fbpx

Perkembangan dan popularitas content marketing sebagai jenis pemasaran yang optimal berdampak pada munculnya berbagai inovasi. Salah satunya adalah tool content marketing yang dapat mengoptimalkan strategi konten para marketer dan brand.

Mulai dari tahap perencanaan, pengelolaan, hingga analisis dan evaluasi; semuanya dipermudah dengan kehadiran berbagai tool content marketing. Nah, apa saja tool yang dapat kamu gunakan dalam strategi kontenmu? Kali ini, Katarsa akan membahas 10 daftarnya untukmu!

Yoast SEO

Yoast adalah plugin WordPress yang sangat populer dan banyak digunakan oleh publisher atau blogger. Alat ini dapat membantu optimasi atau meningkatkan SEO situs web agar berada di halaman 1 hasil pencarian. Terdapat sejumlah fitur yang ditawarkan Yoast, seperti pengaturan judul dan deskripsi meta, keyword yang ditargetkan, pengelolaan peta situs, permalink, dan lainnya.

Yoast SEO

Dengan menggunakan alat ini, kita dapat membuat konten blog dengan standar dan struktur SEO yang sangat bagus. Secara umum, alat ini tersedia dalam dua versi yaitu, gratis dan premium (berbayar).

Tapi, tidak perlu khawatir! Pasalnya, Yoast versi gratis sudah menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk sebuah situs; kita tetap dapat berkompetisi dalam strategi SEO.

Google Trends

Google Trends adalah salah satu layanan Google yang membantu para marketer untuk melakukan riset kata kunci yang populer dan topik terkini berdasarkan kota, wilayah, atau bahasa. Dengan menggunakan alat ini, kita akan menemukan ide konten yang menarik dan populer, sehingga dapat mengendarai tren.

Google Trends

Google Trends mempunyai berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah Daily Search Trends, dimana kita dapat menemukan pencarian paling populer berdasarkan lokasi dan jangka waktu yang diinginkan. Dengan begitu, brand akan menemukan insight dan ide konten yang tepat untuk diselaraskan dalam strategi konten.

Selain itu, Google trends juga membantu membandingkan performa antara keyword. Misalnya, di sini kita membandingkan performa keyword ‘konten marketing’ dengan ‘content marketing‘ dalam waktu 30 hari terakhir.

Tool Content Marketing

Nah, selanjutnya akan muncul grafik yang menunjukkan bahwa keyword content marketing jauh lebih optimal dibandingkan konten marketing. Jadi, kita pun bisa menerapkannya pada konten yang akan kita buat.

BuzzSumo

BuzzSumo adalah alat yang membantu kita dalam menemukan konten-konten dengan performa yang baik, mulai dari topik, keyword, hingga pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pada mesin pencari dan media sosial. Alat ini tersedia dalam versi berbayar, namun tersedia free trial selama 7 hari.

Tool Content Marketing

Misalnya, kamu ingin menulis artikel tentang resep memasak cumi. Kamu dapat mengunjungi BuzzSumo.com dan menuliskan keyword ‘masak cumi’ pada kotak pencarian.

BuzzSumo

Selanjutnya, BuzzSumo akan merekomendasikan berbagai artikel dengan angka social share yang paling tinggi di berbagai platform media sosial. Melalui data ini, kita dapat melihat judul seperti apa yang bekerja dengan baik. Nah, kita pun dapat meniru dan memodifikasi judul tersebut, sehingga konten artikel yang kita tulis dapat bekerja dengan optimal juga.

Canva

Variasi adalah hal yang penting dalam strategi content marketing. Brand dan marketer harus mampu menciptakan konten yang menarik dengan format yang variatif, seperti desain gambar, video, infografis, dan lainya.

Nah, kamu dapat menggunakan Canva, sebuah tool desain grafis yang akan memudahkanmu dalam membuat materi kreatif secara online. Penggunaan Canva ini sangat praktis dan mudah.

Mereka menyediakan berbagai layout dan template yang dapat dimodifikasi, seperti postingan Facebook, Instagram Story, Youtube Thumbnail, dan lainnya. Nah, kamu bisa menggunakan Canva versi gratis loh! Kalau butuh fitur-fitur yang lebih canggih, kamu bisa update ke versi premium.

Unsplash

Unsplash

Dalam pembuatan visual konten yang menarik, kamu pasti membutuhkan stok foto yang bagus. Nah, kamu dapat mengeksplor Unsplash, sebuah situs penyedia jutaan foto dengan resolusi tinggi yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Kamu bisa menelusuri berbagai koleksi foto yang ada berdasarkan kategori yang diinginkan.

Hootsuite

Hootsuite adalah alat pengelolaan media sosial yang menghubungkanmu dengan berbagai platform, seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn, dan lainnya. Terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di Hootsuite, seperti :

  1. Fitur Publisher : menjadwalkan postingan konten di berbagai media sosial
  2. Fitur Streams : memantau semua aktivitas yang terdapat dalam akun, seperti mention, komentar, dan lainnya
  3. Fitur Inbox : memonitor dan membalas pesan yang masuk
  4. Fitur Analytics : mengetahui berbagai data terkait akun media sosial, seperti data pertumbuhan jumlah follower Twitter atau daftar link yang pernah dibagikan di Twitter

Tool ini menawarkan 30 hari free trial dengan fitur terbatas dan kamu pun bisa upgrade ke versi berbayar jika membutuhkannya.

Mail Chimp

Jika kamu menerapkan strategi email marketing pada bisnismu, kamu akan membutuhkan Mail Chimp. Mail Chimp adalah tool content marketing yang menyediakan template email dan formulir pendaftaran yang dapat kita modifikasi sendiri.

Secara umum, tool ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan email marketing. Salah satunya adalah memungkinkanmu untuk mengirimkan email secara otomatis ke beberapa penerima dalam waktu yang bersamaan, seperti ucapan selamat ulang tahun, rekomendasi produk, notifikasi pembelian, dan lainnya.

Mail Chimp

Kamu dapat menggunakan tool ini secara gratis atau upgrade ke versi berbayar sesuai dengan kebutuhan bisnis.

HotJar

HotJar adalah tool analisis yang mengevaluasi kinerja situs web secara kualitatif. Alat ini dapat memberikan gambaran mengenai perilaku audiens atau pengunjung situs web, seperti jumlah klik, tindakan pengunjung, hingga rekaman aktivitas layar pengunjung.

Dengan begitu, kita dapat menilai mana laman yang paling banyak menarik minat audiens; jenis konten seperti apa yang perlu diperkuat atau ditingkatkan. Dengan kata lain, kita akan dapat menyelami konten lebih dalam lagi.

Tool Content Marketing

Tool ini menyediakan penawaran yang variatif, baik untuk pribadi, bisnis, hingga agensi.

SocialMention

SocialMention adalah alat untuk memonitor informasi apa pun yang kamu butuhkan di situs dan platform media sosial, termasuk konten atau mention terkait brand bisnismu.

Tool Content Marketing

SocialMention tidak hanya menampilkan daftar konten, tapi mereka juga menyediakan beragam data seputar hasil pencarian, seperti:

  1. Strength : tingkat popularitas
  2. Sentiment : perbandingan impresi positif dan negatif
  3. Passion : Jumlah frekuensi konten atau mention yang dibuat oleh satu akun
  4. Reach : jumlah user dibandingkan dengan total reach

Google Analytics

Google analytics adalah tool analisis web yang disediakan oleh Google secara gratis. Secara umum, tool ini digunakan untuk mengetahui trafik dan performa situs web. Terdapat berbagai data yang bisa dilihat melalui Google Analytics, seperti data demografi pengunjung, sumber trafik, konten populer, dan lainnya.

Tool Content Marketing

Analisis yang terdapat pada tool ini dapat dimanfaatkan oleh brand sebagai bahan untuk merencanakan konten yang lebih baik bagi audiens. Misalnya, konten apa yang perlu dioptimasi atau konten seperti apa yang menarik pengunjung.

Nah, dari kesepuluh tool content marketing di atas, adakah tool yang pernah kamu coba? Atau tool apa yang paling ingin kamu coba? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Yuk, diskusi dan chat Katarsa.id melalui Whatsapp di sini dan lihat layanan kami selengkapnya di sini.