Membuat landing page adalah salah satu strategi pemasaran digital. Seorang pebisnis perlu menciptakan landing page yang menarik untuk meningkatkan traffic website. Bagaimana cara membuat landing page? Simak di sini!

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman di dalam website yang berfokus mendapatkan perhatian calon konsumen melalui aksi tertentu. Umumnya, aksi tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan satu page yang berhubungan dengan website utama atau bagian dari website.

Fokus landing page dapat bervariasi tergantung jenis bisnis kamu. Landing page yang biasanya dibuat bertujuan untuk campaign tertentu, mendapatkan uji coba gratis, newsletter, dan membeli produk. 

Mengapa Perlu Menciptakan Landing Page Bisnis?

Katarsa-pentingnya-landing-page

sumber: freepik.com

Para pebisnis pemula sebaiknya menciptakan landing page yang bagus. Hal itu disebabkan landing page dapat meningkatkan respon audiens website. Selain itu, landing page juga bisa meningkatkan conversion rate. Dilansir dari WordStream, rata-rata conversion rate yang dihasilkan melalui landing page adalah 2.35%. 

Landing page bermanfaat saat kamu membuat iklan di Facebook atau Instagram. Kamu dapat mencantumkan link landing page untuk memperoleh traffic halaman website. Biasanya, landing page dibuat dengan tampilan sederhana. Untuk membuat landing page, ada beberapa struktur yang harus kamu perhatikan. Berikut cara membuat landing page dengan mudah dan efektif. 

Baca juga: Tips Jadi Content Writer Andal untuk Kembangkan Bisnis

Cara Membuat Landing Page Marketing untuk Bisnismu

sumber: freepik.com

 

1. Tentukan tujuan landing page

Sebelum membuat landing page, pastikan kamu telah menciptakan tujuan atau campaign bisnis yang ingin dilaksanakan. Jika kamu ingin membuat landing page yang bertujuan mengiklankan sebuah produk atau jasa, kamu bisa membuat landing page jenis pay-per-click (PPC) campaign. Untuk beriklan menggunakan metode PPC campaign, kamu bisa menggunakan Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Namun, jika kamu ingin mengumpulkan data pengunjung atau visitors website, kamu dapat membuat landing page lead generation. Jadi, kamu harus menentukan tujuan landing page yang akan dibuat. 

2. Ciptakan Value Proposition 

Dalam tahap pembuatan landing page, pastikan kamu mencantumkan value proposition bisnismu. Value proposition akan membuat bisnis menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lainnya. Pastikan kamu tidak menuliskan hal-hal umum, seperti “Menjual Makanan Enak” atau “Jasa Digital Marketing”. Kamu dapat menuliskan value proposition dengan singkat, namun tetap spesifik dan menarik. Kamu juga bisa menambahkan tagline bisnis dalam value proposition ini. 

Salah satu contoh value proposition yang menarik adalah “Simplifying Healthcare” yang merupakan value proposition dari Halodoc. Dengan hal itu, audiens akan mengetahui bahwa salah satu platform kesehatan ini dapat digunakan dengan mudah oleh para audiensnya. 

Baca juga: Social Media vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Pebisnis Pemula?

3. Berikan judul landing page yang menarik

Membuat judul landing page nyatanya tak mudah. Kamu harus memilih judul yang menarik, tidak ambigu, dan tidak melebihi jumlah maksimal karakter. Oleh karena itu, saat ingin membuat judul, sebaiknya kamu memikirkannya matang-matang. Untuk referensi, kamu bisa melihat website-website menarik atau website kompetitormu. 

4. Tambahkan call to action (CTA)

Setiap landing page membutuhkan call to action (CTA) yang jelas. CTA adalah elemen utama untuk menuntun audiens melakukan langkah selanjutnya (required action). Umumnya, CTA dibuat dengan tombol menarik yang mengarah ke aksi pembelian atau pengisian formulir. Warna yang dapat digunakan untuk CTA dapat disesuaikan dengan logo bisnis. Namun, biasanya CTA dibuat dengan warna-warna yang menarik perhatian, seperti orange, hijau, dan kuning. 

5. Share link landing page pada calon pengunjung

Supaya landing page dapat meningkatkan traffic, kamu bisa membagikan link di WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Hal itu dilakukan untuk menarik pengunjung website sebanyak-banyaknya. Usahakan kamu me-share link landing page di setiap channel bisnismu. 

Itulah cara membuat landing page marketing. Selain beberapa langkah tersebut, pastikan pula kamu memilih desain yang menarik, sederhana, dan profesional agar mendapatkan kepercayaan calon konsumen.

Kamu punya pertanyaan lainnya seputar digital marketing

Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version