Sejak kemunculannya pada tahun 2016, TikTok kini menjelma menjadi media sosial yang semakin diminati di seluruh dunia. Di setiap tahunnya juga, fitur-fitur terbaru dari TikTok selalu memikat content creator untuk memperoleh keuntungan dari konten yang dibuat, baik itu dari TikTok Live, TikTok Shop, dan fitur lainnya.

Namun dibalik keuntungan yang diperoleh tersebut, terdapat faktor pendukung lainnya yang bisa dioptimalkan untuk menjadi penunjang konten, salah satunya jadwal posting.

Lantas, seperti apa rekomendasi jadwal posting TikTok di tahun 2023 ini? Simak informasinya melalui artikel berikut ini.

Waktu Optimal untuk Mengunggah Konten TikTok

Berdasarkan eksperimen dan analisis dari Hootsuite terhadap 30.000 postingan, ada beberapa rekomendasi waktu posting di TikTok, yaitu:

Hari Senin Pukul 22.00 

Waktu optimal untuk mengunggah konten TikTok ada di hari Senin pukul 22:00. Hal ini dikarenakan kemungkinan sebagian besar pengguna TikTok ingin mengakhiri hari Senin mereka dengan bersantai dan menikmati hiburan ringan di malam hari.

Hari Selasa Pukul 06.00-09.00

Selain itu, waktu yang dianggap optimal untuk mengunggah konten di TikTok pada hari Selasa adalah pukul 09.00. Hal itu dikarenakan tingkat engagement tampaknya lebih kuat di pagi hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 09.00.

Hari Rabu Pukul 07.00 

Waktu ini sering dianggap yang paling optimal karena kemungkinan besar orang-orang di pagi hari sedang melakukan persiapan untuk bekerja, sekolah, dan lain sebagainya. Maka dari itu, dalam persiapan tersebut biasanya orang-orang melihat TikTok untuk mengawali harinya.

Baca Juga: Tiktok Ads: Cara Tingkatkan Bisnis dengan Digital Marketing Masa Kini

Hari Kamis Pukul 07.00

Hootsuite juga mengatakan bahwa hari Kamis pukul 07.00 dianggap optimal untuk mengunggah konten di TikTok karena pada waktu ini merupakan hari terbaik untuk meningkatkan engagement di TikTok.

Hari Jumat Pukul 15.00

Sementara itu, pada hari Jumat pukul 15:00 juga dinilai sebagai waktu yang optimal untuk mengunggah konten di TikTok karena engagement akan konsisten setelah makan siang sampai dengan pukul 15.00.

Baca Juga: TikTok Shop: Berbisnis dan Berjualan Online dengan Live Streaming

Hari Sabtu Pukul 11.00

Pada hari Sabtu, waktu yang paling optimal untuk mengunggah konten TikTok ada di pukul 11.00. Hal itu dikarenakan sebagian orang sedang menikmati istirahat di akhir pekan sehingga mereka melakukan beberapa aktivitas di akun TikToknya.

Hari Minggu Pukul 16.00

Waktu yang dianggap optimal pada hari Minggu untuk mengunggah konten di TikTok ada di pukul 16:00. Hal tersebut dikarenakan sebagian orang telah menghabiskan aktivitas liburannya bersama dengan teman-teman atau keluarganya, sehingga mereka akhirnya menggunakan handphonenya untuk melihat aktivitas di TikTok.

Tips Lainnya untuk Menyesuaikan Konten dengan Jadwal Posting TikTok

Selain harus menyesuaikan dengan jadwal posting TikTok, ada tips lainnya yang bisa dioptimalkan:

Melakukan Review terhadap Performa Konten

Untuk mengetahui konten dengan performa yang lebih unggul, kamu dapat melakukan review postingan secara berkala. Analisis video TikTok adalah sumber informasi untuk mengetahui data pada konten yang telah diunggah. Analisis tersebut dapat dilihat dari waktu pemutaran total, waktu menonton rata-rata, menonton video secara utuh, dan data mengenai hasil pengikut baru.

Data lainnya yang dapat di-review adalah dengan melihat umur, jenis kelamin, dan kota dari audiens yang melakukan view di akun TikTok kamu. Dari data tersebut, kamu bisa membuat konten berdasarkan performa video yang lebih unggul.

Melihat Strategi Pesaing

Temukan akun TikTok yang memiliki bidang bisnis yang sama dengan bisnis kamu. Setelah itu, perhatikan video mana yang paling populer dan lihat juga strategi komunikasinya. Apabila kamu sudah menemukan konten yang memiliki performa baik telah diunggah pada hari tertentu oleh pesaing bisnismu, maka kamu bisa mencoba untuk melakukannya juga pada hari yang sama.

Baca Juga: Rekomendasi Jadwal Posting Instagram di Tahun 2023

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version