Memiliki customer yang terus bertambah merupakan suatu kebanggan bagi setiap bisnis. Meningkatnya jumlah customer akan berpengaruh terhadap peningkatan omzet bisnis. Namun, pencapaian besar bagi setiap bisnis bukan hanya itu saja, bisnis juga harus bisa membuat customernya menjadi loyal.

Sejak era digital mengubah semua cara berbisnis, setiap bisnis saling berlomba dalam membangun customer loyalty. Ketatnya persaingan antar bisnis tersebut juga akhirnya membuat customer semakin bebas untuk melakukan transaksi kepada siapa pun. Maka dari itu, ada strategi yang harus kamu pahami supaya bisnis bisa meningkatkan customer loyalty.

Apa itu Customer Loyalty?

Dilansir dari Hubspot, customer loyalty adalah kesediaan pelanggan untuk berulang kali kembali ke bisnis untuk melakukan transaksi. Hal ini terjadi karena pengalaman menyenangkan yang dialami oleh pelanggan dengan bisnis tertentu.

Membangun customer loyalty tidaklah mudah karena customer akan loyal apabila mereka mendapatkan pengalaman yang positif, merasakan kepuasan, dan mendapatkan benefit dari produk atau jasa yang ditawarkan. Ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk membangun customer loyalty.

Baca Juga: 5 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Menarik dan Lebih Menjual

Strategi dalam Membangun Customer Loyalty

Ada beberapa strategi yang harus kamu ketahui dalam membangun customer loyalty, di antaranya:

Fokus pada Customer Feedback

Menurut Tidio, salah satu cara untuk mengetahui apakah pelanggan memiliki potensi untuk loyal adalah dengan mengukur customer feedback melalui survei. Cara tersebut dinilai sangat baik untuk mengetahui pengalaman yang saat ini dialami oleh customer.

Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan wawancara telepon mengenai pelayanan yang telah dialami oleh customer. Setelah hal tersebut dilakukan, kamu bisa mendapatkan data untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis kamu.

Memberikan Benefit yang Lebih Baik dari Kompetitor

Ketika bisnis kamu sudah mempunyai banyak kompetitor, cobalah untuk mengamati kompetitor dalam memberikan benefit tertentu kepada customer.

Setelah mengamati, lakukanlah percobaan untuk menawarkan benefit yang berbeda dari kompetitor. Misalnya, beli 2 gratis 1 dan kupon diskon 30% untuk belanja di bulan yang akan datang. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dalam memberikan benefit yang lebih baik dari kompetitor sehingga bisa membangun customer loyalty.

Baca Juga: Tips & Trik B2B Content Marketing untuk Kembangkan Bisnismu

Membangun Komunitas

Menurut Hubspot, forum komunitas akan mendorong pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain tentang berbagai topik, seperti memecahkan masalah produk atau menceritakan kembali pengalaman layanan. Bahkan jika ada feedback negatif, kamu akan dimudahkan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikannya.

Forum komunitas juga dapat menguntungkan bisnis kamu misalnya, pelanggan dapat mengajukan ide dan saling mendukung satu sama lain. Ide tersebut bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Terus Mengembangkan Bisnis dari Waktu ke Waktu

Kondisi pasar dan keinginan pelanggan akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Hal itu bisa diupayakan dengan penelitian dan mengikuti perkembangan industri di bidang bisnis kamu. Bisnis juga harus selalu melakukan inovasi setiap tahunnya dan menawarkan pilihan terbaru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Apabila hal tersebut kamu lakukan, pelanggan pun akan terus meningkatkan kepercayaan mereka karena mengetahui bahwa perusahaan tidak stagnan. Pada akhirnya, loyalitas pelanggan juga akan terus meningkat karena mereka akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Baca Juga: Cara Tingkatkan Bisnis dengan Copywriting Marketing

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG