Instagram menjadi platform paling banyak digunakan oleh brands untuk meningkatkan awareness dan sales mereka.
Sebab, menurut Statista (2023) pengguna Instagram di Indonesia begitu besar, yakni mencapai 89,15 juta pengguna. Wajar saja, pengguna Instagram di Indonesia menempati nomor empat terbesar di dunia.
Sudah pasti, volume pengguna Instagram yang besar ini memberikan peluang banyak untuk para brands menjual produk atau jasanya sesuai target pasar.
Nah, agar supaya konten Anda semakin dilirik, tentunya Anda perlu memperkaya kreativitas yang unik. Semakin unik, semakin menarik bukan?
Agar supaya Anda semakin kreatif, berikut 7 ide konten marketing Instagram yang bisa Anda coba. Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Baca Juga: 5 Alasan Konten Marketing Penting untuk Bisnis Anda
1.Konten Informatif
Buatlah target pasar teredukasi dengan baik mengenai brand Anda, tujuannya agar mereka mendapatkan value dari brand Anda yang tidak dimiliki oleh brand lain.
Anda dapat membuat konten informatif terkait produk atau jasa agar mereka lebih mengenali brand Anda sehingga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dari mereka.
Ada banyak jenis konten yang dapat Anda coba, di antaranya carousel dengan gabungan teks dan gambar, infografis, dan video singkat dari penggunaan produk.
2.Testimoni Pengguna
Sejak berkembangnya tren belanja online, banyak orang memiliki kebiasaan untuk membaca ulasan sebelum melakukan pembelian.
Tentunya, ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang produk atau layanan dari pengalaman pembeli lainnya. Lho, emang bakalan pengaruhi penjualan?
Pengaruh, dong! Menurut data dari Trustmary (2023), sebanyak 93% konsumen membaca ulasan online terlebih dahulu sebelum membeli.
Anda dapat memanfaatkan ulasan positif dari pengguna lain untuk membuat konten di Instagram agar semakin banyak calon konsumen yakin untuk menggunakan produk atau layanan Anda.
3.Video Tutorial
Video tutorial juga merupakan konten yang efektif untuk membuat pelanggan tertarik membeli, lho.
Selain itu, orang kini lebih menyukai konten video singkat karena dapat menghemat waktu mereka dari membaca kalimat yang panjang.
Ada banyak jenis konten video yang bisa Anda buat di Instagram, di antaranya video pendek pada Instagram Story dan Instagram Reels.
Bahkan, Anda juga bisa mengunggah jenis video dengan format landscape Instagram Feed.
4.Storytelling
Storytelling merupakan cara yang efektif untuk menjalin ikatan emosi dengan konsumen.
Dengan menceritakan sebuah kisah nyata tanpa dibuat-buat mampu membangkitkan perasaan dan emosi mereka.
Jika mampu menyentuh emosi mereka, Anda dapat menggerakan konsumen untuk melakukan sebuah tindakan sesuai dengan objektif dari bisnis Anda.
Contoh konten storytelling pernah dilakukan oleh brand Traveloka pada tahun 2022 melalui konten video “Lihat Dunia Lagi Bersama Traveloka”.
Traveloka mengangkat cerita tentang kebahagian dari banyak orang yang akhirnya dapat kembali melakukan perjalanan wisata setelah 2 tahun menghadapi pandemi.
Konten ini berhasil mendapatkan 27 juta views dalam waktu 1 tahun.
Baca Juga: 10 Tren Konten Marketing 2023 untuk Bisnis Semakin Bersinar
5.Konten di Balik Layar
Konten Behind the Scenes atau konten di balik layar sudah banyak digunakan pebisnis dalam membuat konten marketing.
Konten di balik layar dapat menciptakan kesan yang lebih otentik.
Mereka juga akan melihat seberapa besar perjuangan Anda dalam memproduksi konten, hal ini juga dapat membangun kepercayaan yang tinggi dari konsumen Anda.
Contoh konten di balik layar yang bisa Anda buat di antaranya kegiatan karyawan saat memproduksi barang, memperlihatkan budaya di tempat kerja, dan acara yang diadakan perusahaan.
6.Giveaway
Giveaway menjadi cara paling ampuh untuk meningkatkan brand awareness dan engagement yang signifikan dengan cara yang cukup instan.
Tidak hanya menarik perhatian pengikut saja, giveaway juga dapat mendatangkan pengikut baru serta menjangkau lebih banyak calon konsumen yang potensial.
7.Membuat Konten Interaktif di Instagram Stories
Mendengarkan feedback dari konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan performa bisnis Anda.
Agar konsumen lebih tertarik untuk menyampaikan feedback-nya, buatlah konten interaktif untuk meningkatkan partisipasi mereka.
Hal ini juga cukup efektif dalam meningkatkan engagement.
Contoh konten interaktif bisa dilakukan di antaranya adalah tanya jawab di Instagram Story, polling, atau Anda dapat memberikan pertanyaan secara langsung terkait kebutuhan mereka dari produk atau layanan Anda.
Baca Juga: Jenis-jenis Content Digital yang Cocok untuk Bisnismu
Ingin memulai strategi konten marketing Anda? Atau ada pertanyaan seputar digital marketing secara keseluruhan? Anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp dan juga melihat layanan kami di sini.