Ingin memulai bisnis? Pastikan kamu sudah memahami semua istilah dalam dunia bisnis. Selain itu, pastikan pula kamu telah mengetahui strategi sales funnel untuk kembangkan bisnismu.

Punya bisnis yang mulai merambah ke dunia digital dan bisnis tersebut belum berkembang pesat adalah tantangan tersendiri. Bisa jadi, terhambatnya bisnismu disebabkan oleh adanya kesalahan dalam sales funnel.

Apa Itu Sales Funnel?

Sales funnel adalah tahap atau journey calon konsumen terhadap bisnis yang kamu tawarkan. Tahap ini dimulai dari mengenal produk, pertimbangan, hingga keputusan membeli atau tidak. Dengan menggunakan sales funnel, kamu bisa mengetahui proses konsumenmu tertarik terhadap produk.

Setelah memahami proses pembelian pelanggan tersebut, kamu bisa mengetahui tahap mana yang sudah optimal bagi bisnismu.

Pentingkah Sales Funnel bagi Bisnis?

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari situs https://www.marketingsherpa.com/, diketahui bahwa sales funnel bisa menunjukkan 50% pelanggan potensial. Sisanya, pebisnis perlu mendorong dengan strategi tertentu agar produk terjual dengan baik. Meskipun demikian, sales funnel ini tentunya akan sangat membantu saat pebisnis memulai penjualan online. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Digital Marketing Terbaik

Tahap-tahap Sales Funnel 

sales-funnel

Awareness

Tahap pertama pada sales funnel adalah awareness. Pada tahap ini, pelanggan mulai menyadari adanya brand atau produk bisnis kamu, baik melalui Google maupun media sosial. Jadi, kamu perlu membuat website dan media sosial yang baik untuk bisnismu. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Domain Authority Website 

Interest 

Pada tahap ini calon pelanggan mulai tertarik dengan produk bisnismu. Pada tahap ini biasanya calon pelanggan mulai mencari tahu produk secara spesifik.

Decision 

Tahap ini adalah saat pelanggan potensial sudah siap melakukan pembelian. Para calon pelanggan sudah menemukan informasi dan produk yang mereka butuhkan. Di tahap ini, kamu bisa membuat diskon atau penawaran menarik lainnya.

Action 

Memasuki tahap action, pelanggan akhirnya melakukan pembelian. Pada tahap ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar pelanggan dapat melakukan pembelian dengan cepat dan mudah. Misalnya, dengan copywriting menarik dan call to action (CTA) yang bisa mengantarkan calon pelanggan untuk membeli produk bisnismu. 

Itulah tahap sales funnel yang bisa kamu praktikkan dalam pengembangan bisnis. Tertarik untuk memasarkan produk secara digital?

Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG