SEO dan SEM

Dalam Digital Marketing, terdapat dua upaya yang bisa dioptimalkan, yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Berdasarkan fungsi dan tujuannya, dua tugas tersebut memiliki perbedaan. Apa perbedaan SEO dan SEM? Simak di sini!

Optimasi mesin pencarian adalah strategi pemasaran yang kini marak dilakukan untuk menarik perhatian konsumen melalui website. Optimalisasi ini memerlukan beberapa ilmu yang berkaitan dengan teknologi. Ilmu-ilmu tersebut adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). 

SEO dan SEM sering ditemukan di dunia Digital Marketing. SEO dan SEM bertujuan meningkatkan traffic dalam promosi dan penjualan produk ataupun jasa. Berikut informasi lebih lengkap terkait SEO dan SEM yang telah Katarsa rangkum. 

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)? 

Katarsa-digital-marketing-seo

SEO atau pengoptimalan mesin telusur adalah bagian dari optimasi mesin pencarian dengan teknik organik (natural) untuk mendapatkan peringkat nomor satu di pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) Google. SEO dilakukan secara organik atau tanpa membayar dan mengeluarkan budget. Seorang praktisi SEO menggunakan beberapa teknik. Biasanya, mereka menargetkan keyword yang berkaitan dengan produk atau jasa yang mereka jual. 

Ada beberapa teknik yang mereka gunakan. Berikut beberapa di antaranya: 

On-page SEO 

Melakukan optimasi dengan mencari keyword yang sesuai dengan target konsumen dan diterapkan di dalam website. Pembuatan konten adalah salah satu teknik yang dilakukan dalam on-page SEO. Optimasi on-page membantu bisnis kamu ada di pencarian pertama Google. 

Teknikal SEO 

Teknik ini lebih berkaitan dengan backend sebuah website. Strategi ini terkait dengan tingkat kecepatan website, kesesuaian untuk seluler, pengindeksan, hingga struktur website. SEO teknis meningkatkan audiens dan bot,untuk crawl website yang membuat ranking situs semakin meningkat. 

Off-page SEO 

SEO offpage membangun reputasi website dan autoritas situs dengan mengkoneksikannya ke website lain yang berkualitas tinggi. Teknik SEO off-page meliputi link building. Ketika banyak website mengarah ke brand atau bisnis kamu, mesin pencarian tentunya akan menganggap bisnis kamu memiliki reputasi yang baik. Hal ini tentunya akan membantu kamu meningkatkan ranking di SERP. 

Baca Juga : Elemen Penting SEO Copywriting untuk Pemasaran Melalui Website

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)? 

Strategi pemasaran ini juga kerap disebut dengan paid search atau pay-per-click (PPC). Strategi ini umumnya menggunakan Google Ads. Dengan teknik ini, mereka melakukan penelitian kata kunci dan membuat campaign dengan cara menargetkan kata kunci terbaik untuk bisnis dan produk yang ditawarkan. Saat audiens mencari kata kunci tersebut, mereka akan melihat iklan khusus di bagian atas atau di bawah SERP. Teknik SEM dikenakan biaya setiap kali pengguna mengklik iklan. Hasil SEM akan lebih cepat terlihat dibandingkan SEO. 

SEO dan SEM: Apa Perbedaannya?

SEO dan SEM bertujuan untuk membantu bisnis kamu berada di pencarian nomor satu Google. Selain itu, dua teknik ini bertujuan untuk meningkatkan traffic website dengan menargetkan keyword-keyword spesifik yang sesuai dengan target audiens. 

Meskipun demikian, ada beberapa perbedaan dari kedua teknik ini. Penempatan SEM di search engine disertai oleh sebutan “Ad”, sedangkan SEO muncul di posisi pertama dengan natural. Hasil pencarian SEM terdiri atas ekstensi iklan. Sementara itu, hasil pencarian SEO dapat muncul di fitur snippet atau cuplikan unggulan SERP. Dari segi waktu yang dibutuhkan, SEO membutuhkan waktu yang lama dibandingkan SEM, sekitar tiga bulan setelah dioptimasi. Sedangkan hasil SEM bisa terlihat lebih cepat dari SEO.

Baca Juga : Teknik Dasar SEO untuk Pemula

Itulah perbedaan SEO dan SEM. Jika kamu ingin meningkatkan traffic website dan meningkatkan penjualan dengan cepat, sebaiknya kamu menggunakan teknik SEM. Namun, jika bisnismu ingin tampil di posisi pertama dengan budget yang minim, sebaiknya kamu menggunakan SEO. 

Kamu punya pertanyaan lebih lanjut seputar digital marketing untuk berbagai platform digital bagi business Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan kami, katarsa.id. Dengan pengalaman dan para tenaga ahli di bidang SEO dan SEM, kami dengan senang hati akan membantu segala kebutuhan optimasi platform digital Anda.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG