Instagram adalah media sosial yang sudah digunakan oleh banyak orang. Berdasarkan data We Are Social pada April 2022, Indonesia memiliki 99,9 juta pengguna aktif bulanan Instagram. Tak hanya digunakan untuk berbisnis, memiliki jumlah followers yang banyak adalah hal yang paling dibanggakan oleh kebanyakan orang. Namun tidak jarang juga, beberapa pengguna Instagram masih menggunakan cara membeli followers demi meningkatkan kredibilitas akunnya. Padahal ada beberapa cara lain untuk meningkatkan followers, mari simak penjelasan berikut ini:

1. Buatlah Konten Evergreen

Dikutip dari laman Semrush, konten evergreen adalah konten yang selalu diminati oleh audiens terlepas dari apapun jenis kontennya dan kapan pun waktu saat konten tersebut diunggah.

Konten seperti ini bisa dikonsumsi kapan pun dan tak lekang oleh waktu. Konten evergreen biasanya berupa tips dan trik, pemecahan masalah, testimoni, motivasi, tutorial, dan sejenisnya. Informasi yang terkandung dalam konten evergreen selalu segar bagi audiens yang ingin menjawab pertanyaan atau mempelajari lebih lanjut.

2. Pelajari Algoritma Instagram

Instagram mempunyai algoritma tersendiri untuk memilih konten yang layak agar selalu ditampilkan ke banyak pengguna. Menurut laman Hootsuite, algoritma Instagram adalah seperangkat aturan untuk memutuskan apakah konten itu layak ditampilkan kepada orang yang tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar setiap konten bisa menyesuaikan dengan algoritma Instagram:

2.1. Relationship

Instagram akan mengukur hubungan antara pembuat konten dan audiens berdasarkan aktivitas follow, pesan, dan komentar yang disampaikan oleh audiens di akun Instagram yang membuat konten. Melalui hal itu, algoritma Instagram akan membuat audiens melihat konten yang sejenis.

Misalnya jika kamu mengikuti akun Instagram A yang mempunyai topik tentang desain grafis, dan kamu sering menyukai postingan, atau bahkan pernah berkomentar di akun tersebut, maka Instagram akan memperlihatkan konten yang sejenis kepada kamu dari akun Instagram B atau C di waktu yang berbeda.

2.2. Interest

Instagram akan mengukur interest berdasarkan ketertarikan kamu terhadap jenis konten tertentu. Jadi, jika kamu tertarik terhadap konten tentang digital marketing, maka jenis konten tersebut lah yang akan sering muncul di Instagram kamu.

Berikut ini adalah cara agar kamu memastikan apakah konten kamu bisa menyesuaikan dengan interest yang diciptakan oleh algoritma Instagram:

2.2.1. Perhatikan Kualitas Konten dan Cara Menyampaikan

Jika ada konten yang datang dari akun lain tetapi bidang bisnisnya sama dengan akun Instagram kamu, dan konten tersebut mendapatkan peminat yang luar biasa, maka kamu harus memperhatikan cara akun tersebut menyampaikan pesan kepada audiens.

2.2.2. Lakukan Riset Sederhana

Kamu bisa melakukan riset dengan cara apa pun, misalnya tanyakan kepada teman-teman kamu mengenai konten apa yang mereka sukai, atau konten yang seperti apa yang membuat mereka memfollow akun tersebut.

2.3. Relevansi

Selain relationship dan interest, algoritma Instagram juga akan mengukur seberapa relevan konten kamu dengan kebutuhan audiens. Hal itu bisa diukur dari bagaimana konten tersebut mengikuti tren dan apakah konten tersebut lebih baik daripada konten yang sebelumnya, serta dilihat juga dari ketepatan waktu saat konten tersebut diunggah.

Baca Juga: 7 Step Mengoptimalkan Instagram Bisnismu

3. Maksimalkan Hashtag

Hashtag bertujuan mempermudah pengguna media sosial untuk menemukan apa yang sedang mereka cari. Ketika kamu menggunakan hashtag pada Instagram, kamu berpotensi untuk meningkatkan jangkauan, impresi, performa engagement pada postingan yang telah kamu buat sehingga konten tersebut berpotensi untuk menambah followers.

Menentukan hashtag di Instagram tentunya tidak bisa asal-asalan. Riset adalah hal yang paling penting untuk menentukan hashtag supaya bisa dijadikan senjata yang sangat efektif untuk menambahkan followers di Instagram kamu. Maka dari itu, jika kamu ingin mengetahui tools riset hashtag apa saja yang bisa kamu gunakan, silahkan baca di sini. 

Baca Juga: Instagram Reels vs Tiktok: Manakah yang Terbaik untuk Marketing Bisnis?

4. Perhatikan Waktu Posting

Menurut laman Sprout Social pada tahun 2022 ini waktu yang dianggap optimal untuk melakukan posting ada di hari Senin pukul 11.00 siang, Selasa dan Rabu dari pukul 10.00 pagi hingga 13.00 siang, Kamis dan Jumat pukul 10.00  pagi dan 11.00 siang.  Hari yang dianggap efektif untuk memposting di Instagram adalah Selasa dan Rabu,  hari yang kurang efektif ada di hari Minggu. Jadi, buatlah konten di waktu yang tepat supaya konten kamu bisa menambah followers di akun Instagram kamu.

5. Ikuti Tren

Instagram selalu mempunyai tren pada waktu tertentu, bisa berupa meme, sound reels, dan lain sebagainya. Tren tersebut bisa kamu optimalkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi, meningkatkan engagement, dan bisa juga untuk menambah followers di akun Instagram kamu.

Baca Juga: 7 Langkah Mengiklankan Produk di Instagram Ads

6. Melakukan Iklan 

Cara lain untuk menambahkan followers Instagram adalah dengan melakukan iklan. Hal itu bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan Facebook Boost dan Facebook Ads Manager. Kedua cara tersebut bisa kamu maksimalkan untuk menambahkan followers di Instagram. Jika kamu ingin mengetahui caranya, langsung saja baca di sini.

7. Membuat Giveaway

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat giveaway. Menurut laman Hubspot ada 4 cara untuk melakukan giveaway, di antaranya:

  • Berdasarkan Jumlah Like: Meminta pengikut untuk menyukai postingan kamu untuk mendapatkan kesempatan untuk memenangkan giveaway.
  • Menandai Teman: Meminta pengikut menandai salah satu teman mereka di bagian komentar untuk mendapatkan kemenangan.
  • Berdasarkan Jumlah Like dan Share: Meminta pengikut untuk menyukai postingan giveaway dan memposting ulang di akun Instagram mereka masing-masing. Hal ini akan sangat efektif untuk menambah followers jika para pengikut mempunyai followers yang banyak juga.
  • Mengajak Follow: Mengajak audiens secara langsung untuk melakukan follow di akun Instagram kamu. Ini adalah taktik yang populer karena merupakan cara mudah untuk menambah followers di Instagram kamu.

Itu lah ketujuh cara untuk menambah followers di Instagram. Mulai saat ini kamu tidak perlu susah payah untuk membeli followers, karena ada banyak cara yang bisa kamu optimalkan untuk menambah followers di akun Instagram kamu. Selamat mencoba.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG