Digital marketing kini dapat dipelajari oleh siapa saja, termasuk para pebisnis. Untuk mempelajarinya, kamu bisa mengakses beragam media, salah satunya melalui buku. Yuk, simak rekomendasi buku digital marketing di sini!

Saat ini, pemasaran digital dapat membantu meningkatkan pendapatan bisnis. Tak hanya karena kecanggihan teknologi, situasi pandemi seperti saat ini juga mendukung bisnis untuk memasarkan produk secara digital. 

Digital marketing dapat dipelajari oleh siapa pun, tak hanya Digital Marketer. Jika kamu seorang pebisnis pemula, tak ada salahnya untuk mempelajari dunia digital marketing lebih mendalam. Ilmu digital marketing harus terus diasah karena akan berubah seiring dengan kemajuan teknologi. 

Jika kamu memilih digital marketing sebagai salah satu strategi bisnis, kamu perlu mempelajari seluk beluk dunia marketing secara digital. Berikut ini tujuh rekomendasi buku digital marketing yang bisa kamu pelajari agar penjualan bisnismu meningkat.

5 Rekomendasi Buku Digital Marketing Terbaik

1. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital

ITEBA-rekomendasi-buku

Buku pemasaran digital ini adalah karya dari Philip Kotler dan dua bapak marketing Indonesia, yaitu Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Buku Marketing 4.0 membahas perubahan strategi dan cara marketing dari tradisional ke digital. Tak hanya itu, dalam buku ini juga dijelaskan prospek kerja di dunia digital marketing beberapa tahun mendatang. Buku ini juga akan membimbingmu memahami perilaku konsumen dan cara meningkatkan pendapatan dengan meraih lebih banyak klien bisnis. 

2. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing

ITEBA-buku-digital-marketing

Digital marketing memerlukan percobaan berulang kali atau yang dikenal dengan A/B testing. Oleh karena itu, strategi yang tepat dan berdampak panjang sangat diperlukan dalam pemasaran digital. 

Baca Juga: Jenis-jenis Content Digital untuk Bisnismu

Buku Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing yang ditulis oleh Simon Kingsnorth bisa digunakan sebagai panduan memulai digital marketing. Kamu akan mengenal berbagai strategi untuk mengelola channel digital marketing. Pada dasarnya, digital marketing dapat disimpulkan dalam tiga konsep, yaitu perencanaan, integrasi, dan terukur. 

3. The Age of Influence
ITEBA-the-age-of-influence

Neal Schaffer melalui bukunya berjudul The Age of Influence mendalami pengaru pemasaran digital. Namun, tentunya pengaruh digital marketing berbeda dengan pemasaran tradisional. Influence atau pengaruh pemasaran digital di internet jauh lebih personal dibandingkan pemasaran tradisional. Buku ini juga cocok jika kamu ingin mulai mempelajari pemasaran digital dengan bantuan influencer.

4. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice

ITEBA-digital-marketing

Buku Digital Marketing ini ditulis oleh Dave Chaffey serta Fiona Ellis-Chadwick. Mereka menjelaskan elemen-elemen dalam digital marketing, mulai dari internet, media digital, atau teknologi marketing yang berkaitan dengan pemasaran digital dimuat dalam buku ini. 

Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice juga menjelaskan bahwa digital marketing membutuhkan perencanaan yang matang. Buku ini juga tentunya di-update setiap tahun mengikuti perkembangan marketing. 

Baca Juga: Pentingnya Konten Digital dalam Bisnis

5. Digital Marketing for Dummies

Serial buku For Dummies telah mengusung topik yang menarik, salah satunya terkait digital marketing. Buku Digital Marketing for Dummies ditulis oleh Ryan Deiss dan Russ Henneberry. Buku ini berisi rangkuman konsep dasar digital marketing. Digital Marketing for Dummies akan memperkenalkan kamu pada pola pikir pelanggan, cara menciptakan campaign marketing, dan contoh tawaran yang menarik perhatian calon pembeli. 

Buku ini juga membahas content marketing, blog untuk bisnis, dan ide konten. Tak hanya itu buku pemasaran digital ini juga memberikan cara mendatangkan traffic tinggi ke website dengan beragam metode. Jadi, buku ini cocok untuk para pebisnis pemula yang ingin mulai memasarkan produk secara digital. 

Itulah beberapa rekomendasi buku digital marketing yang bisa kamu gunakan sebagai referensi belajar pemasaran digital. Sebelum merambah ke dunia pemasaran digital, pastikan kamu sudah menguasai dasar-dasar digital marketing dengan membaca minimal salah satu dari buku-buku tersebut.

Kamu punya pertanyaan lainnya seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency melalui Whatsapp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG