fbpx

Perkembangan content marketing sebagai strategi pemasaran yang optimal seperti tidak ada habisnya, ya! Berbagai brand dan marketer seolah tidak pernah kehabisan akal untuk selalu menghasilkan konten yang kreatif dan unik. Bagaimana dengan brand-mu? Sudahkah kamu menerapkan strategi content marketing yang tepat? Atau justru mengalami kendala dan kebuntuan ide? Kali ini Katarsa akan memberikan inspirasi content marketing dari 4 brand ternama di Indonesia. Stay tuned dan baca hingga tuntas, ya!

GoPay – Pevita Pearce

Pada Februari 2020, GoPay merilis iklan terbarunya bersama Pevita Pearce. Dalam video Youtubenya, NO CLICKBAIT: Pevita Murka, Pevita berperan sebagai seorang hero di game yang tengah memperkenalkan skin game terbarunya. Uniknya, video bertema game ini dirancang dengan konsep yang tidak biasa; sang pengisi suara seakan mengejek Pevita. Alhasil, Pevita pun murka dan menembakkan laser biru ke arah kamera, persis tokoh-tokoh di game!

Jadi, kenapa sih GoPay membuat konten seperti ini?

Timothius Martin, SPV Marketing GoPay, mengungkapkan bahwa video ini bertujuan untuk mendobrak stigma soal perempuan yang tidak pantas dan tidak jago bermain game. Nah, buat kamu yang belum tahu, Pevita Pearce adalah salah satu artis yang suka bermain gim, bahkan pernah mewakili Indonesia dalam PUBG Mobile Club Open (PMCO) Global Final 2019 di Berlin, Jerman. Relevansi inilah yang membuat GoPay mantap menggaet Pevita dalam iklannya, bahkan menjadikannya sebagai brand ambassador GoPay. Selain itu, figur Pevita yang diidolakan banyak pria juga pas banget untuk demografi penggila game di Indonesia yang kebanyakan adalah lelaki.

Namun, kenapa sih GoPay mengangkat tema game?

Seperti yang kita tahu, GoPay adalah perusahaan dompet elektronik yang salah satu service-nya berkaitan dengan pembayaran pembelian essential items saat bermain game. Perusahaan ini menyediakan uang elektronik yang bisa kita gunakan di Google Play; transaksi GoPay di Google Play ini didominasi oleh game. Oleh karena itu, GoPay menaruh perhatian yang lebih pada industri game. Uniknya, tidak hanya sekadar mengangkat game-nya, GoPay malah menaruh perhatian pada isu dan stigma yang melekat di dalamnya. Belajar dari GoPay, kita bisa melihat lebih jauh apa saja sih tema yang berhubungan dengan industri kita? Kalau kamu sudah ketemu topik yang pas, topik tersebut bahkan masih bisa dipecah sehingga bisa memunculkan ide ringan namun kreatif seperti ini.

Unilever – 1001 Inspirasi Ramadhan

Kilas balik ke 2016, Unilever Indonesia menjalankan strategi content marketing dengan ragam konten menarik. Mereka meluncurkan sebuah one-stop-website yang berisikan inspirasi, informasi, dan tips Ramadhan. Peluncuran situs web ini berangkat dari adanya kebutuhan masyarakat akan inspirasi Ramadhan yang mudah diakses.

Seperti yang dijelaskan Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Unilever Indonesia, “Kami memahami bahwa kita semua ingin selalu tampil istimewa. Kita ingin beribadah, menyajikan makanan dan minuman serta berpenampilan terbaik dalam setiap momen tersebut. Untuk itu, website www.1001InspirasiRamadhan.com ini hadir untuk menciptakan kesempurnaan momen Ramadhan.”

Selain membagikan beragam tips, situs web ini juga menyediakan Youtube Offline Technology yang memungkinkan audiens untuk menyimpan materi video Ramadhan, sehingga dapat ditonton kapan saja.

Tokopedia – Seller Story

Seller Story adalah rangkaian video yang menceritakan kisah inspiratif dari para penjual di Tokopedia. Konten ini menampilkan latar belakang penjual dalam membangun bisnisnya dan pelajaran hidup yang bisa dipetik. Pada dasarnya, Tokopedia memilih penjual sebagai sumber kontennya karena platform e-commerce ini ingin memberdayakan lebih banyak penjual untuk berpartisipasi di marketplace digital.

Melalui konten videonya, Tokopedia mampu menyampaikan inspirasi dan motivasi yang kuat bagi para audiensnya. Secara keseluruhan, pesan kunci yang hendak disampaikan adalah mendorong para audiens untuk berani memulai – apa pun itu. Hal ini terihat dari konsistensi tagline #MulaiAjaDulu yang selalu ada dalam rangkaian video Seller Story.

Softex

Softex adalah salah satu brand Personal Care perempuan yang sangat piawai dalam meracik strategi kontennya. Terbukti pada tahun 2019, Softex Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai salah satu brand terbaik dalam kategori “The Content Marketing Implementation of The Years” di ajang Indonesia Content Marketing Awards (ICMA).

Melalui situs web happifyourworld.com, Softex menyediakan konten artikel yang berkaitan dengan period and mood booster tips. Namun, tidak hanya itu, mereka pun turut menghadirkan beragam tema, seperti fashion, gaya hidup, kesehatan, dan hubungan asmara yang memang relevan dengan kehidupan wanita muda.

Nah, hal yang unik dari Softex adalah mereka seakan tidak tertarik untuk melakukan promosi melalui situs web-nya. Pasalnya, proporsi artikel sangatlah mendominasi keseluruhan konten; rubrik ‘Product’ pun ditempatkan pada daftar yang paling terakhir. Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa Softex memiliki prioritas untuk membagikan konten informatif dan hiburan yang dibutuhkan oleh target audiensnya.

Nah, sekarang kamu sudah memiliki inspirasi content marketing yang dapat kamu terapkan dan modifikasi untuk kepentingan binismu. Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Yuk, diskusi dan chat Katarsa.id melalui Whatsapp di sini dan lihat layanan kami selengkapnya di sini.