Membuat konten di media sosial bukanlah perkara yang mudah karena setiap bisnis mempunyai strategi masing-masing untuk menjadi yang terbaik di platform media sosialnya. Seiring berjalannya waktu, kini media sosial menjadi platform yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis, baik itu untuk meningkatkan awareness, menjangkau audiens yang lebih luas lagi, dan mendapatkan calon pelanggan.

Hal tersebut akhirnya berimplikasi pada kualitas konten yang harus dijaga terus-menerus agar mempunyai performa yang baik, karena setiap konten juga membutuhkan waktu yang tepat untuk diunggah. Maka dari itu, inilah pentingnya untuk membuat penjadwalan konten melalui social media planner sebagai berikut:

1. Google Calendar

Google mempunyai fitur yang dikenal dengan Google Calendar. Kamu bisa menjadwalkan konten sesuai dengan waktu yang ditentukan, setelah itu Google Calendar akan mengingatkan kamu di email berdasarkan jadwal yang telah kamu tentukan.

Social Media Planner

Ketika kamu sudah masuk ke dalam Google Calendar, pilih tanggal yang sesuai dengan keinginan, lalu buatlah judul konten yang ingin kamu posting di tanggal tersebut. Namun sayangnya Google Calendar ini hanya sebagai pengingat saja dan tidak bisa secara otomatis memposting konten yang sudah kamu jadwalkan.

2. Facebook Business Planner

Kedua adalah Facebook Business Planner yang dimiliki oleh Meta Business. Produk dari Meta ini berfungsi untuk menjadwalkan konten yang ada di Facebook dan Instagram, baik untuk feed, story, atau bahkan untuk melakukan iklan boost.

Untuk menggunakan tools ini, kamu harus masuk ke Meta Business Suite melalui akun Facebook kamu, klik bagian kiri dari dashboard, dan temukan bagian Planner. Setelah itu, kamu bisa memilih penjadwalan konten di waktu yang kamu inginkan. Namun sayangnya, fitur ini tidak bisa menjadwalkan konten untuk tanggal yang lampau (backdate).

Baca Juga: Cara Optimalkan Jumlah Share Konten Media Sosial dengan Mudah

3. Facebook Creator Studio

Selain Facebook Business Planner, Meta juga mempunyai fitur social media planner yaitu, Facebook Creator Studio. Fitur ini lebih lengkap daripada Facebook Business Planner karena kamu bisa melakukan penjadwalan konten secara bebas, baik  konten video, foto, iklan, live video, get shop visit, check in, dan lain-lain di halaman Facebook dan Instagram yang kamu miliki.

Sebelum mengunggah konten, kamu bisa memilih informasi baru untuk diposting. Selain itu, tools ini bisa memposting konten untuk masa yang lampau dengan cara memilih share backdate.

Baca Juga: Perlukah Membuat Content Calendar Media Sosial untuk Bisnismu?

4. Simplified

Selain Google dan Facebook, ada juga social media plannerr lainnya yang bisa digunakan untuk menjadwalkan konten, yaitu Simplified. Kamu bisa menjadwalkan konten di platform Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Youtube, Google My Business, LinkedIn, Tik Tok.

Di Simplified, kamu bisa menjadwalkan konten di media sosial mana pun. Namun untuk menggunakan situs ini harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan koneksi dengan akun media sosial yang kamu miliki dan lakukan penjadwalan konten.

5. Buffer

Terakhir adalah Buffer. Situs ini bisa digunakan untuk social media planner di platform TikTok, Google Business, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest. Namun, sebelum semua itu dilakukan, kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Setelah membuat akun dan memilih media sosial mana yang ingin kamu gunakan untuk melakukan penjadwalan, Buffer akan memberikan instruksi agar melakukan koneksi dengan media sosial yang kamu miliki. Ketika semuanya sudah diselesaikan, kamu bisa menjadwalkan konten sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Baca Juga: 7 Tips Desain Media Sosial agar Bisnis Makin Eksis

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version