Sekarang untuk memperkenalkan bisnis, strategi pemasaran digital menggunakan content marketing menjadi cara paling ampuh untuk mendongkrak pemasaran. 

Seberapa efektif content marketing untuk pertumbuhan bisnis?

Menurut data dari Statistia (2020) digital marketing ungkap bahwa content marketing meningkatkan efektivitas sebesar 17,4%, social marketing 17,4 %, sedangkan SEO sebanyak 3%. Data ini dikumpulkan dari marketers seluruh dunia, lho. 

Maka enggak heran deh, kalau banyak pebisnis akhirnya berlomba-lomba menghasilkan content marketing untuk memperkenalkan dan menjual bisnis atau jasanya. 

Nah, tapi sebetulnya apa ya kegunaan content marketing ini? Yuk, simak artikel ini agar Anda semakin menguasai digital marketing.

Baca Juga: Iniliah Alasan Content Marketing Penting Untuk Mengembangkan Bisnismu

1.Meningkatkan Brand Awareness

Awareness merupakan tingkat pengetahuan seseorang terhadap sebuah brand mulai dari logo, produk, hingga tagline. 

Semakin tinggi awareness seseorang terhadap sebuah brand, maka semakin mudah pula pebisnis dapat berkomunikasi secara efektif dengan audiensnya.

Dan untuk meningkatkan brand awareness tersebut, pebisnis sebaiknya dapat secara menyajikan konten yang berkualitas secara konsisten.

Maka dari itu, konten marketing memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan brand awareness.

Lewat content marketing kita bisa mengedukasi produk, layanan, dan value sehingga mereka tidak ragu untuk menggunakan produk atau layanan.

2.Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Membuat konten yang konsisten dan sering berinteraksi dengan followers dapat meningkatkan rasa kepercayaan dari mereka.

Semakin banyak mereka menerima konten berkualitas dan mengalami interaksi yang positif dengan Anda maka semakin meningkat pula reputasi bisnis Anda. 

Jika audiens sudah mengenal sebuah brand dengan sangat baik, mereka tidak akan ragu untuk menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Persona Audiens Untuk Content Marketing

3.Meningkatkan Visibilitas dengan SEO Konten

Semakin konsisten Anda mempublikasikan konten artikel yang berkualitas maka semakin tinggi visibilitas brand Anda di mesin pencari Google.

4.Menghasilkan Konversi

Konsumen zaman sekarang semakin cerdas, mereka kini lebih memahami mengenai keaslian sebuah konten.

Inilah mengapa pentingnya membuat konten berdasarkan penelitian atau data yang kredibel dari sumber terpercaya.

Semakin banyak informasi berkualitas yang mereka dapatkan dari sebuah konten maka, semakin tinggi pula rasa kepercayaan untuk melakukan pembelian ataupun konversi lainnya.

Tentunya, jangan lupa arahkan mereka untuk segera melakukan transaksi dengan menyertakan Call To Action (CTA) didalam konten yang Anda buat.

5.Meningkatkan Retensi

Konten yang berkualitas merupakan aset jangka panjang yang sangat penting untuk sebuah brand. 

Hal ini dapat meningkatkan pengalam positif bagi konsumen sehingga dapat mendorong mereka untuk kembali menggunakan produk atau jasa sebuah brand.

Baca Juga: Inilah 5 Video Content Marketing Inspiratif di Indonesia

Ingin memulai strategi kampanye Influencer marketing Anda? Atau ada pertanyaan seputar digital marketing secara keseluruhan? Anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp dan juga melihat layanan kami disini.