Belakangan ini, media sosial penuh dengan akun palsu. Jadi, perusahaan seperti Snapchat, Instagram, Twitter, dan Facebook mengizinkan akun tertentu untuk diverifikasi, sebagai cara untuk memberi sinyal bahwa akun tersebut benar-benar nyata. Kamu ingin verifikasi Facebook Page usahamu? Berikut langkah-langkah mudahnya!

Mendapatkan verifikasi dari media sosial memang tidak mudah. Salah satu media sosial yang menyediakan layanan verifikasi bagi penggunanya adalah Facebook. Centang biru digunakan oleh Facebook untuk menunjukkan bahwa perusahaan telah memverifikasi halaman atau orang yang menarik bagi publik.

Dengan verifikasi Facebook, page kamu tentunya dianggap sebagai akun asli dan terpercaya oleh audiens.

Ada banyak alasan mengapa bisnis, merek, dan figur publik ingin diverifikasi di Facebook. Pertama, prestise dan kredibilitas dapat terbangun. Jika memiliki tanda centang biru di samping nama page atau akun, audiens akan menyadari bahwa Facebook kamu telah melalui tahap verifikasi yang sulit. Dengan verifikasi Facebook, akun kamu akan lebih aman dari akun-akun yang sering meniru atau akun palsu.

Tanda centang biru biasanya disediakan untuk figur publik yang lebih besar dan perusahaan mapan, namun sekarang verifikasi tersebut telah meluas hingga bisnis-bisnis yang telah memenuhi persyaratan berhak mendapatkannya.

Bagaimana Cara Verifikasi Facebook Page?

1. Download Formulir Permintaan Verifikasi

katarsa-cara-verifikasi-fb

sumber: adespresso.com

Sebagai salah satu media digital marketing, Facebook menyediakan formulir permintaan verifikasi. Salah satu cara verifikasi Facebook Page, yaitu dengan mengirimkan formulir permohonan agar akunmu diverifikasi oleh Facebook. Kamu hanya perlu menyiapkan foto KTP atau ID untuk diverifikasi.

2. Pilih Jenis Verifikasi dan Akun: Cara verifikasi Facebook dengan Mudah

katarsa-cara-verifikasi-fb-page

sumber: adespresso.com

Pilih jenis verifikasi yang ingin kamu lakukan, lalu pilih akun pribadi atau halaman Facebook. Perhatikan bahwa kamu hanya dapat meminta verifikasi untuk satu akun per formulir.

3. Tentukan Kategori Akun

katarsa-kategori-akun-FB

sumber: adespresso.com

Memilih kategori akun dengan tepat adalah hal penting karena proses ini dapat membantu kamu menentukan verifikasi Facebook. Biasanya, Facebook akan mempertimbangkan apakah akun memiliki pengaruh positif dan tepat dalam industri kategori yang dipilih. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih, seperti media, olahraga, musik, games, dan masih banyak lagi.

4. Unggah Dokumen Identitas

katarsa-kelengkapan-akun

sumber: adespresso.com

Untuk memverifikasi halaman atau profil, Facebook menginginkan bukti yang nyata. Artinya, kamu perlu melampirkan gambar dokumen identitas. Jika akun mewakili individu, misalnya akun artis ternama di Indonesia, kamu perlu mengupload identitas resmi yang menunjukkan nama, tanggal, dan tempat lahir. SIM dan paspor juga diperlukan dalam tahap verifikasi.

Lain halnya dengan akun pribadi, jika yang ingin diverifikasi adalah akun bisnis, merek, atau organisasi, kamu harus memberikan dokumen yang menunjukkan bahwa kamu adalah pemilik bisnis tersebut. Dokumen-dokumen ini harus memiliki cap resmi atau tanda tangan dari organisasi. Selain itu, beberapa dokumen yang diperlukan adalah sertifikat bisnis, anggaran dasar, dokumen pembebasan pajak atau pajak milik organisasi.

5. Jelaskan Mengapa Facebook Page Ingin Diverifikasi

Proses ini adalah bagian terpenting dalam menerima verifikasi Facebook. Beberapa faktor pendorong mengapa orang-orang memverifikasi Facebook adalah supaya terhindar dari pemalsuan akun dan penindasan dari akun lain. Namun, kamu juga harus memikirkan alasan khusus mengapa Facebook Page atau akun ingin diverifikasi.

Salah satu alasan yang dapat kamu gunakan adalah berikut:
Facebook page ini adalah perusahaan atau waralaba dengan banyak cabang dan memverifikasi akun merek inti akan membantu pengguna mengenalinya sebagai pusat informasi.

Jelaskan secara spesifik tentang bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis dan pengguna Facebook. Ini akan mempermudah proses verifikasi.

6. Buat Daftar Akun Media Sosial Lainnya: Cara Verifikasi Facebook Page

Buatlah daftar akun media sosial yang menurutmu dapat membantu Facebook memverifikasi akun. Mungkin, kamu telah mendapat verifikasi di Twitter terlebih dahulu. Hal itu bisa kamu gunakan untuk bahan pertimbangan Facebook.

7. Kirim Formulir dan Tunggu Jawaban

Setelah mengirimkan permintaan verifikasi di Facebook, mereka tidak memiliki jangka waktu yang pasti. Kamu dapat memperoleh tanggapan dalam waktu 48 jam, 45 hari, atau lebih. Akun yang mewakili bisnis, perusahaan yang sangat besar mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena tim Facebook perlu meninjau dokumen pendukung secara manual untuk mengonfirmasi keasliannya.

Setelah disetujui atau ditolak, kamu akan mendapatkan peringatan melalui Facebook. Namun, jika benar-benar ditolak, kamu masih dapat mengajukan permohonan kembali dalam 30 hari.

Itulah beberapa cara verifikasi Facebook Page. Kamu punya pertanyaan lebih lanjut seputar digital marketing?

Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!