Kendala yang paling banyak dihadapi oleh para marketer atau pebisnis adalah saat melakukan pengolahan data. Berikut ini cara menganalisis data digital marketing untuk tingkatkan pertumbuhan bisnis. 

Data adalah bagian terpenting jika bisnis memilih digital marketing. Memang benar bahwa pemasaran digital dapat meminimalisir budget jika dibandingkan dengan offline marketing. Namun, hal itu bergantung pada ketepatan hasil analisis. Jika ada tahapan analisis yang terlewati atau salah, bisnismu justru bisa mengeluarkan budget yang lebih besar. 

Baca Juga: Perlukan Digital Marketing untuk Bisnis?

Untuk meningkatkan performa bisnis, berikut beberapa cara menganalisis data digital marketing yang perlu kamu ketahui. 

Cara Analisis Data Digital Marketing

Katarsa-data-digital

1. Pahami masalah yang ingin dipecahkan 

Sebelum menganalisis data, pastikan kamu menemukan masalahnya atau hal yang ingin kamu analisis. Misalnya, kamu adalah pemilik bisnis yang ingin melihat data penjualan berdasarkan conversions website. Dengan mengetahui tujuan analisis, kamu bisa mengumpulkan data-data yang diperlukan. 

2. Pastikan sasaran bisnis sesuai dengan data

Setelah menentukan tujuan dan memahami masalah yang ingin diselesaikan, kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Analisis data yang kamu miliki berdasarkan tujuan dan objektif bisnismu. Tetapkan goals yang ingin kamu capai saat menganalisis data. 

3. Kumpulkan data yang akurat 

Kumpulkan data-data yang akurat dan berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Jika kamu ingin melihat data penjualan, kini Google Analytics telah menyediakan metriks tersebut. Kamu bisa melihat dan mengekspor data dari Google Analytics. 

Baca Juga: Inilah Alasan Konten Marketing Mampu Mengembangkan Bisnismu

4. Lakukan perubahan menjadi lebih baik

Untuk mencapai tujuan, kamu harus memutuskan hal yang perlu diubah dan di-improve. Tahapan ini memerlukan hipotesis berdasarkan analisis data digital marketing. Lakukanlah pengujian A/B testing. Lakukan pula perubahan sesuai dengan referensi para pakar yang sudah berpengalaman.

5. Perbanyak eksperimen

Lakukanlah eksperimen sebanyak mungkin. Dari praktik yang baik, kamu akan mengetahui konsep dan strategi yang cocok untuk bisnismu dan dapat berpengaruh besar terhadap penjualan bisnismu. 

Itulah lima cara menganalisis data digital marketing. Pastikan kamu telah melakukan tahapannya dengan tepat. 

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG