Peran Digital Content Agency di Era Teknologi

Perkembangan teknologi membuat dunia pemasaran berkembang ke arah digital. Salah satu strategi marketing yang bisa digunakan dalam pemasaran digital adalah pembuatan konten secara digital. Apa saja peran digital content dalam pemasaran? Simak di sini!

Teknologi telah membuka peluang pemasaran bisnis menjadi lebih luas. Kondisi pandemi yang melanda dunia di tahun 2020 juga mengembangkan strategi pemasaran digital. Pandemi telah mendisrupsi pemasaran offline dan juga membuat para calon konsumen beralih ke dunia digital. 

Maraknya strategi pemasaran online saat ini membuat para pebisnis harus memahami seluruh komponen strategi digital marketing. Padahal, komponen tersebut tidak dapat dipelajari dalam waktu yang instan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mulai membutuhkan bantuan digital agency. 

Peran Digital Content Agency di Tengah Perkembangan Teknologi

Baca Juga : Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari dalam Menulis Artikel Blog

Digital agency memiliki layanan yang beragam, seperti membantu sebuah perusahaan merancang strategi pemasaran digital hingga memproduksi konten digital atau yang sering disebut dengan digital content.

Digital content adalah konten dengan beragam format, baik teks, tulisan, gambar, video, atau kombinasinya yang diproduksi melalui media digital. Di tengah perkembangan teknologi, konten digital menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif. Konten yang diproduksi secara digital akan memudahkan kamu mengiklankan produk atau jasa. Tak hanya itu, distribusi konten pun dapat dilakukan dengan pasti, misalnya melalui media sosial, blog, advertising digital, maupun website bisnismu.

Ada beberapa kelebihan dan kelemahan digital content. Berikut beberapa informasi yang telah Katarsa rangkum. 

Kelebihan Digital Content dalam Strategi Pemasaran Digital 

 

Katarsa-kelebihan-content-digital

Dapat menjangkau target market lebih luas

Bekerja sama dengan digital agency membuat bisnismu dapat menjangkau target pasar lebih luas. Pasalnya, kamu bisa mendistribusikan konten ke seluruh media digital sesuai pilihanmu. Selain itu, ada beberapa channel pemasaran yang bisa kamu pilih, seperti YouTube, Instagram, dan website. 

Dengan content digital, kamu dapat menarget jumlah calon konsumen yang akan mendapatkan informasi pemasaran jasa atau produkmu.  Hal ini tentunya jauh berbeda dengan pemasaran offline yang kurang mampu menjangkau dan mengontrol target market. 

Biaya lebih terjangkau 

Salah satu kelebihan dalam pembuatan konten digital adalah biaya produksi lebih murah. Beriklan di media konvensional akan membuatmu mengeluarkan budget yang tak terjangkau, yaitu sekitar puluhan hingga ratusan juta rupian. Sementara itu, beriklan dengan menggunakan content digital bisa dimulai dari budget Rp50.000 per hari. Penempatannya pun beragam, seperti Facebook dan Instagram Ads atau Google Ads.

Memiliki data yang dapat diukur

Digital content dalam pemasaran digital dapat membantumu mengukur biaya pemasaran. Jadi, dengan digital marketing, kamu dapat mengukur data pengeluaran dan pendapatan lebih mudah dibandingkan pemasaran konvensional.

Baca Juga : 5 Tools Analitik untuk Mengukur Performa dan Statistik Instagram Bisnismu

Kekurangan Konten Digital 

 

Katarsa-kelebihan-content-digital

Belum ada undang-undang atau batasan normal

Content creator lebih leluasa saat membuat konten digital. Hal itu seringkali membuat para pencipta konten lebih mudah terkena tuntutan bahkan kecaman para audiens. Pasalnya, di Indonesia sendiri belum ada aturan atau batasan norma yang ajeg untuk konten pemasaran digital. 

Konten mudah ditiru

Batasan norma yang masih kurang mengikat pada konten digital membuat isu plagiarisme konten meningkat. Padahal, menduplikasi konten dapat membuat bisnismu memiliki citra buruk, bahkan dapat dituntut oleh pihak yang bersangkutan. 

Kompetitor lebih banyak

Pemasaran di dunia digital yang mudah dilakukan membuat para pebisnis memanfaatkan target pasar yang ada. Hal itu tentunya membuat bisnismu lebih banyak pesaing. Untuk mengatasi persaingan di dunia digital, sebaiknya kamu menunjukkan keunggulan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Itulah peran digital agency bagi pemula bisnis. Maraknya digital content agency Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok membuat kamu menjadi sulit memilih mana yang terbaik. Namun, tak perlu khawatir, bersama Katarsa.id, kamu dapat membangun pemasaran digital dengan strategi-strategi inovatif, kreatif, dan efektif. 

Yuk, hubungi Katarsa melalui Whatsapp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG