Lokal Search Engine Optimisation (SEO) adalah teknik pemasaran digital agar visibilitas website bisnis meningkat dalam pencarian lokasi terdekat. Bagaimana cara mengaktifkan lokal SEO? Simak di sini!

Search Engine Optimisation adalah teknik mengoptimalkan website di search engine results page (SERP). Salah satu teknik SEO yang sering digunakan oleh bisnis UMKM adalah lokal SEO. 

Baca Juga: 10 Istilah Digital Marketing yang Wajib Diketahui

Lokal SEO menjadi salah satu teknik pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website dalam pencarian di lokasi terdekat. Misalnya, beberapa audience melakukan pencarian dengan keyword “tempat makan terdekat” atau “penginapan terdekat”. Dengan lokal SEO, website-mu bisa muncul di posisi pertama SERP. 

Bagaimana cara menjalankan lokal SEO? Simak beberapa tips yang telah Katarsa rangkum. 

Cara Melakukan Lokal SEO pada Bisnis UMKM

Katarsa-lokal-SEO

1. Buatlah Google My Business

Pada dasarnya, lokal SEO dapat diterapkan di berbagai platform. Namun, Google My Business adalah bagian yang paling sering digunakan dalam lokal SEO. Di Indonesia, sekitar 90% pengguna internet mengandalkan Google untuk mencari alamat atau bahkan tempat makan di sekitar lokasinya. Oleh karena itu, membuat Google My Business menjadi langkah pertama untuk menjalankan lokal SEO. 

Berdasarkan informasi dalam Google, ada beberapa informasi yang perlu kamu lengkapi agar bisnis lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal. Misalnya, lokasi, nomor telepon, kategori, atribut atau jenis barang atau jasa yang ditawarkan bisnismu, jam operasional, dan foto. 

2. Meningkatkan Peringkat Website dengan Riset Keyword

Keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh user untuk mencari apa yang mereka inginkan. Untuk mengidentifikasi keyword, kamu bisa menggunakan beberapa SEO tools salah satunya adalah Google Trends. Selain menunjukkan keyword yang sedang tren, tools ini juga dapat menampilkan kumpulan keyword terkait. Misalnya, kamu mencari kata kunci “restoran Sunda”, maka akan muncul beberapa kata kunci terkait. 

Baca Juga: Perlukan Digital Marketing untuk Bisnis?

3. Mulai Jalankan On-page SEO

On-page SEO adalah teknik pengoptimalan yang dilakukan pada website-mu sendiri. Jadi, kamu perlu menilik lebih lanjut terkait bentuk konten, struktur website, dan pastikan meta tag serta meta description terpenuhi. Hal itu bertujuan untuk memudahkan user dan bot Google membaca konten dalam website-mu. 

4. Membangun Link yang Natural 

Untuk meningkatkan authority website, kamu perlu membangun link yang baik. Link yang baik dapat diperoleh dari press release atau tulisan yang dibuat oleh media lain. Hal itu bisa kamu peroleh dengan partnership media. 

Baca Juga: Inilah Alasan Konten Marketing Mampu Mengembangkan Bisnismu

5. NAP Citations

Kutipan biodata bisnis di internet disebut sebagai NAP citations. Format dasar NAP citations adalah nama, alamat, dan nomor telepon. NAP citations penting karena menjadi salah satu faktor yang bisa membuat bisnismu relevan dengan pencarian lokal. Semakin sering biodata muncul di internet, maka bisnismu semakin dikenal. Kamu bisa memulai NAP citations di website maupun Google My Business dengan menjelaskan tujuan bisnismu. 

Itulah cara mudah menjalankan lokal SEO. Jika kamu pemula, tak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung dengan digital agency yang lebih berpengalaman. 

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG