Blog untuk menjalankan bisnis kini marak digunakan di Indonesia sebagai salah satu strategi digital marketing. Namun, apa saja manfaat blog bagi para pebisnis UMKM dan perusahaan rintisan? Simak lengkapnya bersama Katarsa!

Di tengah maraknya kasus COVID-19, para pebisnis offline mulai beralih merambah ke bisnis online. Hal itu tentu dilakukan karena adanya pembatasan interaksi dan pembatasan waktu untuk membuka usaha. Salah satu strategi yang mulai digunakan oleh para pebisnis adalah dengan menggunakan blog bisnis. Selain membuat website, blog bisnis juga bisa membantu usahamu agar lebih dikenal oleh calon konsumen. 

Umumnya, blog bisnis dikerjakan dengan strategi penulisan Search Engine Optimisation (SEO). Artinya, tulisan dalam blog bisnis akan lebih terarah dengan adanya keyword. 

Bagi sebagian pemilik bisnis, membuat blog adalah pekerjaan yang rumit. Ada banyak hal yang perlu dipelajari dan diterapkan. Tak hanya itu, menggunakan blog sebagai strategi pemasaran juga membuatmu perlu memproduksi tulisan yang menarik. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat blog bisnis bagi UMKM dan Perusahaan rintisan. 

5 Manfaat Blog bagi Bisnis UMKM dan Perusahaan Rintisan

Katarsa-blog-bisnis

1. Meningkatkan Trafik Website 

Blog dapat meningkatkan trafik website sehingga dapat meningkatkan target calon konsumen. Bisnis yang memiliki blog rata-rata mengalami peningkatan pengunjung website hingga 50%. Blog bisnis juga dapat membuat website-mu lebih mudah terindeks oleh Google. Karena itu, blog bisnis dapat meningkatkan trafik website. 

2. Menargetkan Calon Konsumen Potensial 

Para calon konsumen cenderung menyukai bisnis yang menjual produknya secara soft-selling. Hal itu disebabkan konsumen tidak suka dengan paksaan. Untuk memasarkan bisnis dengan pemasaran halus, kamu bisa membuat konten yang bermanfaat. Misalnya, blog tentang edukasi produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnismu. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Domain Authority Website 

3. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Mengukur reputasi bisnis merupakan hal yang tak terbilang mudah. Selain itu, membuat blog dalam website bisnis juga dapat meningkatkan brand awareness atau tingkat kesadaran calon konsumen terhadap bisnismu. Melalui blog, kamu bisa menyusun visi dan misi bisnis hingga tujuan penciptaan bisnismu. 

4. Meningkatkan Jumlah Lead

Blog bisnis tak hanya dapat mendatangkan trafik, namun juga meningkatkan lead atau prospek ketertarikan calon konsumen terhadap produkmu. Hal ini bisa dilihat dari tindakan-tindakan yang dilakukan calon konsumen dalam website-mu. 

Baca Juga: Datangkan Banyak User ke Aplikasi dengan Google Universal App Campaign

5. Investasi Jangka Panjang

Blog bisnis merupakan investasi jangka panjang. Hal itu disebabkan efek dari pembuatan blog baru dapat terasa setelah satu atau dua bulan produksi konten. Pasalnya, Google memerlukan waktu untuk mengindeks konten yang kamu ciptakan. Pembuatan konten tersebut tentu dapat menjadi investasi jangka panjang dan website bisnismu akan tetap exist di pencarian Google setelah beberapa tahun pembuatan konten.

Itulah lima manfaat blog bisnis bagi UMKM dan perusahaan rintisan. Mulai tertarik untuk menggunakan blog sebagai salah satu pemasaran digital? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG