Ide Kompetisi di Media Sosial

Banyak sekali cara untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial. Dalam hal ini, Anda tentu berkompetisi dengan para pesaing Anda. Pernahkah Anda memiliki ide kompetisi media sosial sebagai bahan Anda memasarkan produk Anda ?

Kompetisi selalu terjadi di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Banyak sekali orang gemar berkompetisi untuk mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma. Peluang inilah yang perlu Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Di era digital ini, media sosial memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat suatu kompetisi. Anda perlu memadukan kreatifitas Anda dengan fitur-fitur di media sosial untuk menghasilkan sesuatu yang menarik perhatian audiens.

Dengan mengadakan kompetisi, Anda akan mendapatkan cukup banyak keuntungan. Produk Anda akan semakin dikenal, engagement di akun media sosial Anda tinggi, bahkan penjualan Anda dapat meningkat. Hal ini dikarenakan membuat kompetisi bukan hanya sekadar seru-seruan tetapi juga memasarkan produk Anda secara halus (soft selling). Kali ini, katarsa.id akan memberikan referensi-referensi ide seru untuk membuat kompetisi di media sosial.

1. Mendapatkan hadiah hanya dengan like dan comment foto

Like dan comment merupakan fitur yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Hampir seluruh media sosial memiliki fitur tersebut. Tentunya, hal itu menjadi sebuah kelebihan yang artinya Anda dapat mengadakan kompetisi di berbagai media sosial. Cara nya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat postingan yang berisi peraturan dan persyaratan untuk mengikuti kompetisi. Jangan lupa untuk mencantumkan persyaratan bahwa peserta lomba harus menyukai dan mengomentari postingan Anda. Untuk pemilihan pemenang, Anda bisa tentukan sendiri. Apakah Anda ingin memilih komentar paling kreatif? atau Anda hanya akan pilih secara acak?

Seperti yang dilakukan oleh penyanyi Sivia Azizah yang bekerjasama dengan Kick Avenue untuk mengadakan sebuah kompetisi. Audiens dapat memenangkan sepasang sepatu hanya dengan menyukai dan mengomentari foto yang Ia posting.

2. Tag dan ajak teman Anda

Anda ingin informasi mengenai kompetisi yang Anda buat semakin meluas? Anda bisa menggunakan cara berikut ini! Pada ide kompetisi media sosial ini Anda dapat memanfaatkan fitur tag (tandai teman) untuk menyebarluaskan informasi mengenai kompetisi Anda. Jika beberapa dari orang yang ditandai tertarik dengan kompetisi yang Anda buat, mereka akan terus menandai teman-teman mereka yang lainnya. Hal ini akan terus berlanjut dan menciptakan efek domino.

Seperti kompetisi yang diadakan Misbar Cinema dengan hadiah tiket WeTheFest 2019. Siapa yang tidak mau mendapatkan tiket WeTheFest 2019 hanya dengan menandai teman?

Baca Juga : Social Media Marketing Bantu Bisnismu Survive Selama Pandemi Virus Corona

3. Caption dan komentar terbaik

Bila dengan menyukai, mengomentari, dan menandai teman merupakan hal yang biasa, ide kompetisi media sosial dengan yang mengharuskan peserta menulis caption dan komentar terbaik dapat menarik perhatian!

Caption merupakan salah satu bagian yang dapat menarik dan memengaruhi orang banyak. Anda perlu memanfaatkan hal ini untuk memasarkan produk Anda. Caranya, cukup membuat postingan yang harus di-posting ulang oleh para peserta dengan caption yang kreatif.

Anda juga dapat menerapkan hal ini pada kolom komentar. Peserta kompetisi dengan komentar terbaik, unik, dan kreatif bisa jadi pemenangnya. Seperti yang dilakukan oleh Laudya Cinthya Bella di akun youtube-nya. Laudya Cinthya Bella mengadakan giveaway dengan syarat para peserta harus menjawab pertanyaan dan memberikan ide terbaiknya untuk konten yang akan ditampilkan selanjutnya.

4. Capture it!

Ide kompetisi media sosial yang satu ini bisa Anda contoh untuk membuat para peserta semakin ambisius dan terpacu untuk menjadi pemenang, apalagi bila hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Anda cukup membuat video yang tiap-tiap gambarnya berganti dengan cepat dan para peserta diharuskan menggunakan fitur capture/screenshot yang ada di ponsel mereka untuk menangkap bagian video sesuai yang Anda buat.

Kompetisi ini pernah dilakukan oleh Bekalokal untuk menambah kesadaran orang-orang akan kehadiran mereka karena mereka merupakan pendatang baru di bidang bisnis pakaian dan juga untuk menambah engagement akun media sosial mereka.

Baca Juga : SEO dan SEM: Apa Perbedaannya di Dunia Digital Marketing ?

Bagaimana ? Apakah Anda tertarik untuk melakukan strategi pemasaran melalui kompetisi ? Yuk, manfaatkan era digital dan media sosial dengan optimal untuk makin meningkatkan potensi bisnis Anda!

Jika Anda sedang membutuhkan jasa ide kompetisi konten marketing untuk berbagai platform digital bagi business Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan kami, katarsa.id. Dengan pengalaman dan para tenaga ahli di bidang konten digital marketing, kami dengan senang hati akan membantu segala kebutuhan platform digital Anda.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Artikel ini bagian dari serial #EnakJualanOnline untuk kalangan UMKM.

Exit mobile version