Salah satu strategi B2B adalah menciptakan konten menarik. Berikut ini tips & trik B2B content marketing yang harus kamu pelajari. 

Business to Business (B2B) adalah penjualan produk atau jasa yang diberikan sebuah bisnis kepada bisnis lainnya. Salah satu strategi marketing yang umumnya dilakukan oleh bisnis B2B adalah konten pemasaran. B2B content marketing tentunya lebih menantang dibandingkan jenis konten B2C. Hal itu disebabkan B2B content marketing harus menawarkan produk atau jasa kepada bisnis lain yang memiliki skala lebih besar. 

Sebelum mempelajari B2B content marketing lebih jauh, pahami dahulu apa yang dimaksud dengan konten Business to Business. 

 

Apa Itu B2B Content Marketing?

 

katarsa-B2B-content-marketing-terbaik

Sumber: Envato.com

B2B content marketing adalah seni menggunakan konten untuk memperluas audiens bisnis, memperkuat dan mengembangkan brand awareness, dan mendorong penjualan dengan menarik bisnis lain. 

Strategi pemasaran ini digunakan secara eksklusif oleh bisnis untuk bisnis. Jadi, konten yang dibuat tidak tertuju pada konsumen pada umumnya. 

 

Apa Perbedaan B2B dan B2C Content Marketing?

 

B2B content marketing tentunya berbeda dengan B2C. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan bahasa, istilah, dan target audiens. Dalam strategi content marketing untuk B2B, bahasa yang digunakan lebih straightforward dan mudah dipahami klien. Sementara itu, bisnis B2C lebih kreatif, informatif, dan mudah dipahami calon konsumen. 

Baca Juga: Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari dalam Menulis Artikel Blog

Bisnis ranah B2B harus membuat klien yakin terhadap bisnis yang ditawarkan. Untuk bisnis B2C, konten yang diciptakan lebih menuju ke arah price-oriented dan edukasi calon pembeli. Proses pembelian dalam bisnis B2B terjadi karena pendekatan rasional yang bersifat logis. Sementara itu, bisnis B2C dituntut oleh keinginan, kebutuhan, dan biaya yang ditawarkan. 

 

Cara Membuat B2B Content Marketing yang Menarik

 

Katarsa-cara-membuat-B2B-content

Sumber: Envato.com

 

1. Identifikasi Audiens yang Ideal

Sebelum memberikan konten menarik kepada audiens, kamu harus mengetahui target audiens yang ideal untuk ditawarkan produk dan jasa bisnismu. Kamu harus mencari tahu dan mengidentifikasi audiens, mulailah mengidentifikasi jenis bisnis dan lokasi klien kamu. 

2. Pilih Platform yang Tepat

Target bisnis B2B adalah orang-orang profesional. Jadi, kamu harus memilih platform pemasaran konten digital dengan baik dan benar. Platform yang dapat diandalkan dalam pemasaran B2B adalah LinkedIn dan website. 

Baca juga: Strategi Mengoptimalkan Bisnis dengan LinkedIn Marketing

3. Gunakan Bahasa yang Profesional

Bahasa profesional dalam B2B content marketing adalah bahasa terstruktur dan berisi informasi yang dibutuhkan oleh klien. Gunakan bahasa yang lebih formal, namun tetap menarik. Hal itu akan menciptakan citra yang positif bagi bisnismu. 

4. Sesuaikan Kebutuhan Klien

B2B content marketing harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini akan membangun relasi jangka panjang antara bisnismu dan bisnis klien. Kamu dapat mengedukasi para klien melalui konten B2B. 

5. Konten Mengundang Interaksi

Pastikan kamu menciptakan konten yang dapat mengundang interaksi klien. Dengan kata lain, kamu dapat memberikan call-to-action (CTA) di dalam konten. Selain itu, kamu juga dapat membuat konten-konten menarik tentang bisnis yang sedang hype di waktu tertentu. 

Baca juga: Video Content Marketing Inspiratif di Indonesia

Itulah tips dan trik B2B content marketing yang dapat kamu coba. Sebelum menciptakan konten untuk bisnis B2B kamu, sebaiknya perhatikan dan pahami lebih lanjut persona klien kamu, ya!

Kamu punya pertanyaan lainnya seputar digital marketing? 

Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG