman mesin pencarian.

Dari keempat teknik dasar SEO yang disebutkan di atas, kini kamu bisa meningkatkan visibilitas blog di mesin pencarian. Cukup mudah, bukan? Jika kamu tertarik untuk mengembangkan SEO blog untuk bisnismu, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini!