Meskipun terdapat iklan di dalamnya, YouTube kini telah menjadi media yang digunakan untuk mencari berbagai sumber informasi dalam bentuk video. Berikut ini jenis-jenis YouTube Ads yang perlu kamu pahami.

Berdasarkan Nielsen Consumer Media View, 53% penonton televisi telah beralih ke YouTube. Tak hanya untuk mencari informasi, YouTube kini telah merambah ke dunia bisnis. Kamu bisa memasarkan produk melalui YouTube atau membuat channel YouTube dan menerima pendapatan dari video. Content creator baru dapat menikmati pendapatan dari YouTube saat video mereka sudah ditonton 1.000 kali oleh audience. Selain mendapatkan keuntungan dari video, sebuah brand juga dapat memanfaatkan iklan YouTube dengan meletakkan iklan di video-video yang sedang populer. 

Baca Juga: Inilah Alasan Pentingnya Content Marketing untuk Bisnismu

Ada berbagai jenis YouTube ads yang perlu kamu ketahui. Apa saja, ya? Yuk, simak jenis-jenis YouTube ads yang telah Katarsa rangkum!

Jenis-jenis YouTube Ads 

1. Skippable Video Ads

katarsa-skippable-video-ads

boostlikes.com

Jenis iklan YouTube ini paling sering digunakan oleh advertiser di YouTube. Skippable Video Ads berarti membuat para penonton dapat melewati iklan yang ditayangkan setelah 5 detik. Skippable video ads biasanya dimunculkan di awal video, saat video berlangsung, atau di akhir video. 

Format iklan ini akan muncul pada video YouTube yang diputar di desktop, laptop, televisi, atau perangkat mobile. Content creator akan mendapatkan bayaran ketika audience sudah menonton iklan selama 30 detik atau menonton video hingga selesai. 

2. Non-skippable Video Ads

non-skippable-video-ads

discoveryad.hk

Non-skippable video ads adalah iklan yang tidak dapat diabaikan oleh audience. Iklan ini mengharuskan audience menonton iklan berdurasi 15 hingga 20 detik bergantung pada standar regional yang telah ditetapkan YouTube. Iklan non-skippable ini bisa dimunculkan di awal video, pertengahan video, atau di akhir video. Jenis iklan ini biasanya digunakan untuk memperkenalkan sebuah brand kepada para audience. 

Baca Juga: Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

3. Bumper Ads

bumper-ads

sendiancreations.com

Jenis iklan YouTube bumper ads hampir mirip dengan iklan non-skippable. Namun, iklan ini hanya berdurasi 6 detik dan harus ditonton hingga selesai. Jenis iklan ini hanya ditemukan pada video yang diputar dengan perangkat mobile. Pemilik video ini akan mendapatkan bayaran jika iklan ditonton secara keseluruhan oleh audience. 

4. Display Ads

display-ads

instapage.com

Display Ads adalah iklan berupa banner yang terletak di sebelah video yang sedang ditonton. Iklan ini hanya dimunculkan di desktop dan di tempatkan di atas daftar rekomendasi video. Spesifikasi iklan yang ditampilkan berukuran 300×250 atau 300×60 piksel. Pembuat iklan akan mendapatkan bayaran jika penonton klik iklan display ini.

5. Midroll Ads

midroll-ads

reddit.com

Midroll Ads adalah format iklan YouTube yang mirip dengan iklan televisi. Iklan ini menyematkan video dengan durasi 10 menit dalam sebuah video. Pembuat video dapat menyesuaikan waktu iklan dimunculkan dalam videonya sehingga tak mengganggu penonton. Jenis iklan ini hanya dapat ditemukan pada desktop dan mobile.

Baca Juga: Langkah yang Harus Dilakukan saat Iklan Facebook Ditolak

Itulah lima jenis YouTube Ads yang perlu kamu pahami. Sebelum membuat iklan untuk bisnismu, pastikan kamu mengetahui jenis-jenis iklan YouTube dan durasi waktu dari iklan tersebut. 

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG