Di tengah Pandemi COVID-19, penjualan secara digital semakin marak. Ada banyak platform yang telah menyediakan fitur-fitur untuk berjualan online. Salah satu media pemasaran yang tepat saat ini adalah Instagram. Kini, Instagram telah dilengkapi dengan fitur shopping, loh. Apa itu Instagram shopping dan bagaimana cara membuatnya? Simak di sini!

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Shopping? 

katarsa-cara-mengaktifkan-Instagram-Shopping

sumber: menabytes.com

Dengan 200 juta pengguna Instagram yang setidaknya mengunjungi satu profil bisnis setiap harinya, Instagram telah menjadi platform penting untuk penjualan. Berdasarkan beberapa riset, diketahui bahwa sekitar 70% pengguna Instagram menjelajahi profil bisnis untuk berbelanja dan berbagi informasi antarkerabat. 

Dahulu, Instagram hanya berfungsi untuk berbagi foto menarik. Namun, sejak 2017, Instagram telah memungkinkan para pebisnis mengubah profil mereka menjadi toko virtual. Dengan kata lain, para audiens Instagram kini bisa melihat, menyukai, dan mendapatkan barang yang mereka inginkan dengan proses yang mudah. 

Fitur Instagram Shopping juga akan memberikan wawasan seputar audiens atau konsumen bisnismu. Dari fitur tersebut, kamu akan mendapatkan informasi total konsumen yang klik daftar harga produk yang dijual dan total konsumen yang berbelanja. Hal ini tentunya akan meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kamu. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut langkah-langkah aktifkan IG Shopping yang telah Katarsa rangkum. 

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping 

katarsa-cara-aktifkan-instagram-shoppingsumber: Instagram @thisisapril_

Pastikan akun memenuhi persyaratan

Sebelum kamu mengaktifkan IG Shopping, pastikan Instagram-mu telah memenuhi kriteria. Ada tiga kriteria yang harus diperhatikan. Pertama, bisnis kamu memiliki produk yang memenuhi persyaratan fitur IG Shop. Kedua, ubah Instagram menjadi akun bisnis. Ketiga, koneksikan Instagram dan Facebook. Keempat, pastikan kamu menjual produk, bukan jasa. Kelima, hubungkan Instagram dengan katalog produk di Facebook atau website

Buatlah katalog produk

Buat dan unggah katalog produk. Setelah menambahkan katalog produk, kamu bisa menandai harga produk di posting-an dan Instastory Instagram. Kamu juga bisa mengaktifkan toko virtual di Facebook page. Untuk menambahkan nama produk di katalog, pastika nama yang diberikan lengkap dengan kegunaan produk sehingga audiens lebih memahami produk yang dijual, misalnya, “Baju Tidur Floral”. 

Submit akun untuk di-review oleh Instagram 

Setelah menyiapkan katalog dan memeriksa bahwa bisnis telah memenuhi persyaratan, kamu dapat kirim akun untuk di-review. Untuk melakukan hal tersebut, buka pengaturan Instagram kamu, klik bagian bisnis, lalu daftarkan Instagram Shopping (IG Shop), dan klik kirim. Review dan persetujuan memerlukan waktu beberapa hari. 

Aktifkan Instagram Shopping 

Setelah pengajuan diterima oleh Instagram, kamu akan melihat pilihan baru di bawah bagian pengaturan dan bisnis, yaitu fitur belanja atau shopping. Klik untuk aktifkan Instagram Shopping di aplikasi Instagram.

Siapkan postingan Instagram yang dapat dibeli 

Pertama, upload foto dalam akunmu. Lalu, klik tempat yang ingin kamu tag. Fitur IG shop membuatmu dapat menandai satu hingga lima produk per posting.

Mulailah mengetik nama produk yang ingin diberikan tag. Pastikan sesuai dengan nama di katalog produk. Kemudian, pilih produk. Untuk menjual produk terbaik, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut tiga cara meningkatkan penjualan melalui Instagram Shopping. 

3 Tips Menjual Produk di Instagram (IG)

Gunakan visual yang menarik 

Pastikan kamu menggunakan tampilan visual dengan warna yang menarik di IG bisnis. Selain itu, sebaiknya kamu juga menampilkan produk dengan jelas dan terfokus agar audiens memahami produk yang dijual.

Pastikan menggunakan hashtag

Menggunakan hashtag Instagram yang relevan dengan produk adalah strategi yang baik untuk berjualan di Instagram. Hastag dapat meningkatkan audiens menemukan hal yang mereka cari. Hashtag juga membantu profil Instagram lebih mudah ditemukan. 50% para pengguna Instagram menggunakan hashtag untuk menjelajahi hal yang ingin mereka lihat dan membeli produk yang diinginkan. 

Manfaatkan konten video

Belakangan ini, konten video lebih digandrungi para pengguna media sosial. Selain mudah diakses, video juga memberikan informasi yang lebih nyata dibandingkan foto. Para konsumen yang berbelanja di Instagram kini juga cenderung tertarik membeli produk yang dipasarkan dengan konten video.

Itulah cara mudah mengaktifkan IG Shop. Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan dan tips meningkatkan penjualan melalui IG Shop, ya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!