Dengan adanya fitur terbaru, yaitu TikTok Shop, kini aplikasi berbasis video pendek telah mengembangkan bisnisnya ke arah e-commerce. Simak di sini!
TikTok adalah aplikasi jejaring sosial dan platform video pendek yang dirilis tahun 2016. Meskipun demikian, sejak tahun 2019 hingga saat ini, TikTok sudah memiliki lebih dari 500 juta user.
Pada tahun 2021, TikTok mengembangkan bisnisnya ke arah e-commerce. Tepatnya, pada April 2021, Tiktok meluncurkan TikTok Shop. Fitur ini adalah sarana belanja online atau jual beli secara live streaming.
Berbeda dari Instagram Shopping atau Facebook, TikTok Shop tidak memberikan arahan pengguna ke sebuah situs dari toko yang sedang live streaming. Artinya, transaksi, proses jual beli, hingga pembayaran dilakukan semua dalam aplikasi TikTok.
Baca Juga: TikTok Ads: Pemasaran Digital Masa Kini
Bagaimana Cara Belanja di TikTok Shop?
- Buka aplikasi TikTok di iOs atau Android
- Tonton livestreaming yang dilakukan oleh owner online shop
- Kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin dibeli
- Klik ikon “Shop” di halaman profile
- Klik dan akan muncul katalog produk dari toko tersebut
- Pilih barang yang ingin dibeli dengan scroll layar ke bawah
- Klik tombol “Buy Now” yang ada di pojok kanan bawah
- Di halaman “Order Summary” isi alamat lengkap
- Pilih metode pembayaran melalui Ovo, goPay, Bank Transfer, Dana, Credit Card, Indomaret, dan Alfamart.
Baca Juga: Reels vs TikTok: Manakah yang Terbaik?
Cara Melihat Riwayat Pesanan atau History Order
- Klik menu “Setting and Privacy”
- Pilih “Orders”
- Di sana, terlihat halaman “Orders” yang berisi sejumlah tab seperti “All”, “Unpaid”, “To Ship”, “Shipped”, dan “To Review”.
- Selain di menu “Setting and Privacy”, halaman “Orders” juga bisa dilihat di tab “Inbox” dan pilih “Shop Updates”.
Itulah cara berbelanja di TikTok Shop dan cara melihat riwayat pesannya. Tertarik untuk mulai mengaktifkan TikTok sebagai media pemasaran bisnismu?
Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!