Menggunakan iklan di Facebook sebagai media pemasaran bukanlah hal yang sulit. Namun, kadang kala kamu harus menghadapi kondisi dan situasi saat iklanmu ditolak. Tak perlu khawatir, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat iklan ditolak.

Facebook adalah media sosial yang hingga kini masih populer dan efektif untuk media pemasaran. Salah satu fitur yang sering digunakan untuk memasarkan produk adalah Facebook Ads. Memasarkan bisnis melalui Facebook terbilang mudah, namun tak jarang ada beberapa hambatan yang perlu dihadapi.

Baca Juga: 10 Podcast Inspiratif untuk Isi Waktu Luang saat Liburan 

Salah satu hambatan tersebut adalah saat iklan yang ingin kamu jalankan ditolak oleh pihak Facebook. Saat hal itu terjadi, kamu tak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan saat Iklan Facebook Ditolak

Katarsa-facebook-ads

1. Hindari membuat konten yang dilarang oleh Facebook

Facebook memiliki aturan tersendiri untuk mengiklankan sebuah konten. Beberapa aturannya, antara lain tidak boleh mencantumkan iklan dengan jenis konten atau produk ilegal, menjual produk tembakau, suplemen, konten dewasa, spyware atau malware, dan konten yang berkaitan dengan pinjaman uang.

Jelaskan manfaat produk atau layanan bisnismu dengan cara yang sesuai dengan Facebook Ads policy. Hindari menggunakan klaim yang dapat membuat tampilan hasil yang tidak akurat atau berpotensi menciptakan ekspektasi yang tidak terpenuhi. Pertimbangkan reaksi audiens yang akan melihat iklan tersebut. Hindari penggunaan konten yang dapat membuat orang menimbulkan persepsi diri yang negatif. Fokus pada tujuan produk atau layanan bisnis, bukan pada kondisi kesehatan. Iklan yang berfokus pada kecantikan atau kondisi kesehatan seseorang dapat membuat iklanmu berpotensi ditolak. Jadi, sebelum kamu memasarkan produk dengan iklan Facebook, pastikan bisnismu memenuhi persyaratan layak publish.

2. Pastikan landing page yang ditargetkan aktif

Waktu proses review iklan dapat dilakukan dalam 24 jam oleh Facebook, namun kadang kala proses review dapat dilakukan lebih lama. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan Facebook, seperti teks, penempatan iklan, dan landing page yang ditarget. Selama proses review, kamu sebaiknya memperhatikan landing page yang ditarget. Pastikan landing page sudah sesuai dengan layanan atau produk bisnis yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Istilah Digital Marketing untuk Pemula

3. Perhatikan posisi iklan

Untuk menghindari penolakan iklan Facebook, kamu bisa memperhatikan teks dan gambar dalam konten yang ingin diiklankan. Selain memperhatikan keseimbangan antara teks dan gambar, kamu juga harus memperhatikan relevansi iklan. Artinya, semua komponen iklan, seperti teks, gambar, dan media lainnya harus sesuai dengan bisnis yang kamu tawarkan.

4. Pastikan target yang dituju sudah tepat

Saat memilih audiens, sebaiknya kamu menghindari penargetan untuk hal-hal yang dilarang oleh Facebook, seperti provokasi, pelecehan, atau diskriminasi. Kamu harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan Facebook. Jika bisnismu adalah vitamin diet, pastikan kamu menghindari penggunaan objek foto orang dengan berat tubuh yang tidak ideal. Hal itu akan ditolak oleh Facebook karena dianggap diskriminasi konten.

5. Mematuhi aturan yang telah ditetapkan Facebook

Facebook membuat aturan iklan yang memudahkan, namun juga tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna lain saat menggunakan Facebook. Dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan Facebook, iklanmu akan segera disetujui.

Itulah lima langkah yang harus kamu lakukan saat iklan ditolak oleh Facebook. Kini kamu tak perlu panik saat iklan Facebook ditolak, cukup lakukan beberapa langkah di atas.

Kamu punya pertanyaan lain seputar digital marketing? Yuk, hubungi Katarsa, Digital Agency Jakarta Selatan melalui WhatsApp!

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG