Content adalah bagian penting untuk para pebisnis, bahkan untuk sebuah brand. Content marketing menawarkan solusi pemasaran dengan harga yang lebih terjangkau dan efektif. Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis membutuhkan content marketing. 


Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang kerap digunakan para pebisnis. Dilansir dari Marketing Craft, konten marketing diproduksi dengan tujuan mengurangi banner blindness atau momen saat pengunjung website tak mengacuhkan informasi yang terlihat sebagai banner semata. 

Berdasarkan data dari OneSpot, 54% pengguna internet tidak mengklik banner ads yang muncul dan 70% pengguna internet lebih memilih mencari tahu dan mempelajari informasi produk melalui konten. Dengan demikian, secara singkat dapat dikatakan bahwa content marketing dapat membantumu mengembangkan bisnis. 

Selain itu, ada beberapa manfaat content marketing lainnya yang telah Katarsa rangkum. Yuk, simak di sini!

5 Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

katarsa-manfaat-konten-marketing1. Hemat biaya

Melaksanakan sebuah campaign pemasaran untuk mencapai objektif tertentu tak akan sulit bagi perusahaan atau brand ternama. Namun, lain halnya dengan bisnis rintisan atau para UMKM yang belum memiliki pemasukan yang stabil. Content marketing bisa menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis kecil untuk mempromosikan bisnisnya. 

Lain halnya dengan iklan-iklan yang ada di televisi maupun billboard, konten marketing menawarkan harga yang lebih terjangkau. Range produksi content marketing pada umumnya berada di kisaran 50 ribu hingga 250 ribu per konten. Hal itu bisa diukur berdasarkan jenis konten, audiens, dan jumlah karakter konten. 

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

2. Brand voice 

Selain dapat diproduksi dengan harga yang terjangkau, content marketing juga bisa menjadi brand voice atau sarana yang menyuarakan pesan bisnismu. Misalnya, kamu membuka bisnis makanan yang sebagian dari profitnya disumbangkan kepada orang-orang kurang mampu. 

Tanpa content marketing, calon konsumenmu tidak akan mengetahui misi sosial dari bisnis yang kamu jalankan. Oleh karena itu, kamu bisa menjalankan content marketing untuk memberikan informasi detail tentang bisnis yang kamu jalankan. Hal tersebut juga bermanfaat dalam tahap brand awareness dalam funnel marketing.

3. Meningkatkan engagement terhadap calon konsumen 

Dalam pembuatan content marketing, usahakan kamu mengetahui permasalahan calon konsumenmu. Setelah memahami kebutuhan yang mereka inginkan, kamu bisa menulis konten yang sesuai dengan permasalahan hingga memberikan solusi yang sejalan dengan bisnismu. Saat membuat konten, kamu juga bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan target konsumen. Misalnya, bisnismu menjual produk olahraga, kamu bisa membuat konten marketing tentang bahaya yang akan terjadi jika kamu tidak berolahraga. Dalam konten tersebut, kamu bisa melakukan soft selling dengan memperkenalkan barang-barang olahraga yang kamu jual. 

Baca Juga: 10 Istilah Digital Marketing yang Wajib Dipahami

4. Membangun trust calon konsumen 

Jika bisnismu mempunyai visi, misi, dan tujuan yang jelas, calon konsumen tentunya akan yakin untuk membeli produkmu. Visi, misi, dan tujuan bisnis yang jelas bisa kamu bangun dengan narasi dalam konten marketing.

5. Berjalan beriringan dengan SEO untuk tingkatkan traffic dan penjualan

Content marketing umumnya bekerja sama dengan Search Engine Optimisation (SEO) untuk meningkatkan traffic website dan conversions bisnis. Hal itu dilakukan dengan membuat konten yang sesuai dengan target keyword. Untuk meningkatkan traffic dan penjualan, kamu bisa mencoba memproduksi SEO content. 

Itulah lima alasan mengapa bisnismu memerlukan content marketing. Sebelum memproduksi konten, pastikan kamu sudah mengetahui objektif campaign dan target konsumen bisnismu.

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

 

Exit mobile version