Sebelum membeli barang, umumnya para pembeli membaca review produk yang tersedia. Oleh karena itu, seller atau penjual wajib menghindari review buruk di marketplace. Bagaimana caranya? Simak di sini!

Review atau ulasan kini telah menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan penjualan. Hal itu terjadi karena ulasan adalah takaran kepuasan konsumen terhadap barang yang ditawarkan oleh bisnismu. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kamu wajib menghindari review buruk di marketplace agar penjualan meningkat. 

Bagaimana cara menghindari review buruk di marketplace bagi bisnis online? Yuk, simak di sini!

Tips Menghindari Review Buruk di Marketplace

Katarsa-review-produk-marketplace

1. Gunakan foto produk yang asli 

Cara sukses berjualan di marketplace adalah dengan menggunakan produk asli. Sebaiknya, foto produk dilakukan dengan mendetail agar calon konsumen semakin yakin terhadap produk yang ingin dibeli dari tokomu. Selain menggunakan foto produk asli, kamu juga bisa menggunakan video produk agar terlihat lebih menarik dan meningkatkan trust calon konsumen.

Baca Juga: Langkah yang Harus Dilakukan saat Iklan Facebook Ditolak

2. Kontrol kualitas produk 

Selain menggunakan foto produk asli, kamu juga harus mengontrol kualitas produk sebelum dijual. Kualitas produk yang baik tentu akan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produkmu. Kamu juga bisa mengontrol kualitas produk dengan mengirim survei atau pertanyaan kepada konsumen yang sudah membeli produkmu. Dengan demikian, kamu akan mengetahui kekurangan dan kelebihan produkmu.

3. Pastikan produk tersedia dan siap kirim

Sebelum menerima pesanan, sebaiknya pastikan produk yang kamu jual tersedia. Hal itu bertujuan agar konsumen yang sudah membeli barang di tokomu tidak kecewa saat mengetahui bahwa produk yang dijual telah habis. Pastikan kamu selalu update melakukan cek produk.

Baca Juga: Akun Iklan Facebook Dinonaktifkan? Ini Dia Solusinya!

4. Cek barang sebelum mengirim 

Setelah proses mengkualifikasi barang yang siap kirim, kamu perlu melihat kembali apakah packaging dari produk tersebut sudah siap untuk dikirim. Pastikan kamu mengemas produk tersebut dengan baik agar konsumen tidak kecewa dengan kerusakan produk. 

5. Berikan balasan terhadap review

Marketplace juga menilai durasi waktu toko kamu membalas review produk dan chat dari konsumen. Oleh karena itu, usahakan kamu membalasnya dengan waktu yang cepat dan sesuai dengan konteks. Misalnya, konsumen tersebut me-review dengan kritikan, sebaiknya kamu membalasnya sesuai dengan kritik tersebut. 

Itulah lima cara menghindari review buruk di marketplace bisnis. Pastikan kamu telah memahami objektif bisnismu dan kualitas produk yang kamu tawarkan kepada calon konsumen. 

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG