Tak bisa dimungkiri bahwa menjangkau pasar B2B memang menantang daripada B2C, setuju? 

Nah, sebetulnya ada cara mudah agar bisa menjangkau B2B, yakni lewat Search Engine Marketing (SEM) dalam upaya pemasaran mereka untuk mendapatkan audiens yang relevan dan potensial.

Apa itu SEM? 

Search Engine Marketing adalah strategi digital yang memanfaatkan pembayaran untuk menempati halaman pertama Google dengan keyword tertentu.

Strategi SEM memungkinkan bisnis B2B untuk memanfaatkan  pencarian seperti Google untuk mendapatkan calon pelanggan yang sesuai dengan bisnis mereka. 

Baca Juga: 5 Hal yang Jarang Orang Ketahui Saat Beriklan di Google Ads SEM

Mengapa SEM penting? 

Menurut jurnal.id, SEM dapat membantu mengembangkan bisnis saat pelanggan mencari barang atau jasa tertentu. Selain itu dengan SEM juga dapat meningkatkan brand awareness

Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan SEM untuk bisnis B2B :

1. Penargetan yang Tepat Sasaran

SEM dapat membantu bisnis B2B untuk menargetkan pelanggan potensial yang cocok dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Dengan kata lain melalui cara ini, Anda bisa memastikan bahwa iklan hanya akan ditampilkan kepada mereka yang tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Saat kamu menggunakan iklan di mesin pencari, iklan tersebut akan muncul di halaman hasil pencarian ketika seseorang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnismu.

Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan klik dan mengarahkan lebih banyak pengunjung ke dalam websitemu.

3. Pengukuran ROI yang Jelas

Melalui analisis data yang akurat, kamu dapat mengukur ROI (Return on Investment). Hal ini dapat memungkinkan kamu untuk menilai sejauh mana iklan SEM berperan pada kesuksesan bisnis B2B.

4. Membangun Brand Awareness

Selain mendatangkan trafik ke situs website, SEM juga dapat membantu dalam membangun kesadaran merek atau brand awareness. Walaupun jika seseorang tidak mengklik iklan tersebut, mereka akan tetap bisa melihatnya.

5. Mendapatkan Laporan yang Detail

Platform SEM seperti Google Ads menyediakan laporan yang memberikan informasi rinci tentang kinerja iklanmu. 

Anda dapat melihat jumlah tampilan, jumlah klik, perilaku pengunjung setelah mengklik, dan informasi lain yang sangat berharga.

Data-data ini memberikan wawasan berharga untuk mengidentifikasi area yang dapat dioptimalkan dan perbaikan yang diperlukan guna mencapai ROI dan hasil terbaik.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dalam penggunaan SEM pada bisnis B2B. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai SEM, Anda bisa konsultasikan dengan Katarsa.