Ada banyak konten marketing berkeliaran di platform media sosial, mulai dari berbentuk croussel, video, hingga polling

Kehadiran konten marketing memang begitu penting untuk meningkatkan awareness, reputasi brand, hingga sales bisnis Anda. 

Oleh karena itu, banyak brand berlomba-lomba untuk membuat strategi konten yang menarik. 

Nah, biar Anda tetap up to date, berikut 10 tren marketing yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas konten Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Konten Marketing Penting untuk Bisnis Anda

1.Video Pendek

Dilansir dari Hootsuite tahun 2022, sebanyak 58,8% pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk menonton video. 

Angka ini terbilang cukup besar dan dapat diaplikasikan bagi pebisnis untuk membuat konten marketing dengan format video.

Membuat konten dengan format video memiliki banyak manfaat, di antaranya mampu menarik perhatian audiens lebih cepat, informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami, dan menghemat waktu audiens dari membaca tulisan yang terlalu panjang.

Namun Anda perlu mempertimbangkan juga durasi video agar audiens tidak mudah bosan. 

Lalu, berapakah durasi ideal untuk membuat konten video singkat di media sosial?

Idealnya, konten video singkat memiliki durasi 15 hingga 60 detik. Hal ini bertujuan agar audiens tetap fokus pada isi konten sehingga mereka dapat memerhatikan video hingga selesai.

Bahkan menurut laporan dari Microsoft Corp tahun 2015 menyatakan bahwa kemampuan manusia untuk tetap fokus dalam memperhatikan konten hanyalah 8 detik.

2.Empati dalam Konten

Empati dalam konten merupakan sebuah strategi membuat konten dengan menempatkan diri Anda dalam posisi pelanggan agar bisa memantik emosi mereka.

Dalam pemasaran, menggunakan empati berarti berpusat pada pelanggan dan memahami siapa pelanggan Anda, masalah yang mereka hadapi, serta motivasi mereka.

Menunjukan empati dalam konten marketing akan membantu pebisnis mendapatkan kepercayaan dari audiens. Hal ini sangat penting karena menurut laporan dari Hubspot tahun 2022, hanya 30% konsumen memiliki rasa kepercayaan tinggi terhadap sebuah brand. 

Ini artinya, penting bagi Anda untuk mengutamakan keperluan audiens serta mendengarkan masalah yang mereka hadapi.

Dengan begitu, Anda dapat memberikan solusi dari permasalahan mereka. Sehingga rasa percaya dari audiens akan meningkat.

Anda juga harus terbuka dengan feedback maupun kritik dari mereka, dan buatlah konten yang otentik dengan menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens.

3.Strategi SEO

Menurut laporan digital Hootsuite tahun 2022, lebih dari 80% pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi. Sementara situs yang paling banyak diakses adalah Google.com.

Hal ini berarti SEO konten organik masih menjadi bagian yang sangat penting untuk strategi pemasaran Anda. 

Lakukanlah riset kata kunci yang paling banyak digunakan oleh audiens Anda kemudian buatlah konten berkualitas yang relevan dengan kata kunci tersebut agar Google dapat menaikan konten organik Anda di halaman satu mereka.

4.Konten Marketing Menggunakan Teknologi AI

Teknologi seperti AI merupakan salah satu tren yang menggemparkan dunia di tahun 2023. Masih banyak konotasi negatif serta hal-hal kontradiktif mengenai teknologi ini.

Namun sebagai pebisnis, banyak juga manfaat AI yang bisa digunakan dalam membantu pekerjaan Anda salah satunya adalah Chat-GPT.

Dengan Chat-GPT, Anda bisa mendapatkan ide konten menarik yang sesuai dengan target audience Anda.

5.Podcast

Podcast merupakan rekaman audio yang membahas mengenai topik tertentu.

Manfaat podcast dalam konten marketing adalah dapat meningkatkan engagement atau partisipasi audiens serta meningkatkan jangkauan audiens potensial yang lebih besar.

Dalam membuat konten audio pastikan value dari brand Anda tersampaikan dengan baik melalui konten-konten informatif namun dikemas dengan cerita yang menghibur. 

6.Pengalaman Pengguna pada Website dan Aplikasi

Tidak hanya menyajikan konten-konten yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan pengalaman pengguna untuk memberikan kesan yang positif.

Jika website atau aplikasi yang Anda miliki memiliki banyak masalah, tentu akan meninggalkan kesan yang negatif bagi audiens serta dapat menyebabkan audiens tidak mempercayai brand Anda. 

Sebagai pebisnis, penting halnya memperhatikan hal ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna, yaitu dengan meningkatkan kecepatan website, membuat tampilan yang user friendly, serta menggunakan resolusi gambar yang tidak buram.

7.Riset Konten

Jika Anda memiliki sekumpulan data dari audiens, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat konten dengan menyesuaikan dari minat atau ketertarikan mereka.

Hal ini penting dilakukan agar konten yang Anda buat relevan bagi audiens.

Baca Juga: Persona Audiens untuk Content Marketing

8.E-commerce

Dilansir dari CNBC Indonesia sebanyak 178,9 juta masyarakat Indonesia berbelanja online sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 2023. 

Dari data yang besar ini pebisnis dapat mengambil celah untuk membuat strategi konten marketing pada e-commerce.

Bagi Anda yang memiliki objektif untuk meningkatkan sales, konten promosi seperti live shopping, tanggal kembar, keranjang kuning di Tiktok, serta promosi gratis ongkir dapat Anda coba.

9.Influencer Marketing

Melibatkan influencer dalam konten marketing merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan awareness hingga sales. 

Anda akan membuat brief konten yang sesuai dengan objektif hingga value yang Anda miliki, dengan begitu goals yang Anda ingin capai akan lebih tepat sasaran.

Namun Anda perlu memperhatikan jenis influencer dipilih agar objektif dapat tercapai, serta efisien dalam menggunakan budget yang Anda miliki.

Baca Juga: 5 Jenis Influencer untuk Kebutuhan Bisnis Anda

10.Konten Interaktif

Zaman sekarang orang tertarik untuk menonton video 8 detik saja, maka Anda perlu teknik atau angle konten yang menarik untuk memikat hati audiens.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya membuat konten interaktif seperti polling, quiz, survey, sesi QnA, games, hingga giveaway.

Ingin memulai strategi konten marketing Anda? Atau ada pertanyaan seputar digital marketing secara keseluruhan? Anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp dan juga melihat layanan kami disini.

Exit mobile version