Content digital tentunya sangat beragam. Sebelum menggunakan jasa Content Writer dalam bisnismu sebaiknya pahami dahulu jenis-jenis content digital di sini!

Content Writer adalah penulis profesional yang memproduksi content digital maupun konten yang siap cetak, baik di majalah maupun billboard. Selain menulis, Content Writer juga bertanggung jawab memastikan tulisan berkesinambungan dengan judul konten. Content Writer pun harus membuat tulisan yang menarik perhatian audiens dan tidak membosankan.

Di media online atau platform digital, konten digital sangat beragam. Ada beberapa jenis content digital yang terbagi sesuai dengan tujuannya.

Berikut beberapa jenis content digital yang bisa kamu sesuaikan untuk bisnismu.

5 Jenis Content Digital yang Cocok untuk Bisnismu

Katarsa-content-digital

1. SEO Content Digital

Salah satu jenis content digital adalah tulisan SEO. Seorang Content Writer dalam bidang ini menulis konten dengan tujuan meningkatkan traffic website. Umumnya, mereka menulis berdasarkan konten atau kata kunci yang telah disarankan seorang SEO Specialist.

SEO Content berguna untuk sebuah bisnis agar website dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Hal itu tentu akan membuat link lebih banyak dibuka oleh para visitor website. 

Baca Juga: Tips dan Trik B2B Content Marketing

2. Generalist Content 

Dalam bidang ini, biasanya Content Writer menulis topik-topik yang luas dalam jumlah yang banyak. Umumnya, mereka akan menulis konten dengan tujuan brand awareness. Meskipun menulis tanpa tema atau gaya tulisan yang khusus, writer generalist tetap harus mengikuti kaidah-kaidah bahasa dan bertanggung jawab atas konten yang diciptakan.

3. Jurnalistik 

Tulisan jurnalistik tak hanya membuat dan menciptakan tulisan dalam bentuk berita formal, namun juga dapat menulis informasi lainnya, seperti review tempat makan maupun entertainment dengan tujuan menghibur. Jenis konten digital ini biasanya digunakan oleh para pekerja di portal berita atau media online. 

Baca Juga: Video Content Marketing

4. Content Digital Media Sosial 

Konten-konten yang seru dan interaktif dalam Instagram diciptakan oleh seorang Social Media Specialist, namun tak jarang seorang Content Writer juga menciptakan konten di media sosial. Lain halnya dengan content digital yang ada di website, content social media harus lebih catchy, simple, dan interaktif.

5. Technical 

Technical writer memiliki keahlian yang tinggi dalam menulis tata cara penggunaan produk. Selain itu, tulisan teknikal biasanya juga menerjemahkan guide produk dari bahasa Asing ke dalam bahasa Indonesia.

Itulah lima jenis content digital yang dapat disesuaikan dengan bisnismu. Sebelum memilih salah satu di antaranya, pastikan jenis content tersebut sesuai dengan target audiens bisnis kamu, ya!

Punya pertanyaan lain terkait digital marketing?

Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG