Peran konten di era digital begitu penting untuk mengembangkan bisnis, tanpa konten, orang mungkin enggak tahu kita lagi jualan apa, betul?

Itulah mengapa banyak para pebisnis mulai gencar untuk membuat konten yang menarik. Ada banyak strategi yang bisa dijalankan dalam membuat konten.

Salah satunya adalah membuat konten berdasarkan tren ataupun topik yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Jenis konten seperti ini disebut sebagai seasonal content atau konten musiman.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih mendalam mengenai pengertian, manfaat serta tips dalam membuat seasonal content.

Baca juga: 5 Alasan Konten Marketing Penting untuk Bisnis Anda

Pengertian Seasonal Content

Seasonal content merupakan konten yang berfokus pada peristiwa atau tren yang sedang terjadi pada satu waktu tertentu.

Seasonal content itu sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah konten berdasarkan waktu di mana Anda dapat memanfaatkan momen yang sedang tren untuk membuat konten.

Dan yang kedua adalah konten berdasarkan peristiwa, seperti hari libur nasional dan peringatan hari besar lainnya.

Dalam penerapannya, seasonal content membutuhkan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap mengaitkan tren atau topik hangat yang sedang terjadi dengan industri yang Anda miliki.

Hal ini penting dilakukan agar konten yang dibuat tetap relevan dan dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Lalu, mengapa seasonal content menjadi sangat penting dan apa sajakah manfaatnya? Simak penjelasannya berikut, ya!

Manfaat Seasonal Content

Seperti dilansir dari Search Engine Land (2022), ada beberapa manfaat dari seasonal content, di antaranya adalah:

1.Dapat membantu sebuah brand dalam mempromosikan produk hingga meningkatkan sales.

2.Pebisnis dapat memanfaatkan momen-momen tertentu yang berkaitan dengan bisnis untuk membuat konten edukasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi brand.

Contohnya, jika bisnis Anda termasuk kedalam industri kesehatan, Anda dapat membuat konten edukasi kesehatan yang bertepatan pada Hari Kesehatan Nasional.

3.Membuat konsumen untuk tetap loyal, khususnya jika bisnis Anda sering melakukan promosi pada momen tertentu seperti tanggal kembar atau new year sale. Hal ini juga sangat berpotensi dalam mendatangkan konsumen baru.

Tips Membuat Seasonal Content

Menurut Content Writers (2022) ada beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan dalam membuat seasonal content, yaitu:

1.Mengikuti perkembangan tren. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa seasonal content dibuat berdasarkan tren tertentu, maka sangat penting untuk mengikuti perkembangan tren.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk memantau perkembangan tren seperti Google Trend, Ahrefs Content Explorer, Twitter Trending Topic, dan lain-lain.

Baca Juga: Tool Content Marketing: 10 Alat untuk Optimalkan Strategi Konten

2.Manfaatkan momentum hari libur nasional. Membuat konten dengan memanfaatkan hari libur nasional sangat penting dilakukan, khususnya jika bisnis Anda berada di industri seperti makanan dan minuman, perhotelan ataupun tempat wisata.

3.Perhatikan waktu publikasi konten. Anda harus memposting konten di waktu yang tepat, jangan terlalu dini ataupun terlambat. Hal ini dapat membuat konten menjadi tidak relevan.

4.Memantau analitik konten. Anda dapat memantau data analitik terkait seasonal content yang telah dibuat sebelumnya dan menggunakan data tersebut untuk membuat rencana konten yang lebih baik untuk kedepannya.

Kini Anda telah memahami mulai dari pengertian hingga tips dalam membuat seasonal content. Kami dapat membantu Anda untuk menciptakan strategi konten marketing yang paling efektif untuk bisnis Anda. 

Hubungi kami di sini dan konsultasikan bisnis Anda sekarang. Anda juga dapat melihat layanan lainnya dari Katarsa di sini.

Exit mobile version