Industri digital marketing di Indonesia memang sedang berkembang. Salah satu bagian dari strategi digital marketing adalah video content marketing. Berikut ini lima referensi video content marketing inspiratif Indonesia. 

Tak dapat dipungkiri, kini kehadiran content marketing sangat berpengaruh di dunia bisnis. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi. Ada banyak jenis content marketing, salah satunya dapat diproduksi melalui video. Belakangan ini, video content marketing lebih disukai para konsumen bisnis. Video content marketing dinilai lebih mudah diakses, menampilkan produk secara riil, dan inspiratif. 

Google, salah satu search engine result page (SERP) terkemuka juga mengungkapkan bahwa penciptaan konten video untuk pemasaran adalah cara cerdas bagi pebisnis yang ingin melakukan pemasaran di era digital. Video content marketing juga tak jarang mendapatkan peringkat tinggi. 

Video marketing membuat audiens video tersebut dapat melakukan tindakan pembelian dan berubah menjadi konsumen. Di Indonesia, strategi video content marketing kini telah merambah ke YouTube dan aplikasi streaming video. Hal itu membuat banyak video marketing yang kreatif dan menarik. Berikut ini beberapa video content marketing yang dapat menginspirasi kamu.

5 Video Content Marketing Inspiratif Indonesia

 

1. Apa Sih yang Nggak Bisa? (Sasa Tepung Bumbu)

Menonjol dengan ide animasi bergaya anime, video content marketing Sasa Tepung Bumbu ini menjawab segala keterbatasan di tengah pandemi. Pembatasan wilayah dan anjuran untuk menjaga jarak tak menyurutkan semangat untuk memproduksi video content marketing. Video ini dirilis di YouTube pada tanggal 24 April 2020 dan berhasil mencapai dua juta penonton. 

Sasa sebagai merek bumbu penyedap rasa yang telah terkenal di Indonesia mengajak masyarakat beraktivitas dan menjalani hidup sehat untuk meraih mimpi dalam keadaan apapun. Oleh karena itu, campaign dari video content marketing ini adalah #ApaSihYangNggakBisa.

 

2. Rayakan Hari Ibu dengan #SambutHarapan (Shopee)

Untuk menyambut Hari Ibu di tengah pandemi, Shopee Indonesia membuat video content marketing yang inspiratif berjudul “Rayakan Hari Ibu dengan #SambutHarapan”. Konten ini diproduksi dengan animasi. 

Video content marketing ini menceritakan kisah perempuan yang hamil di masa pandemi dan krisis ekonomi. Hal itu membuatnya takut untuk mengungkapkan kehamilannya kepada sang suami. Namun, bersama kotak Shopee perempuan ini melihat kebahagiaan di masa depan sehingga campaign video marketing ini adalah #SambutHarapan.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page Marketing

3. Bittersweet by Najla

Strategi marketing Bittersweet by Najla, dessert box ini memang terbilang unik. Selain memproduksi konten foto yang menarik, produk lokal asli Indonesia ini juga telah memasuki ranah video content marketing. Salah satu video content marketing-nya, yaitu ASMR, Autonomous Sensory Meridian Response atau biasa disebut head tingles. Arti dari ASMR adalah kepala yang tergelitik atau kesemutan. 

Bittersweet by Najla menampilkan video marketing di Instagram yang memuat proses pembuatan dessert box dengan ASMR. Video content marketing ini terbilang inspiratif dan dapat dijadikan contoh jika bisnismu menjual produk makanan.

4. Geprek Bensu

Baca Juga: Mau Tingkatkan Penjualan? Yuk, Aktifkan Instagram Shopping!

Geprek Bensu adalah bisnis ayam geprek yang dimiliki oleh Ruben Onsu. Bisnis geprek bensu ini mulai merambah video content marketing di Instagram dengan bentuk review rasa makanan dan jenis produk baru dalam bisnisnya. Ide video content marketing ini bisa dilakukan untuk bisnis makanan atau minuman yang memerlukan review dari konsumen yang mengonsumsinya. 

5. Sociolla 

Sociolla adalah platform e-commerce produk kecantikan di Indonesia. Brand lokal ini juga telah memproduksi video pemasaran yang inspiratif dengan melakukan tutorial produk kosmetik yang dijualnya. Konten pemasaran berbasis video ini bisa kamu lihat pada YouTube channel mereka. 

Itulah lima video content marketing yang menarik dan dapat dijadikan inspirasi. Jika ingin membuat video content marketing, namun memiliki keterbatasan waktu, kamu bisa memilih digital marketing agency terbaik untuk membantu mengembangkan bisnismu. 

Yuk, hubungi Katarsa melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG