Ramadan adalah bulan penuh berkah dan bisa membuatmu mengembangkan bisnis hingga melimpah. Yuk, simak strategi digital marketing bulan Ramadan!

Di bulan Ramadan, tingkat aktivitas cenderung menurun. Pasalnya, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. Hal tersebut justru menjadi kabar baik bagi pemasaran digital. Kecenderungan orang malas keluar rumah di tengah kondisi COVID-19 dan didukung dengan suasana Ramadan, tentu akan meningkatkan persentase belanja online. 

Menguasai strategi digital marketing bulan Ramadan tentunya amat penting. Bulan Ramadan identik dengan berbelanja, mulai dari belanja bahan pokok makanan hingga berbelanja baju atau pakaian untuk Idul Fitri. Karena itu, Ramadan menjadi momentum yang tepat jika kamu ingin meningkatkan conversion bisnismu. 

Melalui digital marketing, kamu bisa mendapatkan calon konsumen yang menjanjikan. Namun, untuk mencapai tahap tersebut, kamu perlu merumuskan strategi yang baik. 

Berikut ini beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. 

5 Tips Digital Marketing Bulan Ramadan

katarsa-digital-marketing-ramadan

1. Fokuskan Topik tentang Ramadan 

Pastikan kamu memfokuskan topik yang relevan dengan bulan Ramadan. Hal itu penting untuk menarik perhatian calon konsumen untuk melihat produk dan jasa yang kamu tawarkan. Tentunya, topik bahasan tentang bulan puasa ini bisa kamu publish di media sosial maupun website bisnismu. 

Beberapa ide topik yang bisa kamu terapkan di bulan Ramadan adalah tips menjaga stamina selama bulan puasa, tips hemat, dan informasi berguna lainnya. Dengan demikian, kamu akan menjalin hubungan antara bisnismu dan calon konsumen. 

Baca Juga: Perlukah Digital Marketing untuk UMKM?

2. Ciptakan Campaign yang Menarik 

Tak hanya membuat konten yang menarik, kamu juga bisa menciptakan campaign untuk bisnismu. Untuk menciptakan campaign, pastikan kamu sudah memahami behavior calon konsumenmu. Setelah memahaminya, kamu bisa mencari tema menarik, misalnya tema tentang berbuka puasa bersama keluarga atau kompetisi menu sahur dan buka puasa. Pastikan kamu juga mempromosikan campaign dengan bantuan ads agar bisnismu semakin dikenal calon konsumen. 

3. Tawarkan Diskon Produk 

Dalam campaign yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menawarkan diskon produk atau jasa dari bisnis yang kamu kelola. Berdasarkan informasi dari Expand Cart, cloud ecommerce platform, sebuah bisnis sangat penting untuk menawarkan diskon di bulan Ramadan. Pasalnya, pada bulan Ramadan, kompetitor bisnis seringkali berlomba menawarkan harga yang lebih terjangkau. Hal itu akan membuat konsumen memilih harga terbaik dengan kualitas yang bagus. 

4. Lakukan Pemasaran Konten melalui Video

Strategi pemasaran konten melalui video belakangan ini sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan bisnis. Hal itu terjadi karena produk-produk yang dipasarkan melalui video akan terlihat lebih nyata. Memfokuskan pemasaran melalui video saat bulan Ramadan adalah salah satu strategi digital marketing yang baik untuk dilakukan. Konten-konten video tersebut dapat menjadi salah satu campaign video yang akan di-upload di YouTube atau platform media sosial lainnya, seperti Instagram.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Digital Marketing bagi Pebisnis

5. Pilihlah Waktu Posting yang Tepat

Setelah kamu merumuskan topik, ide campaign, diskon, dan pemasaran melalui video, kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk posting konten tersebut. Kamu juga harus mengatur waktu untuk menjalankan ads dari campaign yang telah dibuat. Untuk menentukan waktu yang tepat, kamu bisa melihat insight dari media sosial masing-masing bisnismu. 

Itu dia lima strategi digital marketing yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. Selain meningkatkan amal ibadah, bulan Ramadan juga menjadi momen yang tepat untuk membuat profit bisnis melimpah.

TELEPON SEKARANG WHATSAPP SEKARANG

Exit mobile version