Pemasaran bisnis adalah salah satu faktor yang menentukan perkembangan usaha, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Namun, perlukah UMKM mengembangkan bisnis dengan digital marketing? Simak di sini!

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang kerap disebut dengan UMKM memiliki pengaruh krusial terhadap perekonomian Indonesia. UMKM berperan besar dalam perekonomian jika mempunyai tim pemasaran yang tepat. Salah satu cara pemasaran UMKm yang tepat adalah dengan merambah ke pemasaran digital atau digital marketing.

Berdasarkan data Retail Dive, diketahui bahwa 87% pembeli akan mencari produk online. Hal ini juga didukung dengan semakin berkembangnya teknologi.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya UMKM menerapkan digital marketing sebagai strategi pemasaran bisnis.

5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM

katarsa-cara-pemasaran-digital-umkm

Sumber: Freepik.com

1, Meningkatkan angka penjualan

Jumlah pengguna internet di tahun 2020 meningkat menjadi 196,7 juta jiwa berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Internet cenderung banyak digunakan untuk mengakses media sosial.

Baca Juga: Social Media vs Website: Manakah yang Terbaik untuk UMKM?

Aplikasi media sosial tersedia mulai dari pesan instan hingga situs jejaring sosial membuat para penggunanya dapat berinteraksi dan berkomunikasi. Media sosial mampu membantu bisnis kamu menyebarkan informasi tentang produk yang kamu tawarkan. Hal itu tentunya dapat meningkatkan angka penjualan bisnismu.

2. Lebih mudah mendatangkan calon pelanggan

Zaman dahulu, mencari informasi tentang produk atau bisnis UMKM tidaklah mudah. Namun, kini seiring berkembangnya teknologi, informasi tentang bisnis bisa didapatkan dari media sosial. Cukup dengan ponsel, para pelanggan dapat mencari tahu informasi bisnismu. Oleh karena itu, digital marketing perlu digunakan oleh UMKM untuk memudahkan calon pelanggan mengetahui produk atau layanan bisnismu.

3. Promosi dari berbagai channel 

Dengan menggunakan digital marketing, bisnis kamu akan dipasarkan di berbagai channel. Artinya, brand awareness bisnismu akan dikenal di YouTube, Instagram, Twitter, dan Facebook. Hal itu membuat bisnis dan penjualan produk kamu meningkat pesat.

Baca Juga: Katarsa: Dukung UMKM Go Digital lewat Edukasi Content 

4. Mampu menganalisis kompetitor

Kompetitor bisnis tentunya terus bermunculan. Dengan pemasaran digital, kamu bisa menganalisis dan berinovatif untuk memenangkan persaingan bisnis. Cara yang dapat kamu lakukan setelah menganalisis kompetitor adalah menciptakan ketertarikan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

5. Return on investment (ROI) lebih terukur

Bagi pelaku bisnis maupun UMKM, penghitungan ROI sangat diperlukan, terutama untuk mengukur modal usaha, profit, dan pengeluaran keuangan bisnis. Dengan digital marketing, kamu dapat menentukan ROI kamu sendiri. Matriks yang harus ada dalam penentuan ROI digital marketing adalah profit, prospek dan buyer, data, awareness, dan traffic.

Baca Juga: Cara Membuat Landing Page Marketing yang Efektif

Itulah pentingnya digital marketing bagi UMKM. Pastikan bisnismu sudah mempunyai plan sebelum memilih menggunakan digital marketing agar pengeluaran dan profit lebih terarah.

Kamu ingin memasarkan produk bisnismu, namun masih bingung untuk memulainya?

Yuk, konsultasikan bisnismu dengan Katarsa melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG