Media sosial kini semakin berkembang, kemunculan TikTok telah menggeser popularitas konten foto menjadi video. Hal itu membuat Instagram mengembangkan fitur Reels dalam platform-nya. Di antara Reels dan Tiktok, manakah yang terbaik untuk marketing bisnis?

TikTok adalah media sosial berbasis video yang mulai tenar sejak adanya imbauan untuk tetap di rumah saja saat pandemi. Di media sosial tersebut banyak konten-konten viral, mulai dari konten menghibur hingga konten informatif. Sejak kemunculannya, TikTok agaknya berhasil menggeser popularitas Instagram. Namun, media sosial yang telah menjadi bagian dari Facebook ini tak mengalah begitu saja. 

Di tahun 2021, Instagram mengeluarkan fitur baru yang bernama Reels. Hampir mirip dengan TikTok yang berisi konten video, Instagram Reels tak jarang dibanding-bandingkan dengan TikTok. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Domain Authority Website 

Di antara TikTok dan Reels, manakah yang terbaik untuk mempromosikan bisnismu? Simak lengkapnya di sini!

TikTok vs Reels untuk Marketing

1. Algoritma yang Berbeda

Algoritma Instagram Reels dan TikTok tentu berbeda. Jika dilihat dari kontennya, Instagram Reels lebih terlihat sebagai kumpulan konten yang tak terbatas dan kurang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sementara itu, konten-konten dalam for your page (FYP) TikTok lebih spesifik dan umumnya berdasarkan pada interaksi penggunam seperti jenis video yang mereka sukai, comment, atau mereka bagikan. 

2. Durasi Video yang Berbeda

Jika dilihat dari panjang durasinya, TikTok tetap lebih unggul, yaitu dengan durasi 60 detik. Sementara itu, durasi Instagram Reels berada di angka 30 detik. Hal itu membuat TikTok masih menjadi media yang baik untuk pemasaran bisnis.

Baca Juga: Datangkan Banyak User ke Aplikasi dengan Google Universal App Campaign

3. Fitur Editing TikTok dan Instagram 

Filter di TikTok jauh lebih banyak dari Instagram Reels. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa di fitur Instagram Reels akan ditambah filter dan fitur editing yang lebih menarik. 

4. Jenis Konten

Jika dilihat dari kebanyakan konten di Instagram Reels, konten-kontennya cenderung lebih estetik dibandingkan TikTok. Selain itu, konten dalam Instagram Reels lebih minim interaksi dan suara. Lain halnya dengan Reels, konten-konten dalam TikTok justru lebih interaktif. 

5. Analitik Data 

TikTok bisa membuatmu mengetahui analitik data dengan berlangganan fitur TikTok pro. Sementara itu, Instagram Reels belum menyediakan data analitik khusus untuk fitur tersebut. 

Itulah lima perbedaan TikTok dan Instagram Reels. Jadi, platform terbaik untuk marketing bisnis bergantung pada sasaran market, hingga tujuan bisnis.

Tertarik untuk memasarkan produk secara digital?

Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG