Company profile dapat dibuat dalam beberapa bentuk dan cara. Berikut ini jenis-jenis company profile dan cara membuatnya. 

Company profile (comprof) dapat diciptakan perusahaan dalam berbagai bentuk. Comprof terdiri atas beberapa jenis, yaitu dalam jenis website, cetak, maupun video. Apa perbedaannya? Yuk, simak lengkapnya bersama Katarsa! 

4 Jenis Company Profile Perusahaan

1. Website Company Profile 

Internet dan kemajuan teknologi membuat bisnismu dapat melampaui jarak dan menarget market bisnis yang lebih luas. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan menciptakan jenis company profile yang dimuat dalam website. 

Company profile jenis ini bisa dilihat di mana saja dan kapan saja. Jenis company profile ini bisa diliat contohnya dari website e-commerce dan website portal komunitas. Website company profile yang baik dilengkapi oleh Content Management System dan Rseponsive Web Design yang bagus dan menarik sehingga website dapat diakses di mana saja.

2. Jenis Company Profile Interaktif 

Company profile jenis ini biasanya dilengkapi suara, foto, video, dan animasi yang memberikan calon klien pengalaman menyenangkan selama mencari tahu informasi tentang profil perusahaan.  Company profile perusahaan berbentuk interaktif lebih menkankan aktivitas atau tindakan yang dilakukan calon klien. Company profile ini biasanya dapat dilihat dalam bentuk aplikasi.

Baca Juga: Perlukan Digital Marketing untuk Bisnis?

3. Company Profile Cetak 

Jenis company profile ini paling umum digunakan. Pasalnya, company profile ini terbilang mudah diciptakan dan mempermudah presentasi di depan klien. Dalam company profile jenis cetak ini akan dimuat informasi terkait visi dan misi perusahaan serta aktivitas lengkap yang telah dilakukan perusahaan. Namun, kekurangan jenis company profile ini adalah membutuhkan budget yang cukup mahal. 

4. Company Profile Video

Company profile ini bisa dilihat pada YouTube atau dibawa saat presentasi ke hadapan klien. Jenis company profile ini mengutamakan animasi, warna, dan suara karena terbilang lebih visual. Meskipun demikian, jenis company profile ini hanya dapat dilihat oleh kalangan terbatas. 

Baca Juga: Inilah Alasan Konten Marketing Mampu Mengembangkan Bisnismu

Bagaimana Cara Membuat Company Profile?

Untuk sebuah bisnis atau perusahaan, ada beberapa materi yang perlu disediakan dalam company profile. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Informasi dasar bisnis yang memuat nama legal perusahaan, seperti PT atau CV, tanggal dan tahun pendirian perusahaan, alamat kantor, nomor telepon, alamat website (URL), alamat email, dan akun media sosial 
  • Profil perusahaan, seperti latar belakang pendirian hingga visi dan misi
  • Pencapaian perusahaan, seperti penghargaan yang pernah diperoleh atau review dari klien sebelumnya 
  • Sesuaikan gaya bahasa company profile dengan calon klien atau target market

Itulah jenis-jenis company profile perusahaan dan cara membuatnya. Kamu ingin menciptakan company profile, tapi masih bingung caranya? 

Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG