Tips Menggunakan Hashtag Media Sosial

Setiap bisnis yang berkecimpung di media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan hashtag atau tagar (#). Hashtag adalah kata kunci atau frase pada media sosial yang didahului dengan simbol (#). Hashtag ini dapat ditelusuri oleh seluruh pengguna media sosial, sehingga audiens dapat menemukan berbagai konten yang sesuai dengan konteks hashtag yang sedang dicari.

Meski begitu, beberapa bisnis belum menganggap eksistensi hashtag sebagai sesuatu yang penting. Nah, sebanrnya apa saja kegunanaan hashtag? Kali ini, Katarsa akan merangkum beberapa manfaat dan tips yang dapat kamu terapkan dalam bisnismu.

Meningkatkan engagement dengan followers

Dengan menggunakan hashtag, bisnis kamu telah terlibat dalam percakapan yang terjadi di platform media sosial. Nah, yang lebih penting lagi adalah hashtag akan menampilkan postinganmu ketika ada audiens yang melakukan pencarian melalui hashtag tersebut. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada engagement yang lebih tinggi, seperti like, share, comment, hingga menambah follower.

Baca Juga : Mau Tingkatkan Penjualan? Yuk, Aktifkan Instagram Shopping!

Membantu mempromosikan bisnis

Kamu bisa membuat tagar yang otentik dan sesuai dengan bisnis atau pilar konten di media sosialmu. Hal ini akan membantu audiens untuk menemukan tipe konten yang mereka cari. Selain itu, hashtag juga akan membantu audiens untuk menemukan bisnismu. Contohnya jika kamu pemilik restoran atau coffeeshop kamu bisa mulai menggunakan beberapa hashtag yang populer, seperti #RestoranJakarta atau #KopiJakarta.

Saat menggunakan hashtag, kamu perlu memerhatikan hal-hal berikut agar hashtag dapat bekerja secara efektif.

Perhatikan kuantitas hashtag

Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag, khususnya jangan tag setiap kata yang ada di caption. Jadi, cukup beri hashtag pada kata-kata yang penting saja dan pastikan jumlah tagar tidak melebihi ketentuan masing-masing platform. Klik di sini untuk melihat ketentuan hashtag di Instagram dan klik ini untuk ketentuan Facebook.

Catatan :
Hindari : #Beli #Mie #ayam #enak #dan #murah #hanya #disini

Padukan hashtag

Kamu bisa menggunakan lebih dari satu jenis hashtag di postinganmu. Misalnya, kamu bisa menggabungkan antara hashtag konten dengan hashtag yang sedang tren atau populer.

Baca Juga : 5 Tools Analitik untuk Mengukur Performa dan Statistik Instagram Bisnismu

Perhatikan juga kompetitormu

Kompetitor mungkin sudah menerapkan hashtag dalam strategi media sosial mereka. Karena itu, kamu pun bisa memerhatiakan jenis dan kuantitas hashtag yang mereka gunakan.

Tulis hashtag di kolom komentar

Untuk estetika konten, pastikan caption tetap bersih dengan menambahkan tiga hingga lima tagar dalam caption. Selebihnya, kamu bisa menuliskan hashtag pada kolom komentar.

Dari informasi di atas, kini kamu bisa merancang dan menerapkan strategi hashtag pada media sosial bisnismu. Cukup mudah, bukan ? Jika kamu tertarik untuk mengembangkan social media marketing, jangan ragu untuk menghubungi kami, katarsa.id. Dengan pengalaman dan para tenaga ahli di bidang social media marketing, kami dengan senang hati akan membantu segala kebutuhan platform social media bisnis Anda.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG