Mengembangkan konten di Instagram tak cukup hanya dengan visual yang menarik. Terdapat berbagai faktor pendukung yang bisa dioptimalkan untuk menunjang performa konten, salah satunya adalah waktu posting. Lantas seperti apa rekomendasi jadwal posting Instagram di tahun 2023 ini? Simak informasinya melalui artikel berikut ini.

Menurut The Ad Review, ada beberapa rekomendasi jadwal posting yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

Pada Pukul 10.00-13.00 

Pukul 10 pagi hingga 1 siang merupakan saat di mana banyak orang sedang beristirahat dan makan siang. Pada waktu tersebut, biasanya orang-orang yang sedang istirahat dan makan siang di tempat kerja atau sekolah, mereka akan menggunakan handphone untuk bermain Instagram.

Pada Pukul 16.00-18.00

Waktu kedua yang dianggap optimal untuk menghasilkan engagement adalah pukul 16.00 hingga 18.00. Pada waktu tersebut biasanya orang-orang sedang sedang terjebak dalam lalu lintas yang padat atau beberapa orang sudah berada di rumahnya sehingga mereka akhirnya membuka aplikasi Instagram.

Pada Pukul 20.00-23.00

Pukul 20.00-23.00 adalah saat Instagram banyak digunakan oleh audiens karena umumnya orang-orang sedang beristirahat sehingga mereka melakukan aktivitas di Instagram sampai mereka tertidur. Hal tersebut bisa kamu optimalkan juga untuk mengunggah konten di Instagram.

Baca Juga: 7 Cara Menambah Followers Instagram

Hari yang Optimal untuk Mengunggah Konten Instagram

Dilansir dari Rankvise, hari yang dianggap optimal untuk mengunggah konten Instagram adalah hari Senin, Selasa, dan Rabu. Hal tersebut dikarenakan pada hari itu audiens mempunyai aktivitas yang padat sehingga mereka menggunakan Instagram untuk menghilangkan kejenuhannya.

Hari yang Kurang Optimal untuk Mengunggah Konten Instagram 

Sementara itu, hari yang dianggap kurang optimal untuk mengunggah konten ada di hari Sabtu karena pada hari Jumat biasanya orang langsung bergegas keluar lebih awal atau lembur di tempat kerja. Pada hari Sabtu, mereka memiliki waktu istirahat dan mungkin ingin mengejar aktivitas akhir pekan mereka. Selain itu, hari Sabtu juga merupakan hari untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Baca Juga: 7 Step Mengoptimalkan Instagram Bisnismu

Tips Lainnya untuk Menyesuaikan Konten dengan Jadwal Posting Instagram

Selain memperhatikan jadwal posting, ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu lakukan di antaranya:

Melakukan Pemeriksaan Konten

Selain harus memperhatikan jadwal posting, kamu juga perlu memeriksa konten dengan performa yang lebih unggul. Ketika kamu membuat konten pasti ada tujuan yang ingin dicapai, bisa berupa awareness saja atau sampai ke engagement. Setelah itu, lakukan pemeriksaan terhadap konten mana yang telah mencapai salah satu dari kedua tujuan tersebut.

Baca Juga: Tetap Nyentik dengan Konten Organik di Instagram 

Lakukan Secara Konsisten dalam Jangka yang Panjang

Kamu juga bisa mengunggah konten secara konsisten dalam jangka waktu yang panjang. Setelah melakukan hal tersebut, konten yang berhasil akan terlihat dari performanya yang membuat audiens tertarik dengan brand yang kamu promosikan di media sosial.

Audiens akan menikmati konten kamu dan berpotensi untuk melakukan engagement. Mempertahankan konten yang mempunyai performa bagus di Instagram membantu membangun kredibilitas, kepercayaan, dan hubungan yang lebih bermakna dengan audiens. Pada akhirnya, hal itu akan membuat algoritma Instagram akan membantu setiap konten yang telah kamu unggah untuk disebarkan kepada audiens lainnya.

Baca Juga: Gunakan 5 Tools Riset Hashtag ini untuk Mendatangkan Pengunjung di Instagram

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG