Fenomena pemakaian influencer semakin banyak digunakan sebagai strategi marketing, sampai muncullah istilah influencer marketing. Apa itu influencer marketing?

Influencer marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang menggunakan influencer dalam mempromosikan brand mereka. Di mana influencer pada umumnya adalah selebriti, YouTuber maupun public figure dalam komunitas tertentu.

Influencer marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness dan kepercayaan audiens.

Bahkan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub tahun 2023, sebanyak 83% marketer menyatakan bahwa influencer marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif. 

Lalu, apa ya kelebihan influencer marketing?

Kelebihan Menggunakan Influencer Marketing

Menggunakan influencer untuk mempromosikan brand merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif, karena Influencer memiliki audiens dengan spesifikasi target pasar tertentu.

Tidak hanya itu, masih banyak kelebihan menggunakan influencer marketing lainnya, berikut ulasannya

Meningkatkan jangkauan audiens, menggunakan influencer dalam mempromosikan produk dapat meningkatkan jangkauan audiens yang lebih luas tidak hanya terpaku terhadap satu audiens spesifik saja.

Meningkatkan brand awareness dan kepercayaan dari audiens. Menurut laporan dari Marketing Industry Trend Hubspot tahun 2022, influencer marketing menjadi strategi pemasaran yang sangat populer dan efektif dalam membangun brand awareness dan meningkatkan kepercayaan audiens.

Meningkatkan konversi. Audiens menganggap Influencer adalah orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga mereka lebih percaya bentuk promosi yang dilakukan oleh Influencer dan menjadi lebih terdorong untuk melakukan pembelian.

Memiliki Return of Investment (ROI) yang tinggi. Berdasarkan data yang dilansir oleh Hubspot tahun 2022, influencer marketing merupakan trend marketing yang memiliki Return Of Investment tertinggi kedua dibandingkan empat trend marketing lainnya.

Kekurangan menggunakan Influencer Marketing

Kurangnya kontrol terhadap brand image. Influencer memiliki gaya tersendiri dalam menyajikan konten untuk audiensnya. Hal ini dapat berdampak buruk bagi brand jika memilih influencer yang tidak sejalan dengan nilai yang dimiliki oleh sebuah brand.

Memiliki risiko tinggi. Memilih influencer yang memiliki reputasi buruk atau terkena skandal tertentu dapat menghilangkan kepercayaan audiens terhadap brand.

Sulit menentukan influencer yang tepat. Influencer mampu memberikan hasil yang instan, namun ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan influencer yang relevan dengan target pasar bisnis anda.

Baca Juga: Influencer Marketing: Tips & Trick Untuk Brand Anda

Contoh Kampanye Influencer Marketing di Indonesia

Contoh Influencer Marketing, Manfaat Influencer Marketing, Influencer Marketing Indonesia

Illustari: Contoh Influencer Marketing di Indonesia

Cara Memilih Influencer yang Tepat

Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan sebelum memilih Influencer untuk menjalankan kampanye marketing:

Tentukan goals kampanye. Tentukan goals sebelum melakukan kolaborasi dengan influencer agar Anda mengerti apa yang ingin dicapai dalam kampanye. Goals tersebut dapat berupa brand awareness, engagement, dan sales.

Tentukan target audiens. Pilih Influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan brand Anda. Pertimbangkan demografi, geografi dan karakteristik audiens agar kampanye Anda lebih tepat sasaran.

Pertimbangkan engagement rate dari influencer. Engagement rate mengindikasikan seberapa besar audiens ikut terlibat terhadap konten. Hal ini berarti, semakin tinggi engagement rate maka semakin tinggi pula kemungkinan audiens dapat berinteraksi dengan konten yang akan dikampanyekan.

Kualitas konten. Ketika Anda memutuskan untuk berkolaborasi dengan influencer, maka influencer adalah representasi dari brand Anda. Pastikan memilih influencer dengan kualitas konten yang sesuai dengan brand image Anda.

Buat daftar influencer potensial. Mulailah membuat daftar beberapa influencer yang sesuai dengan keempat hal diatas dan menghubungi mereka sebelum membuat kesepakatan. Anda juga dapat mengirimkan paket Public Relations (PR) gratis kepada calon influencer untuk mengetahui apakah mereka memiliki kecocokan dengan produk Anda.

Baca Juga: 5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Influencer

Ingin memulai strategi kampanye Influencer marketing Anda? Atau ada pertanyaan seputar digital marketing secara keseluruhan? Anda dapat menghubungi kami melalui Whatsapp dan juga melihat layanan kami disini.

Exit mobile version