Sejak keberadaan Facebook Ads di dunia digital, para pebisnis bukan hanya mengandalkan iklan di media massa saja, tapi sudah mulai bergeser untuk menggunakan Facebook Ads. Keberadaan Facebook tentu saja sangat memudahkan para pebisnis untuk membuat iklan, karena iklan Facebook mempunyai opsi untuk memilih audiens yang sesuai dengan segmentasi bisnisnya.

Apa itu Facebook Boost dan Facebook Ads?

Facebook menyediakan dua fitur untuk beriklan yaitu, melalui Facebook Business dan Facebook Ads Manager. Facebook Business adalah fitur dari Meta yang berfungsi untuk membuat, menjadwalkan postingan, cerita, dan membuat iklan boost. Sedangkan Facebook Ads Manager adalah fitur yang berfokus untuk merencanakan, mengatur, membuat dan mengelola iklan yang akan dipublikasikan. Berdasarkan pengertian tersebut, tentunya ada beberapa perbedaan antara Facebook Business dan Facebook Ads Manager. Manakah yang lebih efektif?  Mari simak penjelasan berikut ini!

Tentang Facebook Boost

Facebook boost adalah fitur yang dimiliki oleh Facebook Business yang bertujuan untuk meningkatkan jangkauan, mendapatkan lebih banyak pesan, penayangan video, prospek, panggilan telepon untuk postingan yang sudah ada di Facebook maupun Instagram. Tujuan lainnya adalah untuk mempromosikan halaman Facebook, meningkatkan website bisnis, dan lain sebagainya.

Facebook Boost atau Facebook Ads Manager, Mana yang Lebih Efektif?

Terdapat beberapa objektif iklan yang disediakan Facebook Boost, di antaranya:

1. Create A/B Test

Create A/B Test bertujuan untuk melihat performa postingan mana yang lebih baik. Facebook akan memberikan instruksi kepada penggunanya untuk memilih 2 atau lebih postingan dari Facebook atau Instagram yang akan dilakukan Boost.

2. Get More Whatsapp Messages

Get More Whatsapp Messages bertujuan untuk menarik audiens untuk menghubungi aplikasi pesan Whatsapp.

3. Get More Website Visitors

Objektif Get More Website Visitors bertujuan untuk menarik audiens supaya bisa mengunjungi website yang ingin kamu lampirkan dalam kolom website URL yang disediakan oleh Facebook Business.

4. Boost a Post

Boost a Post bertujuan untuk mempromosikan postingan yang telah diposting di Facebook ataupun Instagram.

5. Promote Your Page

Promote Your Page bertujuan untuk mempromosikan halaman Facebook. Biasanya hal ini dilakukan bagi bisnis yang baru mempunyai Facebook Page dan memperbanyak audiens yang akan menyukai Facebook Page tersebut.

6. Promote Your Business Locally

Promote Your Business Locally bertujuan untuk mempromosikan alamat bisnis dari Facebook yang kamu miliki.

7. Get More Leads

Objektif Get More Leads bertujuan untuk mengumpulkan data diri pelanggan melalui formulir sehingga kamu dapat menghubungi pelanggan kapan pun yang kamu mau.

8. Get More Messages

Get More Messages bertujuan untuk mengarahkan audiens agar terhubung dengan Direct Message Facebook, Direct Message Instagram, dan juga Whatsapp. Namun ketika kamu memilih Whatsapp sebagai destinasi iklannya, Facebook akan mewajibkan kamu untuk mempunyai Whatsapp Business.

Baca Juga: Ini Dia Langkah yang Harus Dilakukan saat Iklan Facebook Ditolak

Keunggulan Facebook Boost

1. Meningkatkan Jangkauan Postingan Organik

Facebook Boost akan sangat mudah untuk meningkatkan performa dari postingan organik yang sudah ada di Facebook maupun Instagram. Ketika postingan tersebut diiklankan melalui Facebook Boost, maka otomatis data insight yang akan didapatkan dari iklan tersebut ada di postingan yang sama. Misalnya pada gambar berikut ini:

Gambar di atas menampilkan data untuk beberapa metrik seperti profile visit, website taps, business address taps, email button taps, jumlah jangkauan, dan impression. Data tersebut merupakan data yang dilakukan audiens terhadap iklan Facebook Boost yang sudah dilakukan.

2. Meningkatkan Engagement Postingan Organik

Keunggulan Facebook Boost lainnya adalah meningkatkan engagement dari postingan organik itu sendiri, karena Facebook Boost mempunyai objektif Boost a Post yang akan mengarahkan audiens untuk melakukan engagement dengan postingan yang diiklankan. Salah satu contoh postingan organik yang berhasil meningkatkan engagement adalah sebagai berikut:

Gambar di atas juga menampilkan metrik yang sama, namun perbedaannya ada metrik follows yang di mana metrik tersebut memaparkan mengenai berapa banyak audiens yang sudah menjadi followers.

Baca Juga: Cara Optimalkan Jumlah Share Konten Media Sosial dengan Mudah

Tentang Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager merupakan fitur yang lebih detail daripada Facebook Boost. Contoh halaman dari Facebook Ads Manager adalah sebagai berikut:

Berdasarkan gambar di atas Facebook Ads Manager mempunyai beberapa objektif yang juga sangat berbeda dengan Facebook Boost yaitu:

1. Awareness

Awareness bertujuan untuk mengarahkan audiens agar terkena terpaan iklan secara terus-menerus, sehingga audiens dapat mengingatnya. Objektif Awareness ini mempunyai beberapa optimasi, yaitu:

1.1 Reach

Reach atau jangkauan adalah optimasi yang difokuskan untuk menjangkau audiens berdasarkan dengan budget yang telah ditetapkan.

1.2 Ad Recall Lift

Ad Recall Lift merupakan optimasi untuk mengukur sejauh mana audiens mengingat iklan yang telah kamu publikasikan.

2. Traffic

Traffic bertujuan untuk mengarahkan audiens agar melakukan kunjungan ke website, Whatsapp, aplikasi dan lain-lain. Audiens dapat mempelajari dan menjelajahi profil bisnis kamu, sampai audiens tersebut membuat pertimbangan terhadap bisnis kamu. Namun objektif Traffic hanya menjangkau orang-orang yang lebih cenderung melakukan klik terhadap iklan yang kamu publikasikan.

3. Engagement

Engagement bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan seperti,  mengirimkan pesan, menyaksikan tayangan video, melakukan tindakan terhadap postingan seperti like, komentar, share dan lain-lain.

Engagement ini adalah objektif yang biasanya digunakan untuk melakukan giveaway, karena objektif Engagement akan mengarahkan audiens untuk benar-benar melakukan keterlibatan.

Namun di dalam objektif ini kamu hanya bisa menggunakan satu gambar saja untuk mempublikasikan iklan kamu. Objektif Engagement juga bisa menggunakan custom audience untuk menarik audiens yang pernah berinteraksi dengan halaman Facebook atau Instagram kamu dalam kurun waktu maksimal 365 hari.

4. Leads

Leads adalah objektif untuk mengarahkan audiens melakukan transaksi baik itu melalui website, melakukan pengisian form ataupun bertransaksi di Messenger, Whatsapp, dan nomor telepon dari bisnis kamu.

Kekurangan dalam objektif Leads ini, biasanya audiens belum sepenuhnya melakukan pembelian terhadap produk ataupun jasa yang telah kamu iklankan. Namun kelebihannya kamu bisa mendapatkan prospek atau data dari calon pelanggan.

Leads di Facebook Ads Manager berbeda dengan objektif Get More Leads di Facebook Boost, di objektif Leads ini kamu bisa membuat customer journey untuk mengarahkan audiens agar melakukan beberapa tahapan untuk membeli produk atau jasa kamu.

5. App Promotion

App Promotion bertujuan untuk mengarahkan audiens agar menginstal aplikasi atau mengarahkan audiens untuk lebih mengetahui secara detail mengenai cara penggunaan aplikasi tersebut. Objektif ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang sudah mempunyai aplikasi yang ada di App Store atau Play Store.

6. Sales

Sales bertujuan untuk mengarahkan audiens melakukan pembelian melalui website, melakukan pengisian form ataupun bertransaksi di Messenger, Whatsapp, dan nomor telepon dari bisnis kamu. Sales merupakan bentuk lanjutan dari objektif Leads, tetapi di objektif ini audiens mempunyai potensi lebih besar untuk membeli produk ataupun jasa yang kamu iklankan.

Baca Juga: Cara Verifikasi Facebook Page dengan Mudah

Keunggulan Facebook Ads Manager

1. Bisa Membuat Custom Audience dan Adset

Hal kedua yang dapat diunggulkan dalam Facebook Ads Manager adalah dalam membuat Custom Audience dan Adset. Fitur Custom Audience memungkinkan penggunanya bisa membuat target iklan bagi Audience yang pernah berinteraksi dengan media sosialnya dalam kurun waktu tertentu. Selain itu juga, keunggulan Facebook Ads Manager adalah membuat Adset, yang bisa membuat beberapa iklan dalam satu konsep iklan yang ingin dipublikasikan.

2. Bisa Membuat Customer Journey

Dilansir dari laman Mailchimp customer journey adalah tahapan yang dilalui oleh pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu pada bisnis kamu. Misalnya kamu ingin membuat iklan untuk mengarahkan audiens agar melihat tentang produk yang ada di website perusahaan kamu. Setelah itu, kamu ingin mengarahkan kembali audiens untuk mengunjungi halaman promosi di website kamu, hal tersebut bisa kamu lakukan dengan membuat Facebook Pixel di Facebook Ads Manager.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Domain Authority Website Bisnis dengan Mudah

Kapan Harus Menggunakan Facebook Boost dan Facebook Ads Manager

Kamu bisa menggunakan Facebook Boost apabila kamu ingin meningkatkan engagement atau jangkauan yang sudah ada. Kemudian kamu juga bisa mempromosikan halaman Facebook kamu dan mempromosikan alamat bisnis yang ada di halaman Facebook.

Tetapi jika kamu ingin membuat iklan yang benar-benar terstruktur dan ingin mencapai tujuan tertentu dalam beriklan, maka cobalah menggunakan Facebook Ads Manager

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar content marketing, atau keseluruhan strategi penerapan digital marketing? Silakan chat langsung dengan kami melalui Whatsapp di sini dan juga lihat layanan kami di sini

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version